Juli 21, 2024

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Rupiah Indonesia mencapai level tertinggi dalam 4 tahun terhadap dolar – Pasar

Rupiah Indonesia mencapai level tertinggi dalam 4 tahun terhadap dolar – Pasar

Rupiah Indonesia jatuh ke level terendah dalam empat tahun pada hari Jumat, tertekan oleh penguatan dolar bahkan ketika bank sentral lokal melakukan intervensi di pasar valuta asing untuk menjaga kepercayaan investor.

Rupee melemah 0,7% menjadi 16.375,00, level terendah sejak awal April 2020.

Pada minggu ini, mata uang tersebut turun lebih dari 1%, dan kini telah kehilangan 6%, menjadikannya mata uang dengan kinerja terburuk kedua di kawasan ini setelah baht Thailand.

Seminggu menjelang rapat kebijakan moneter Bank Indonesia (BI), suku bunga diperkirakan tidak akan berubah. Namun karena rupee berada di bawah tekanan, para analis tidak mengesampingkan kenaikan harga.

“Kasus dasar kami adalah Bank Indonesia akan tetap menahan, namun risiko kenaikan suku bunga sebesar 25 basis poin masih relatif tinggi dalam pandangan kami, terutama jika mata uang berada di bawah tekanan baru,” tulis analis Barclays dalam catatan kliennya.

Bank sentral Indonesia mengatakan pada hari Jumat bahwa pihaknya telah melakukan intervensi untuk menjaga kepercayaan di pasar valuta asing dan menstabilkan pasokan dan permintaan rupiah, dan menambahkan bahwa kebijakan moneter akan tetap akomodatif untuk memastikan inflasi terkendali dan mata uang stabil.

Mata uang Asia: Rupiah Indonesia pada level terendah dalam 4 tahun

Di wilayah Asia lainnya, yen Jepang melemah selama lebih dari enam minggu setelah Bank of Japan (BoJ) mempertahankan suku bunga tetap stabil, memberikan tekanan pada mata uang dan obligasi regional lainnya dan mengatakan akan mengurangi pembelian obligasi di masa depan.

Mata uang Asia berada di bawah tekanan karena BOJ belum mengirimkan sinyal yang jelas mengenai pengurangan pembelian obligasi seperti yang diharapkan pasar, kata Boon Panichbipool, ahli strategi pasar di Krung Thai Bank, yang rencana rincinya baru akan diumumkan bulan depan.

READ  Bandiji Pragiwaksono menyambut komik NYC ke Bali untuk ekstravaganza stand-up comedy 'terbesar di Indonesia'

“Hal ini membuat pasar semakin melemah terhadap yen Jepang dan mendorong dolar AS,” katanya.

Indeks dolar, yang mengukur greenback terhadap mata uang utama, berada di 105,29 pada pukul 04.08 GMT, didukung oleh prospek Federal Reserve mempertahankan suku bunga lebih tinggi untuk waktu yang lebih lama.

Di Asia, won Korea Selatan, dolar Taiwan, baht Thailand, dan ringgit Malaysia turun antara 0,1% dan 0,2%.

Sebagian besar mata uang Asia berada di jalur untuk mengakhiri minggu ini di zona merah, dengan baht Thailand, won Korea Selatan, dan ringgit Malaysia melemah antara 0,4% dan 1%.

Di antara saham-saham, saham Singapura turun 0,5%, mengikuti minggu terburuk sejak 19 April, sedangkan saham Jakarta turun 0,3%, mencapai level terendah sejak November 2023.

Di negara lain di Asia, Dana Moneter Internasional (IMF) telah menyetujui peninjauan kedua terhadap dana talangan Sri Lanka sebesar $2,9 miliar.