Harga Pasar, Semarak.news – Harga minyak dunia naik pada perdagangan Selasa (16/10). Kenaikan terjadi akibat kekhawatiran pasar atas sanksi Amerika Serikat (AS) kepada Iran.

Dikutip dari Reuters, harga Minyak mentah Brent naik 63 sen atau 0,8 persen menjadi US$ 81,41 per barel. Sementara minyak mentah West Texas Intermediate (WTI) mengakhiri sesi dengan naik 14 Sen menjadi US$ 71,92 per barel.

Pemerintahan Presiden AS, Donald Trump memberikan sanksi kepada Iran. Mulai 4 November mendatang, ia meminta kepada negara sekutu AS untuk mengurangi permintaan dari salah satu produsen minyak terbesar di dunia tersebut. Pasar memperkirakan sebelum sanksi berlaku, pasokan minyak sudah akan berkurang banyak.

Scott Shelton, broker berjangka energi dengan ICAP di Durham, North Carolina mengatakan permintaan Trump telah membatasi kenaikan harga minyak. “Minyak mentah yang melemah karena faktor tersebut telah menyebar hampir secara global. Akan tetapi, dalam menghadapi sanksi Iran kemungkinan akan menimbulkan kekhawatiran pada seberapa kuat harga siap rally lagi.”, katanya.

Analis Standard Chartered dalam perkiraannya mengatakan setiap defisit pasokan minyak yang terjadi di kuartal IV tidak akan cukup kuat mendorong harga minyak melebihi level harga support.

“Kami berpikir salah satu faktor utama yang mengarah ke penskalaan kembali posisi buy yang bisa menaikkan harga minyak adalah penilaian kembali fundamental jangka pendek oleh investor.”, jelasnya. [CRZ]

LEAVE A REPLY