Juni 18, 2024

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Reptil laut terbesar yang pernah ditemukan mampu menyaingi ukuran paus biru

Reptil laut terbesar yang pernah ditemukan mampu menyaingi ukuran paus biru

Paus biru adalah makhluk terbesar yang pernah hidup di Bumi. Mencapai panjang maksimum sekitar 30 meter dan berat sekitar 200 ton, mereka adalah juara dunia hewan kelas berat sepanjang masa.

Kini, saat melakukan penggalian di sebuah pantai di Somerset, Inggris, tim ahli paleontologi Inggris telah menemukan sisa-sisa ichthyosaurus, reptil laut yang dapat bersaing dengan paus. Dean Lomax, ahli paleontologi di Universitas Manchester yang memimpin penelitian tersebut, mengatakan: “Sungguh luar biasa membayangkan ichthyosaurus raksasa seukuran paus biru berenang di lautan sekitar Inggris selama Trias.

Tulang rahang raksasa

Ichthyosaurus ditemukan di lautan selama sebagian besar Era Mesozoikum, muncul 250 juta tahun yang lalu. Mereka memiliki empat anggota badan seperti dayung, sirip ekor vertikal memanjang ke bawah pada sebagian besar spesies, dan umumnya tampak seperti lumba-lumba reptil besar dengan rahang sempit memanjang dan dilapisi gigi. Beberapa di antaranya sangat besar. Kerangka ichthyosaurus terbesar hingga saat ini ditemukan di British Columbia, Kanada, berukuran panjang 21 meter, dan termasuk dalam ichthyosaurus masif yang disebut Schonisaurus sikanensis. Tapi sepertinya mereka bisa menjadi lebih besar dari itu.

Apa yang ditemukan tim Lomax di Somerset adalah tulang persegi panjang, panjang, dan melengkung yang dimiliki semua reptil di bagian atas rahang bawah di belakang gigi. Panjang tulang tersebut adalah 2,3 meter, dibandingkan dengan tulang persegi panjang yang ditemukan di Schonisaurus sikanensis Kerangka itu 25 persen lebih besar. Dengan menggunakan skala sederhana dan asumsi dimensi tubuh yang sama, tim Lomax memperkirakan ukuran ichthyosaurus yang baru ditemukan ini antara 22 dan 26 meter, menjadikannya reptil laut terbesar yang pernah ada. Tapi ada hal lain.

READ  Kesalahan komputer dari luar angkasa

Dengan memeriksa bentuk persegi panjang tersebut, tim tidak menemukan tanda-tanda sistem fondasi eksternal (EFS), yaitu potongan jaringan yang terdapat di kulit terluar tulang. Pembentukannya menunjukkan perlambatan pertumbuhan tulang, yang menunjukkan pematangan tulang. Dengan kata lain, ichthyosaurus raksasa tersebut kemungkinan masih muda dan masih tumbuh ketika mati.

Koreksi masa lalu

Pada tahun 1846, lima tulang besar ditemukan di Aust Cliff dekat Bristol di barat daya Inggris. Digali dari formasi batuan Trias Atas, mereka disebut “batang tulang anggota badan dinosaurus” dan dipajang di Museum Bristol, di mana salah satunya dihancurkan oleh pemboman selama Perang Dunia II.

Namun pada tahun 2005, Peter M. Galton, ahli paleontologi Inggris yang saat itu bekerja di Universitas Bridgeport, melihat ada yang aneh pada salah satu tulang Aust Cliff yang tersisa. Dia menggambarkannya sebagai “Foramen yang tidak biasa” Dia menyarankan itu adalah koridor pengumpan. Penelitian selanjutnya umumnya terus mengaitkan tulang-tulang ini dengan dinosaurus, tetapi menunjuk pada hal-hal serupa Struktur mikro yang tidak biasa Sulit untuk dijelaskan.

Menurut Lomax, semua kebingungan ini disebabkan karena tulang Aust Cliff bukan milik dinosaurus dan bukan bagian dari anggota badan. Dia mencatat bahwa bentuk, bentuk dan struktur mikro foramen nutrisi cocok dengan tulang ichthyosaurus yang ditemukan di Somerset. Perbedaannya adalah EFS – penanda tulang matang – terdapat pada tulang Aust Cliff. Jika Lomax benar dan mereka memang merupakan bagian dari bentuk periferal ichthyosaurus, maka mereka termasuk individu dewasa.

Dengan menggunakan teknik pengukuran yang sama yang diterapkan pada paus lonjong Somerset, Lomax memperkirakan bahwa individu yang sedang berkembang ini memiliki panjang lebih dari 30 meter, sedikit lebih besar dari paus biru terbesar yang dikonfirmasi.

READ  Mekanisme tersembunyi penciptaan gen

Kepunahan sudah dekat

“Ichthyosaurus Trias Akhir kemungkinan besar telah mencapai batas biologis yang diketahui vertebrata dalam hal ukuran. Masih banyak yang belum diketahui tentang raksasa ini, tetapi satu demi satu fosil, kita akan dapat mengungkap rahasia mereka.

Namun monster misterius ini tidak bertahan lama. Tulang persegi panjang yang ditemukan di Somerset terkubur di bawah lapisan batuan seismik dan tsunami yang menandai dimulainya peristiwa kepunahan massal akhir Trias, salah satu dari lima kepunahan massal dalam sejarah bumi. itu Severnensis ichthyoticdemikian Lomax dan timnya menyebut spesies tersebut, mungkin berhasil mencapai ukuran yang luar biasa tetapi segera musnah setelahnya.

Namun, kepunahan massal pada akhir zaman Trias bukanlah akhir dari semua ichthyosaurus. Mereka selamat tetapi tidak pernah mencapai ukuran yang sama lagi. Mereka menghadapi persaingan dari plesiosaurus dan hiu yang lebih lincah dan berenang lebih cepat, dan kemungkinan besar mereka bersaing untuk mendapatkan habitat dan sumber makanan yang sama. Ichthyosaurus terakhir yang diketahui punah sekitar 90 juta tahun lalu.

PLOS SATU, 2024. DOI: 10.1371/jurnal.pone.0300289