Berikan Jaring Pengaman Sosial, SKK Migas – KKKS Pamalu Gandeng Baznas dan...

Berikan Jaring Pengaman Sosial, SKK Migas – KKKS Pamalu Gandeng Baznas dan GKI Klasis

0
3

Sorong, Semarak.News – Perwakilan Satuan Kerja Khusus (SKK) Migas Papua dan Maluku (Pamalu) bersama kontraktornya Petrogas Basin Ltd., PT. Pertamina Aset 4 Field Papua, dan MontD’Or Salawati Ltd melanjutkan kegiatan komunikasi  dan dukungan Jaring Pengaman Sosial (JPS) kepada masyarakat yang berada di Kota dan Kabupaten Sorong.

Kegiatan yang dilakukan ini merupakan kegiatan tahap ke 3  (tiga) yang telah dilakukan SKK Migas Perwakilan Pamalu bersama Kontraktor KKS dalam turut berpartisipasi mendukung rencana pemerintah dalam mengurangi munculnya dampak pada “masyarakat” akibat terjadinya pandemik covid-19.

Kegiatan komunikasi bersama dengan masyarakat yang dilakukan tersebut sebagai bentuk menjaga hubungan dan komunikasi antara SKK Migas dan Kontraktor KKS Pamalu dengan masyarakat yang berada di ring 1 penghasil minyak dan gas serta masyarakat di wilayah sekitar yang bukan penghasil untuk terus pula dijaga konsistensinya meski di masa awal pandemi Covid -19 dan memasuki era new normal dalam situasi masih mewabahnya Covid-19.

Jumat (10/7/2020), kegiatan komunikasi bersama tersebut dilakukan untuk menyampaikan peran industri hulu migas langsung kepada masyarakat  dengan tetap menjalankan protokol pencegahan Covid-19. Dimana dalam kegiatan tersebut, SKK Migas wilayah Pamalu turut mengandengan Even Organizer yang juga selaku mitra kerja PT Bayu Sakti Abadi (BSA) dan organisasi masyarakat di Sorong.

Kali ini, SKK Migas dan Kontraktor KKS lebih mengkhususkan jejaring komunikasi dengan organisasi keagamaan yang selama ini, konsisten menjadi pengayom dan dipercaya oleh masyarakat di Kota dan Kabupaten Sorong. Kedua lembaga keagamaan yang diajak bekerjasama yakni Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota dan Kabupaten Sorong, dan Gereja Kristen Indonesia (GKI) Klasis Sorong dan Raja Ampat Tengah (RAT).

Komunikasi bersama dan dukungan JPS 2020 dimulai dengan tim perwakilan SKK Migas dan Kontraktor KKS Pamalu untuk membagikan informasi komunikasi kegiatan hulu migas dalam paket dukungan JPS yang berisikan bantuan bahan makanan.

SKK Migas dan KKKS Pamalu beri dukungan JPS 2020 ke Baznas Kabupaten Sorong, Jumat (10/7/2020).PbP/EYE

Kegiatan tersebut  dimulai sekitar pukul 10.00 Wit dengan mengunjungi Baznas Kabupaten Sorong yang berada di Aimas dan mendistrubusian sebanyak 141 paket bantuan kepada masyarakat kurang.

Di Baznas Kabupaten Sorong bantuan bahan makanan diterima langsung oleh Ketua Baznas Kabupaten Sorong ,Drs. Gatot Purnomo. Yang mana kepada  PT. BSA yang mewakili SKK Migas – KKKS Pamalu, Gatot Purnomo menyampaikan Baznas sangat mengapresiasi kepercayaan yang diberikan dalam komunikasi bersama dan dukungan JPS yang dilakukan oleh SKK Migas Wilayah Pamalu, sebab kepercayaan yang diberikan oleh SKK Migas dan KKKS Pamalu, adalah yang pertama kali dilakukan dari kegiatan industri yang ada di Wilayah Kabupaten Sorong.

