Mei 28, 2024

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Saham GameStop dan AMC naik setelah postingan Roaring Kitty untuk pertama kalinya dalam 3 tahun

Saham GameStop dan AMC naik setelah postingan Roaring Kitty untuk pertama kalinya dalam 3 tahun

Gambar Tiffany Hagler-Gerd/Bloomberg/Getty

Roaring Kitty adalah salah satu kekuatan utama di subreddit WallStreetBets yang menghasilkan keuntungan luar biasa dalam saham GameStop selama pandemi.


New York
CNN

Kejutan kembalinya pedagang di media sosial yang membantu memicu kegilaan saham meme pada tahun 2021 membuat saham GameStop meroket pada hari Senin. Peningkatan tersebut tidak ada hubungannya dengan fundamental perusahaan yang sedang mengalami kesulitan — dan semuanya berkaitan dengan kartun seorang pemain yang dibagikan oleh pedagang tersebut, yang dijuluki Roaring Kitty, di X.

Saham GameStop naik 74% pada hari Senin menyusul akun yang dijalankan oleh Keith Gill Foto yang dibagikan oleh X, menandai partisipasi pertamanya dalam tiga tahun. Saham naik lebih dari 110% sebelumnya dan terhenti oleh volatilitas beberapa kali pada Senin pagi.

Penjual short melihat kerugian pasar sebesar $1 miliar dengan bertaruh di GameStop pada hari Senin, menurut perusahaan data S3 Partners. Penjual pendek bertujuan untuk mendapatkan keuntungan dari saham dengan meminjam saham, menjualnya, dan mengembalikannya setelah membelinya dengan harga lebih rendah.

Saham AMC Entertainment, saham meme lainnya, naik 78%. Saham Reddit naik hampir 9%. Saham platform perdagangan Robinhood Markets, yang menangguhkan pembelian GameStop, AMC, dan saham meme lainnya selama kegilaan tahun 2021, naik 4%.

Foto yang diposting oleh Gill menunjukkan seorang pria mencondongkan tubuh ke depan di kursi dengan pengontrol video game di tangan. GameStop punya Kartun yang sama diterbitkan pada bulan FebruariTapi dengan panah biru dan kursi. Dalam kartun Jill, dia berwarna merah. Meme itu diartikan sebagai “Ketika keadaan menjadi serius” Menurut pengakuan meme Anda.

Gill tidak segera menanggapi permintaan komentar CNN.

READ  Jim Cramer menjelaskan mengapa angka CPI Desember adalah 'masalah besar'

Saham GameStop telah melewati beberapa pemutus sirkuit — jeda sementara yang wajib dalam perdagangan untuk memungkinkan investor sedikit menenangkan diri. Robinhood membantah klaim di media sosial pada hari Senin bahwa mereka sekali lagi menghentikan pembelian saham GameStop di platformnya.

“Ini tidak benar. Robinhood belum menghentikan pembelian saham Gamestop,” kata Anupriya Ghat, juru bicara Robinhood, dalam sebuah pernyataan kepada CNN. Ini berlaku untuk seluruh pasar dan tidak khusus untuk Robinhood.

Gill, yang menggunakan “Deepf—-ingvalue” di Reddit, adalah salah satu kekuatan terkemuka di subreddit WallStreetBets yang menghasilkan keuntungan menakjubkan dalam saham GameStop. Pedagang menawar saham pengecer, menargetkan penjual pendek.

Investor ritel mengirim saham lain lebih tinggi pada tahun 2021, termasuk AMC Entertainment dan Bed Bath & Beyond. Saham-saham tersebut sekarang dikenal secara kolektif sebagai saham meme, atau saham perusahaan yang menganut aliran sesat tertentu dan mengalami volatilitas yang luas berdasarkan popularitasnya di kalangan komunitas pedagang di media sosial, bukan berdasarkan fundamentalnya.

Gill menggambarkan dirinya sebagai pedagang siang hari biasa dalam kesaksiannya pada sidang kongres tahun 2021 tentang mania GameStop. Dia berkata Dia tidak membantu memicu kegilaan GameStop Sebaliknya, dia yakin saham tersebut merupakan peluang menarik bagi investor.

“Gagasan bahwa saya menggunakan media sosial untuk mempromosikan saham GameStop kepada investor tanpa disadari adalah tidak masuk akal,” kata Gill dalam kesaksian tertulisnya. “Saya sangat jelas bahwa saluran saya hanya untuk tujuan pendidikan … Apakah investor ritel lain membeli saham tersebut atau tidak, tidak relevan dengan tesis saya.

Gill juga mengatakan dia pertama kali membeli saham GameStop, dan kemudian opsi panggilan, pada musim panas 2019, ketika saham tersebut diperdagangkan dengan harga sekitar $5 per saham. Dia menambahkan posisinya sepanjang sisa tahun ini dan tahun 2020, dan bersaksi bahwa dia yakin “pasar masih mengabaikan peluang unik GameStop.”

READ  Lotus Emeya adalah supercar listrik terbaru yang bergabung dengan klub "di bawah 3 detik".

Namun dia bahkan tidak mengira harga sahamnya akan mencapai level tertinggi $483 per saham pada tahun 2021.

“Pada saat itu saya mengira hal itu mungkin terjadi, namun sangat kecil kemungkinannya,” Gill bersaksi.

Jill adalah tokoh utama di dalamnya Film tahun 2023 “Uang Bodoh” (diperankan oleh aktor Paul Dano), yang menggambarkan peristiwa menjelang dan selama tekanan singkat GameStop.

Ketika saham stabil setelah hari perdagangan, levelnya mungkin sedikit berubah.