Mei 26, 2024

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Rusia mengatakan bahwa Ukraina meluncurkan serangan drone besar-besaran ke Moskow

Rusia mengatakan bahwa Ukraina meluncurkan serangan drone besar-besaran ke Moskow

  • Tidak ada kematian telah dilaporkan, satu di rumah sakit
  • Media Rusia mengatakan setidaknya 10 drone diserang
  • Legislator Rusia menyerukan penyatuan masyarakat

MOSKOW (Reuters) – Ukraina meluncurkan salah satu serangan drone terbesarnya ke Moskow pada Selasa, kata Kementerian Pertahanannya.

Tidak ada laporan kematian.

Walikota Moskow Sergei Sobyanin mengatakan dua orang terluka, salah satunya dirawat di rumah sakit, dalam serangan dini hari itu. Penghuni beberapa bagian dari dua gedung apartemen dievakuasi tetapi kemudian dikembalikan.

“Pagi ini, akibat serangan pesawat tak berawak, kerusakan kecil terjadi di beberapa bangunan,” kata Wali Kota Moskow Sergei Sobyanin. Tidak ada yang terluka parah.”

Sebuah video yang diposting di media sosial menunjukkan apa yang tampak seperti drone ditembak jatuh dan kepulan asap mengepul di atas cakrawala Moskow.

Bandara Moskow tetap buka.

Kementerian Pertahanan Rusia mengatakan bahwa drone dikirim oleh Kiev, tetapi semuanya hancur, menurut kantor berita Rusia.

Anggota parlemen Rusia Maxim Ivanov mengatakan serangan itu adalah serangan paling serius di Moskow sejak serangan Nazi selama Perang Dunia II, dengan mengatakan tidak ada warga negara yang dapat menghindari apa yang dia katakan sebagai “realitas baru”.

Dan dia berkata: “Entah kamu akan mengalahkan musuh dengan satu kepalan tangan dengan Tanah Air kita, atau rasa malu yang tak terhapuskan dari kepengecutan, kerja sama dan pengkhianatan akan menelan keluargamu.”

Serangan drone Ukraina di dalam Rusia telah meningkat dalam beberapa pekan terakhir. The New York Times melaporkan bahwa intelijen AS yakin Ukraina berada di balik serangan pesawat tak berawak di Kremlin awal bulan ini.

Ukraina belum secara terbuka mengakui melakukan serangan terhadap sasaran di dalam Rusia.

READ  Banyak yang terluka saat gempa M5.2 dini hari melanda area Teluk Tokyo

Komite Investigasi Rusia mengatakan sejumlah drone ditembak jatuh dan terjadi kerusakan ringan akibat puing-puing yang berjatuhan, namun tidak merinci jumlah drone yang diserang.

Saluran Baza di Telegram, yang memiliki sumber bagus di antara dinas keamanan Rusia, mengatakan bahwa sekitar 25 drone menyerang Moskow. Situs web RBK Rusia mengutip sumber anonim di Kementerian Dalam Negeri yang mengatakan bahwa lebih dari 10 drone ditembak jatuh.

Andrei Vorobyov, gubernur wilayah Moskow, mengatakan di saluran Telegramnya bahwa beberapa drone ditembak jatuh saat mendekati Moskow.

Dilaporkan oleh Reuters. Ditulis oleh Jay Faulconbridge di Moskow dan Lydia Kelly di Melbourne; Diedit oleh Jacqueline Wong dan Andrew Cawthorne

Standar kami: Prinsip Kepercayaan Thomson Reuters.

Jay Faulconbridge

Thomson Reuters

Sebagai kepala biro Moskow, Jay mengarahkan liputan Rusia dan CIS. Sebelum ke Moskow, Jay meliput Brexit sebagai Kepala Biro London (2012-2022). Pada malam Brexit, timnya mencetak salah satu kemenangan bersejarah Reuters – membawa berita tentang Brexit pertama kali ke dunia dan pasar keuangan. Jay lulus dari London School of Economics dan memulai karirnya sebagai magang di Bloomberg. Dia telah menghabiskan lebih dari 14 tahun meliput bekas Uni Soviet. Dia berbicara bahasa Rusia dengan lancar. Hubungi: +44 782 521 8698