September 27, 2022

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Rakesh Jonghunwala, 'Warren Buffett dari India', meninggal pada usia 62 tahun

Rakesh Jonghunwala, ‘Warren Buffett dari India’, meninggal pada usia 62 tahun

Placeholder saat memuat tindakan artikel

Salah satu perusahaannya mengkonfirmasi bahwa investor miliarder Rakesh Jonghunwala, yang dijuluki “Warren Buffett India” karena taruhan pasar sahamnya yang sukses, meninggal pada hari Minggu di usia 62 tahun.

Jhunjhunwala, seorang akuntan sewaan yang telah melakukan perdagangan saham selama 25 tahun, kemudian mendirikan perusahaan manajemen aset Rare Enterprises, yang antara lain telah berinvestasi di perusahaan-perusahaan di sektor telekomunikasi, perhotelan dan jasa keuangan.

Dia memiliki kekayaan bersih $5,8 miliar Pada saat kematiannya, menurut Forbes, Jhunjhunwala digambarkan sebagai “investor dengan sentuhan Midas”. Usaha terbarunya, sebuah maskapai penerbangan berbiaya rendah bernama Penerbangan AkasaSaya mulai bekerja di India minggu lalu.

“Kami sangat sedih dengan meninggalnya Rakesh Jonghunwala pagi ini,” kata Akasa Air dalam sebuah pernyataan pada hari Minggu, memuji “semangat gigih” dan semangat pengusaha untuk “segala sesuatu yang India.”

Penyebab kematiannya tidak segera diketahui. Seorang anggota keluarga Jonghunwala Reuters “Investor meninggal dikelilingi oleh keluarga dan rekan dekatnya.” Istrinya, Rekha Gonjunwala, dan tiga anaknya selamat.

Media lokal melaporkan bahwa Jhunjhunwala adalah Dalam kesehatan yang buruk dulu Kembali di kursi roda Pada acara peluncuran Akasa Air Minggu lalu.

Politisi dan pengusaha India telah menyatakan belasungkawa atas kematian Jonghunwala. Banyak yang memuji upayanya dalam mendidik orang tentang perdagangan saham, serta optimismenya tentang India dan ekonominya.

“Rakesh Jonghunwala tak terkalahkan”, Perdana Menteri India Narendra Modi Dia berkata. “Penuh kehidupan, cerdas dan berwawasan luas, dia meninggalkan kontribusi yang tak terhapuskan bagi dunia keuangan. Dia juga sangat bersemangat tentang kemajuan India.”

“Seorang investor, pengambil risiko yang berani, pemahaman yang cerdas tentang pasar saham, komunikasi yang jelas – seorang pemimpin dengan haknya sendiri,” Menteri Keuangan India Nirmala Sitharaman tulis di Twitter.

READ  Tetangga Rusia, Finlandia, mengumumkan keinginannya untuk bergabung dengan NATO

Pada tahun 2021 wawancara Dengan Economic Times India, Jhunjhunwala menyatakan keyakinannya pada kemampuan India untuk menyalip China sebagai ekonomi terbesar kedua di dunia. Dia berkata, “Anda dapat menyebut saya idiot, atau Anda dapat memanggil saya apa saja, dan saya mungkin tidak akan hidup untuk melihatnya, tetapi saya dapat memberi tahu Anda satu hal – India akan menyusul China dalam dua puluh lima tahun ke depan.”

Jhunjhunwala “percaya saham India undervalued. Uday Kotak, seorang bankir miliarder dari India yang mengatakan dia benar,” tulis Uday Kotak, seorang bankir miliarder dari India Saya pergi ke sekolah dengan Jhunjhunwala Mereka menggambarkannya sebagai seseorang yang “sangat tajam dalam memahami pasar keuangan”.

Jhunjhunwala lahir pada Juli 1960 dan dibesarkan di Mumbai. Ia menyelesaikan studi sarjananya di Universitas Mumbai dan kemudian lulus dari Institute of Chartered Accountants of India.

Ayahnya adalah Komisaris Departemen Pajak Penghasilan Pemerintah India dan memberi Jhunjhunwala Saran investasi, menurut Financial Express. Jhunjhunwala hanya berinvestasi $100 di pasar saham Sebagai mahasiswa berusia 25 tahun, menurut Forbes – dan akhirnya mengembangkannya menjadi portofolio multi-miliar dolar.

Dia juga seorang penggila film India dan ikut memproduseri tiga film Bollywood antara 2012 dan 2016.

Komentator pasar India Ajay Baga mengatakan kepada BBC: Jhunjhunwala “The Body of India’s Story” – “Seorang anak laki-laki kelas menengah muda naik pangkat untuk membangun kekayaan yang luar biasa.”