Juli 24, 2024

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Saham Alphabet jatuh setelah Cloud Unit meleset dari perkiraan

Saham Alphabet jatuh setelah Cloud Unit meleset dari perkiraan

(Bloomberg) — Unit komputasi awan Alphabet Inc. mengumumkan… Perusahaan ini melaporkan laba yang lebih rendah dari perkiraan, sehingga meningkatkan kekhawatiran mengenai posisi perusahaan di pasar yang penting bagi masa depannya. Saham Alphabet turun 6,5% dalam perdagangan pra-pasar pada hari Rabu.

Kebanyakan membaca dari Bloomberg

Seiring dengan semakin matangnya bisnis pencarian dominan Google, investor mencari unit cloud untuk memimpin pertumbuhan. Unit ini melaporkan pendapatan operasional sebesar $266 juta, di bawah perkiraan $434 juta.

Google telah lama tertinggal dari Amazon.com Inc. dan Microsoft Corp. Di pasar komputasi awan, perusahaan menjual ruang di server dan perangkat lunak mereka kepada pelanggan perusahaan. Google Cloud, yang melaporkan pendapatannya untuk pertama kalinya pada awal tahun ini, telah menarik bisnis dari startup AI. Namun momentumnya tidak sesuai ekspektasi pada kuartal lalu, sehingga menimbulkan kekhawatiran tentang semakin lebarnya kesenjangan antara Google dan para pesaingnya.

“Komputasi awan adalah bisnis yang jauh lebih kompleks daripada periklanan, dan Google menghadapi persaingan yang ketat,” kata Max Wellens, analis di Insider Intelligence. “Meskipun daya tariknya di kalangan startup AI mungkin membuahkan hasil dalam jangka panjang, saat ini hal tersebut belum cukup membantu Google Cloud untuk memuaskan investor.”

Saham perusahaan tersebut turun menjadi $129,80 pada awal perdagangan sebelum bursa saham New York dibuka pada hari Rabu, setelah sebelumnya ditutup pada $138,81. Sahamnya naik 57% sepanjang tahun ini.

Presiden Alphabet Ruth Porat mengatakan dalam wawancara pers bahwa penjualan unit dipengaruhi oleh pengurangan biaya oleh beberapa pelanggan. Porat masih menjabat sebagai CFO perusahaan sementara Alphabet mencari penggantinya setelah promosinya.

Baca selengkapnya: Perkiraan penjualan Microsoft mencapai puncak seiring pertumbuhan cloud

READ  EV terbaik mungkin bukan EV

Hasilnya merusak laporan kesehatan lainnya. Alphabet mengatakan dalam sebuah pernyataan pada hari Selasa bahwa penjualan kuartal ketiga, tidak termasuk pembayaran mitra, berjumlah $64 miliar. Analis memperkirakan $63 miliar, menurut data yang dikumpulkan oleh Bloomberg. Laba bersih adalah $1,55 per saham, dibandingkan dengan perkiraan Wall Street sebesar $1,45 per saham.

Perusahaan ini melaporkan iklan penelusuran sebesar $44 miliar, mengalahkan perkiraan rata-rata analis sebesar $43,2 miliar.

Porat mengatakan dalam panggilan telepon dengan investor setelah hasil tersebut bahwa perusahaan puas dengan pertumbuhan pendapatan iklannya setelah periode “volatilitas bersejarah.”

Pasar pencarian – yang didominasi oleh Google – menghadapi ancaman baru dari munculnya chatbot yang dihasilkan oleh kecerdasan buatan. Ini adalah program yang menjawab pertanyaan pengguna dengan cara yang lebih komunikatif saat diminta. Perusahaan termasuk Microsoft, yang mendukung ChatGPT Open AI Inc., menantang kepemimpinan Google dalam penelusuran dengan teknologi baru.

Perusahaan ini telah berlomba untuk memasukkan teknologi AI generatif ke dalam produknya sendiri, namun beberapa pihak di Silicon Valley mengatakan raksasa teknologi tersebut terlalu lambat dalam melihat perubahan di pasar, sehingga menciptakan peluang bagi para pesaingnya.

CEO Porat dan Alphabet Sundar Pichai mengatakan mereka akan terus mencari cara untuk beroperasi lebih efisien, dengan Porat mencatat bahwa perusahaan akan mempertahankan “laju pertumbuhan jumlah karyawan yang lebih lambat.” Tujuan dari upaya ini adalah untuk memberikan ruang seluas mungkin bagi investasi pada peluang seperti kecerdasan buatan.

“Kami akan melakukan apa pun untuk memastikan kami memiliki model dan infrastruktur AI terkemuka di dunia, tanpa kecuali,” kata Pichai kepada investor melalui telepon.

Evelyn Mitchell Wolf, analis senior di Insider Intelligence, mengatakan persidangan Google yang sedang berlangsung dengan Departemen Kehakiman AS atas penyalahgunaan kekuasaan di pasar pencarian juga membebani antusiasme Wall Street. “Hasil apa pun akan berdampak pada kepercayaan investor terhadap kelanggengan model bisnis Google.”

READ  Dow berjangka turun lebih dari 200 poin setelah reli tajam selama dua hari di Wall Street

YouTube melaporkan pendapatan sebesar $8 miliar, dibandingkan dengan perkiraan rata-rata analis sebesar $7,8 miliar. Unity telah menjadi penghambat kinerja Alphabet dalam beberapa kuartal terakhir, namun hasilnya menunjukkan bahwa mereka mendapat manfaat dari pemulihan belanja iklan digital yang lebih luas.

Taruhan Alphabet lainnya – unit korporat yang mencakup upaya mobil self-driving Waymo dan unit ilmu hayati Verily – menghasilkan pendapatan $297 juta sementara merugi $1,2 miliar, sejalan dengan ekspektasi analis.

(Pembaruan dengan perdagangan pra-pasar dari paragraf pertama)

Paling banyak dibaca dari Bloomberg Businessweek

©2023 Bloomberg L.P