Bagi Baznas, kata Gatot, bantuan komunikasi bersama yang dilakukan SKK Migas dan KKKS Wilayah Pamalu dapat terus dipelihara dan berlanjut, sebab ini merupakan kegiatan yang sangat mulia dan baik. “Apalagi disaat masa pandemi Covid-19 saat ini tentu masyarakat yang terdampak Covid-19 sangat terbantu sekali, ” kata Ketua Baznas Kabupaten Sorong.

Insya allah , tutur Gatot, “kami akan menyalurkan kepada yang berhak menerima khususnya bagi masyarakat yang kena dampak langsung dari Covid-19 ini.  Apalagi Kabupaten Sorong ini, masih dalam lingkungan ring satu”.

Sementara itu di tempat yang sama, perwakilan masyarakat yang menerima bantuan Bambang dan Bonazir yang kesehariannya sebagai petani kebun sangat berterima kasih dengan adanya bantuan bahan makan yang diberikan, sebab saat ini keluarganya sangat kesulitan ekonomi akibat musim hujan dan wabah Covid-19. “Kami sangat membutuhkan sekali bantuan seperti ini, apalagi saat ini penghasilan yang kami dapat dari berkebun agak susah sekali, “kata Bambang dan Bonazir kepada wartawan usai menerima bantuan.

Dukungan JPS 2020 yang diberikan oleh SKK Migas dan KKKS Pamalu kepada Baznas Kota Sorong, Jumat (10/7/2020).PbP/EYE

Ungkapan yang hampir senada disampaikan pula oleh Ketua Baznas Kota Sorong Drs. H Djumain Achmad, MM saat menerima dukungan bantuan bahan makanan sebanyak 100 paket di Sekretariat Baznas Kota Sorong yang berada di Komplek Masij Raya Al Akbar. Djumain mengatakan apa yang dilakukan SKK Migas dan KKKS Pamalu ini selaras pula dengan apa yang Baznas programkan selama masa Pandemi Covid-19. “Kami merasa berterima kasih karena Baznas diberikan kepercayaan dan kami akan melaksanakan sesuai amanat yang diberikan oleh SKK Migas dan KKKS sesuai kriteria yang ditentukan,” kata Djumain.

Usai dari Baznas Kota Sorong, tim perwakilan SKK Migas dan Kontraktor KKS Pamalu melanjutkan perjalanan menuju Kantor GKI Klasis Raja Ampat Tengah (RAT) yang berada di Pulau Doom, Distrik Sorong Kepulauan ,Kota Sorong. Di situ, perwakilan SKK Migas menyerahkan dukungan berupa bantuan bahan makanan sebanyak 159 paket yang diterima langsung oleh Ketua GKI Klasis RAT, Pendeta Yessy Poppy Tuarisa, S.Si.

Pendeta Poppy Tuarisa menyampaikan sangat bersyukur, karena sejak Covid-19 banyak pelayan dan warga jemaat yang mengalami kesulitan seperti anak yatim-piatu, janda-duda yang telah berusia lanjut. “Kami berterima kasih dan bergembira atas kepedulian Industri hulu migas ditengah masyarakat yang terdampak akibat pandemik Covid, sebab banyak anak yatim-piatu, janda-duda yang telah berusia lanjut, serta masyarakat anggota klasis kami yang juga ikut terkena dampak Covid-19, dapat diringankan dengan adanya bantuan ini,” kata Pendeta Poppy Tuarisa.

Ketua GKI Klasis RAT, Pendeta Poppy Tuarisa, S.Si.

Ketua GKI Klasis RAT mengakui dengan adanya kegiatan JPS 2020 yang dilakukan SKK Migas dan Kontraktor KKS Pamalu sangat bermanfaat bagi masyarakat di lingkungan wilayah kerja Klasis RAT yang berada di tiga wilayah pemerintahan yakni Pemerintah Kota dan Kabupaten Sorong serta Raja Ampat. “Menurut saya kegiatan seperti ini sangat bermanfaat bagi masyarakat terutama yang pada kondisi saat ini, dimana tengah terjadi Pandemi Covid-19. Selama ini, kami berharap ada pihak-pihak yang membantu kami, tetapi sampai saat ini, baru ada kegiatan pertama seperti ini yang dilakukan oleh SKK Migas dan Kontraktor KKS Pamalu,” kata Pendeta Poppy seraya berharap kegiatan yang dilakukan oleh SKK Migas ini, dapat memicu kegiatan industry di wilayah kabupaten Raja Ampat, Kota dan Kabupaten Sorong untuk diikuti jejaknya.

