Februari 4, 2023

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Sekilas Tentang Perang Rusia-Ukraina: Yang Kita Ketahui di Hari 276 Invasi | Ukraina

  • Lebih dari 6 juta keluarga di Ukraina masih terkena dampak pemadaman listrikPresiden Volodymyr Zelensky berkata, dua hari setelah Rusia menargetkan serangan pada infrastruktur energi negara itu. Hingga malam ini, pemadaman listrik masih berlanjut di sebagian besar wilayah [of Ukraine] Dan di Kyiv. Secara total, lebih dari 6 juta pelanggan,” kata Zelensky dalam pidato malamnya pada hari Jumat. Jumlah rumah tangga yang terkena dampak turun “setengah” sejak Rabu. Sekitar 600.000 orang menderita pemadaman listrik di ibu kota, Kyiv, dan wilayah Odessa dan Lviv, katanya, Vinnytsia dan Dnipropetrovsk termasuk yang paling terpukul, dengan suhu mendekati titik beku.

  • Uni Eropa akan mengintensifkan upayanya untuk memberikan dukungan kepada Ukraina untuk pemulihan dan konservasi energi dan pemanaskata Presiden Komisi Eropa pada hari Jumat. Ursula von der Leyen mengatakan dalam sebuah pernyataan setelah panggilan telepon dengan Volodymyr Zelensky bahwa lengan eksekutif UE sedang bersiap untuk menyerahkan sumbangan besar ke Ukraina dari negara-negara UE dan dari cadangan Komisi Eropa.

  • Pengeboman Rusia di kota Kherson di Ukraina selatan menewaskan 15 warga sipil kata para pejabat Jumat, ketika para insinyur di seluruh negeri berjuang untuk memulihkan pemanas, air, dan listrik ke kota-kota besar. Pejabat kota Galina Logova mengatakan banyak “rumah pribadi dan bangunan tinggi” telah rusak. Penembakan Kherson, kota utama timur yang baru-baru ini direbut kembali oleh pasukan Ukraina, adalah yang terberat Rusia dalam beberapa hari terakhir. Yaroslav Yanushovich, kepala departemen militer di Kherson, mengatakan bahwa pasukan Rusia “menembaki daerah pemukiman dengan beberapa peluncur roket”.

  • Presiden Hongaria Katalin Novak sedang menuju ke Kyiv untuk bertemu Volodymyr Zelenskyindex.hu, mitranya dari Ukraina, melaporkan pada hari Jumat, menambahkan bahwa Novak akan pergi dengan kereta api melalui Polandia. Kantor presiden Hongaria mengatakan tidak akan menyangkal atau mengkonfirmasi informasi tersebut. Novak, sekutu dekat Perdana Menteri nasionalis Viktor Orban, akan menjadi politisi Hungaria berpangkat tertinggi yang mengunjungi Zelensky sejak invasi Rusia pada Februari.

    READ  Gerakan kemerdekaan Skotlandia mendapat pukulan keras dari Pengadilan Tinggi
  • Paus Fransiskus mengatakan para pemimpin Ukraina harus “jauh” untuk memastikan perdamaian, menunjukkan bahwa Kyiv harus membuat konsesi untuk mengakhiri perang dengan Rusia. Dalam sebuah surat terbuka yang dirilis pada hari Jumat untuk memperingati sembilan bulan perang, paus memuji kekuatan Ukraina dalam menghadapi serangan tersebut. “Dunia telah mengenali orang yang berani dan kuat, orang yang menderita, berdoa, menangis, berjuang, melawan dan berharap: orang yang mulia dan martir.”

  • Empat pembangkit listrik tenaga nuklir di Ukraina telah disambungkan kembali ke jaringan listrik nasional kata Badan Energi Atom Internasional, setelah kehilangan semua daya dari situs awal pekan ini. Semua fasilitas terputus dari jaringan pada hari Rabu untuk pertama kalinya dalam sejarah Ukraina setelah gelombang terbaru serangan udara Rusia pada infrastruktur kritis. Badan Energi Atom Internasional mengatakan dalam sebuah pernyataan pada hari Jumat bahwa Ukraina telah mengatakannya pada hari Jumat untuk menghubungkan kembali pabriknya di Rivne, Ukraina selatan dan Khmelnytskyi. Kyiv mengatakan sebelumnya bahwa Ukraina telah menghubungkan kembali pabrik besar Zaporizhia pada hari Kamis.

  • Armenia telah meminta Presiden Prancis Emmanuel Macron untuk memimpin pembicaraan damai dengan Azerbaijan Dalam tantangan baru terhadap cengkeraman Vladimir Putin yang semakin longgar pada sekutu regional Rusia setelah perang di Ukraina. Itu penghinaan dari sekutu tradisional Putin segera datang dengan latar belakang pertemuan puncaknya yang membawa malapetaka dengan enam negara bekas Soviet.

  • Diplomat dari Uni Eropa Mereka bertemu pada Jumat malam untuk mencoba mencapai kesepakatan mengenai tingkat harga guna membatasi ekspor minyak Rusia, menurut laporan dari Bloomberg. pemerintah Eropa memiliki Gagal sejauh ini Untuk mencapai kesepakatan sebelum batas waktu 5 Desember. Proposal G7 untuk batas atas $65-70 per barel dianggap terlalu tinggi oleh sebagian orang, dan terlalu rendah oleh sebagian lainnya.

    READ  Tentara Suriah mengatakan bahwa Israel membom sebuah pangkalan udara di Suriah tengah, menewaskan dua tentara
  • Angela Merkel bersikeras bahwa posisinya sebagai bebek lumpuh di bulan-bulan terakhir masa jabatannya telah membuatnya agak tidak mungkin untuk mempengaruhi perilaku Vladimir Putin.. Mantan kanselir Jerman itu tampil defensif dan dengan tenang menentang ketidakmampuannya untuk mengubah arah pengambilan keputusan presiden Rusia menjelang invasi ke Federasi Rusia. UkrainaMenurut majalah berita Jerman SPIEGEL Dia merasa sangat sadar bahwa kemampuannya untuk bernegosiasi dengan Putin sangat minim karena diketahui bahwa dia tidak akan mencalonkan diri untuk masa jabatan kelima.

  • Kepala divisi tentara bayaran Rusia Wagner, Yevgeny Prigozhin, mengklaim bahwa mantan jenderal Marinir AS bekerja untuk kelompok tersebut.. Menanggapi permintaan komentar dari surat kabar Finlandia Helsingin Sanomat, Prigozhin mengatakan pada hari Jumat: “Tidak banyak warga Finlandia di PMC Wagner, sekitar 20 orang … Mereka bertempur di batalion Inggris.” [as part of Wagner PMC] yang dipimpin oleh seorang warga AS, mantan jenderal Korps Marinir, ‚ÄĚkata Prigozhin, seperti dilansir layanan pers perusahaannya, Concorde.

    Reuters dan Agence France-Presse berkontribusi pada laporan ini