Februari 22, 2024

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Ribuan orang dievakuasi setelah gunung berapi meletus di Indonesia

Ribuan orang dievakuasi setelah gunung berapi meletus di Indonesia

Lebih dari 2.000 warga telah dievakuasi ke tempat penampungan sementara di gunung berapi di Indonesia bagian timur karena meningkatnya aktivitas gunung berapi, kata seorang pejabat setempat pada 2 Januari.

Gunung Levodopi Laki-Laki di provinsi Nusa Tenggara Timur telah meletus beberapa kali dalam beberapa minggu terakhir, memuntahkan abu vulkanik 1,5 kilometer (4.800 kaki) dari puncaknya pada hari Senin, kata Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG). .

Badan tersebut mencatat letusan lain dari Lewotobi Laki-Laki pada hari Selasa, tetapi tidak ada awan abu yang terlihat dari gunung berapi tersebut, katanya dalam sebuah pernyataan.

Abu vulkanik dari letusan terbaru telah berdampak pada dua kecamatan di dekat Gunung Levodopi Laki-Laki, dengan lebih dari 2.200 penduduk mengungsi ke tempat penampungan sementara yang didirikan oleh pemerintah setempat, Benedictus Polipapa Herrin, seorang pejabat di distrik Flores timur, mengatakan kepada AFP pada hari Selasa. .

“Ada 1.931 pengungsi di (kecamatan) Wulangdong dan 328 pengungsi di (kecamatan) Ile Bura,” kata Herin seraya menambahkan, jumlah pengungsi bisa bertambah karena masyarakat mencari keselamatan dari gunung berapi tersebut.

“Sehubungan dengan peningkatan status (Gunung Lewotobi Laki-Laki), masyarakat harus dipindahkan ke daerah yang lebih aman untuk mengantisipasi kejadian yang tidak diinginkan.”

Pihak berwenang pada hari Senin menaikkan status gunung berapi tersebut ke tingkat kewaspadaan tertinggi kedua di Indonesia dan memperluas zona pengecualian di sekitar kawahnya dari dua kilometer menjadi empat kilometer (13.100 kaki).

Abu gunung berapi juga memaksa bandara France Seda, yang berjarak 80 kilometer, ditutup mulai Senin, kantor berita Antara melaporkan.

Kepulauan Asia Tenggara ini terletak di Cincin Api Pasifik, sebuah kawasan dengan aktivitas vulkanik dan seismik yang intens.

READ  87 Atlet Indonesia Akan Berpartisipasi dalam 5th Islamic Unity Games

Bulan lalu, 23 orang tewas ketika Gunung Marabi, yang berarti “gunung api”, meletus di pulau Sumatera.

Terdapat hampir 130 gunung berapi di Indonesia.

Ini adalah artikel premium yang hanya tersedia untuk pelanggan kami. 250+ artikel premium untuk dibaca setiap bulan

Anda telah menghabiskan batas artikel gratis Anda. Mendukung jurnalisme yang berkualitas.

Anda telah menghabiskan batas artikel gratis Anda. Mendukung jurnalisme yang berkualitas.

Ini adalah artikel gratis terakhir Anda.