Di tempat berbeda yakni di Kantor GKI Klasis Sorong yang berada di Kampung Baru , Kota Sorong hal yang senada turut disampaikan oleh Fanik Tehupeiory selaku Wakil Ketua GKI Klasis Sorong saat menerima dukungan JPS berupa bantuan bahan makanan sebanyak 114 paket. “Kami sangat berterima kasih dan merupakan satu kegembiraan tersendiri, sebab SKK Migas sangat memberikan perhatian di tengah masyarakat yang sedang menjaga diri, menjauhkan diri dan kuatir serta takut dengan adanya Covid-19 justru hadir kepedulian yang dilakukan SKK Migas,” kata Fanik Tehupeiory.

Bantuan seperti ini, kata Fanik, sudah tentu sangat berarti, dan berharga bagi kehidupan hamba Tuhan yang ada di Klasis Sorong yang terdiri dari anak yatim-piatu, janda-duda yang telah berusia lanjut, serta masyarakat Anggota Klasis Sorong yang ikut terdampak dari Covid-19. “Bantuan yang diberikan akan kami teruskan kepada yang berhak menerima di tengah kesulitan dan sedang berusaha untuk keluar dari serangan Covid-19 ini. Kami menyampaikan terima kasih kepada Pimpinan SKK Migas dari pusat sampai daerah, sebab kita semua tidak tahu Covid-19 ini akan berlangsung sampai kapan. Mudah-mudahan ada lagi bantuan seperti ini, buat kami dan masyarakat di Klasis Sorong,” ucap Fanik.

Sementara itu, dalam siaran pers yang diterima Papua barat Pos dari Departeman Humas SKK Migas Pamalu, Kepala Perwakilan SKK Migas Pamalu, Rinto Pudyantoro dalam keterangannya menyampaikan ,”Organisasi – organisasi keagamaan yang berada di Kota dan Kabupaten Sorong, tidak hanya menjadi pusat sumber komunikasi kepada para jemaat dan anggotanya. Namun juga mereka sering terlihat ikut memberi dukungan kepada  anggota “masyarakat “ (dengan kategori tertentu), terutama pada saat terjadinya pandemik Covid-19, seperti yang masih terjadi saat ini”.

“Kegiatan kami berfokus pada mewujudkan kelancaran operasional hulu migas dan kami bukan merupakan lembaga sosial, tetapi kami juga mendengarkan harapan – harapan dari “Masyarakat”, sehingga kami ingin menciptakan sinergi antara organisasi keagamaan dan kemasyarakatan yang ada, dengan memberikan dukungan rencana kegiatan sosial yang kerap diusulkan ikut didukung oleh industri hulu migas” jelas Rinto.

Informasi dan materi komunikasi untuk menjalankan kehidupan “New Normal” dalam masa pandemik Covid-19 dan informasi kegiatan hulu migas di Papua dan Maluku, turut disampaikan ke “Masyarakat” dalam bentuk flyer pada lebih dari 500 paket dukungan JPS. Seluruhnya diserahkan SKK Migas Pamalu kepada Klasis Raja Ampat Tengah, Klasis GKI Sorong, Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kota dan Kabupaten Sorong, sesuai dengan usulan rencana kegiatan sosialnya.

Pihak SKK Migas dan Kontraktor KKS Pamalu berharap dukungan industri hulu migas yang terus mengalir ke tengah masyarakat ini, dapat membuktikan peran-peran positif lainnya (multiplayer effect ) dari adanya kegiatan operasional hulu migas di Kabupaten dan Kota Sorong, yang manfaatnya dapat dirasakan secara langsung ditengah “masyarakat”, selain dana bagi hasil migas yang ada.

Sumber: https://papuabaratpos.com/skk-migas-kkks-pamalu-gandeng-baznas-dan-gki-klasis/

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY