Januari 31, 2023

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

RCEP memfasilitasi perdagangan antara Shandong China Timur, Indonesia-Xinhua

Pengunjung membeli biskuit di Paviliun Indonesia saat Pameran China-ASEAN ke-19 di Nanning, Daerah Otonomi Guangxi Zhuang, China selatan, pada 18 September 2022. (Xinhua/Huang Xiaobang)

Jinan, Jan. 2 (Xinhua) — Pada hari Senin, Kemitraan Ekonomi Komprehensif Regional (RCEP) secara resmi mulai berlaku di Indonesia, dan pada hari yang sama, provinsi Shandong China Timur mengeluarkan sertifikat RCEP pertama. Ekspor ke Indonesia.

Qingdao SanMu Perairan Produk Co, Qingdao, Shandong. Ltd. Certificate of origin menurunkan tarif dari 10 persen menjadi nol per paket salmon beku olahan.

“Kami dapat dibebaskan dari pajak 2 juta yuan (sekitar US$287.170) setiap tahun di Indonesia,” kata Sun Junxi, manajer umum perusahaan.

“Untuk industri pengolahan air bermargin rendah, konsesi tarif seperti ini adalah berita dan prospek yang disambut baik, membantu menstabilkan pesanan dan secara signifikan mendorong pertumbuhan ekspor,” kata Sun lebih lanjut.

Data bea cukai menunjukkan ASEAN saat ini merupakan mitra dagang terbesar Shandong, dengan Indonesia sebagai tujuan ekspor utama.

Dalam 11 bulan pertama 2022, nilai ekspor Shandong ke Indonesia mencapai 39,01 miliar yuan atau meningkat 29,3 persen year-on-year. Langkah baru ini tentunya merupakan kabar baik bagi bisnis dari kedua belah pihak.

Country Food adalah produsen sayur dan buah kaleng yang berbasis di Qingdao dengan omset tahunan lebih dari US$100 juta. Perusahaan mengimpor buah-buahan tropis dan bahan mentah lainnya dari Indonesia dan negara-negara Asia Tenggara lainnya dan mengolahnya menjadi buah-buahan campuran kalengan untuk diekspor.

“Setelah penerapan RCEP di Indonesia, akan lebih mudah bagi kami untuk mencapai ambang batas manfaat dan menikmati kebijakan preferensial yang relevan,” ujar Shang Huming, presiden Country Food.

Shang mengharapkan impor perusahaan nanas, jus nanas dan bahan mentah lainnya dari Indonesia meningkat setidaknya 15 persen per tahun di bawah RCEP hingga 2023.

READ  Indonesia Keluarkan Izin Ekspor Minyak Sawit 275.454 T - Resmi

Sebuah situs web telah disiapkan oleh Pusat Layanan Perusahaan RCEP Shandong, yang telah menangani lebih dari 100.000 pertanyaan oleh hampir 6.000 pengguna, membantu perusahaan memanfaatkan sepenuhnya kebijakan prioritas RCEP.

Kepala pusat, Wang Ke, mengatakan bahwa mereka berencana untuk mendirikan kantor di Indonesia untuk mempromosikan perdagangan bilateral.