Mei 25, 2024

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Roket SpaceX Falcon 9 meluncurkan 22 satelit Starlink dari California – Spaceflight Now

Roket SpaceX Falcon 9 meluncurkan 22 satelit Starlink dari California – Spaceflight Now

Roket Falcon 9 lepas landas dari Pangkalan Angkatan Luar Angkasa Vandenberg di California pada 29 Oktober 2023, membawa 22 satelit Starlink. Gambar: SpaceX.

Yang pertama dari dua misi Falcon 9 yang direncanakan SpaceX pada hari Minggu ke orbit akan membawa konstelasi satelit Starlink generasi kedua terbesar yang pernah diluncurkan dari Pantai Barat. Ini adalah peluncuran Starlink yang ke-50 tahun ini.

Roket Falcon 9 lepas landas dari Space Launch Complex 4 East (SLC-4E) di Space Force Base Vandenberg di California pada pukul 2 pagi PT (5 pagi EDT/0900 UTC) membawa 22 satelit.

Peluncuran di California pada hari Minggu akan diikuti oleh misi pengiriman Starlink lainnya yang membawa 23 satelit, yang akan diluncurkan dari Pad 40 di Stasiun Angkatan Luar Angkasa Cape Canaveral pada pukul 19:45 EDT (2345 UTC).

Misi Starlink 7-6 merupakan kali pertama Falcon 9 membawa 22 satelit bernama V2 Mini dari Pantai Barat. Sebelumnya, misi dari sana dibatasi pada 15 atau 21 kendaraan Starlink, tergantung orbitnya. Di Pantai Timur, Falcon 9 meluncurkan 23 V2 Mini seminggu sebelumnya pada tanggal 21 Oktober, satu lebih banyak dari jumlah maksimum sebelumnya untuk misi dari Cape.

SpaceX tidak menjelaskan bagaimana mereka mencapai kapasitas pengiriman tambahan ini. Hal ini mungkin disebabkan oleh peningkatan perkiraan kinerja Falcon 9 atau mungkin karena perubahan manufaktur yang mengurangi bobot keseluruhan satelit.

Roket tahap pertama Falcon 9, nomor ekor B1075, melakukan penerbangan ketujuh. Pesawat ini mulai beroperasi pada bulan Januari tahun ini dengan membawa 51 Starlink generasi lama ke orbit. Ia kemudian meluncurkan misi Tranche 0 Penerbangan 1 untuk Badan Pengembangan Luar Angkasa Angkatan Darat AS dan kemudian melakukan empat penerbangan pengiriman Starlink lagi. Pesawat ini terakhir terbang sebelum peluncurannya hari ini pada tanggal 25 September, dengan masa penyelesaian selama 34 hari.

READ  Apakah ada waktu? Bagaimana kami bisa tahu?
File foto satelit Starlink V2 Mini SpaceX di dalam fasilitas pemrosesan muatan di Cape Canaveral awal tahun ini. Kredit: SpaceX

Setelah berpisah dari Falcon 9 tahap kedua, B1075 terus mendarat di drone Of Course I Just Love You yang ditempatkan di Samudera Pasifik lepas pantai Baja California.

22 satelit Starlink akan diluncurkan dari tahap kedua setelah lebih dari satu jam penerbangan. Penyebaran yang berhasil akan menjadikan jumlah total satelit Starlink di orbit menjadi 4,989, menurut Statistik disusun oleh Jonathan McDowell.

SpaceX telah menyelesaikan 25 misi orbital dari Vandenberg dalam 365 hari terakhir, rata-rata satu peluncuran setiap 14,6 hari. Termasuk peluncuran dari Cape Canaveral, ini merupakan misi orbit ke-89 SpaceX dalam 365 hari terakhir, dengan rata-rata peluncuran setiap 4,1 hari.