September 25, 2022

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Putaran 1: Santa Cruz Talboy 2023 diperbarui, tidak diperbaiki

Putaran 1: Santa Cruz Talboy 2023 diperbarui, tidak diperbaiki

Bagi Santa Cruz, generasi Tallboy sebelumnya adalah sepeda yang menjadi semacam kultus klasik. Tampaknya beresonansi dengan hampir semua orang yang mengendarainya, menginspirasi semua jenis sasis khusus yang unik, beberapa berfokus untuk membuat kinerja sebanyak mungkin di lereng, yang lain membuat mesin XC lebih nyaman daripada sepeda balap asli.

Dirilis pada tahun 2019, Tallboy 4 mencapai tempat yang sempurna dalam hal keserbagunaan, menampilkan sosok geometris yang memungkinkannya mengatasi medan teknis yang paling menantang tanpa bosan dan lesu di jalur yang lebih rumit. Ini adalah sepeda trail yang terus menerus, dengan roda 29 inci, travel belakang 120mm, dan garpu 130mm.

Tallboy 5. detail

• Ukuran Roda: 29 inci
• Perjalanan: 120mm, garpu 130mm
• Opsi Rangka Karbon C & CC
• Sudut kepala 65,5° atau 65,7°
• Sudut tabung kursi 76,6º (L, L)
• Penyangga Rantai 438 mm (L, Rendah)
• Ukuran: XS, S, M, L, XL, XXL
• Berat: 28,75 lb / 13,04 kg (ukuran L, X01 AXS RSV build)
• Harga: $5,299 – $10,399
santacruzbicycles.com

Santa Cruz tidak ingin dipusingkan dengan sesuatu yang baik, sehingga Tallboy 2023 tidak banyak menyimpang dari model sebelumnya. Geometri telah sedikit diubah, hal yang sama berlaku untuk kinematika, tetapi ini lebih merupakan penyempurnaan daripada perbaikan.

Gloss Ultra Blue dan Matte Taupe adalah dua pilihan warna untuk Tallboy generasi kelima.

Detail bingkai

Perubahan paling jelas pada rangka Tallboy adalah penambahan penyimpanan downtube, fitur yang sekarang ditemukan di hampir setiap motor trail dan enduro di jajaran Santa Cruz, dengan pengecualian Bronson (setidaknya untuk saat ini). Kait kecil di sebelah sangkar botol air memungkinkan akses ke kompartemen, dan dua kantong disertakan untuk menyimpan tabung, peralatan, dan camilan serta aksesori lain yang nyaman.

READ  Apple dapat memperoleh keuntungan melawan Microsoft Windows dengan chip M2

Selain snack stok baru, detail frame Tallboy tidak banyak berubah. Ada perutean kabel internal yang sepenuhnya berorientasi, braket bawah berulir, ruang untuk ban belakang 2,5 inci, dan dudukan perutean rantai. Ada juga gantungan keringat universal, dan braket flip pada shock mount belakang memungkinkan perubahan geometri yang sangat presisi.

Tata letak teknik dan suspensi

Chip shock Tal Boy masih ada, tetapi kemampuan untuk mengubah panjang chainstay sebesar 10mm telah dihapus, menggantikannya dengan panjang khusus ukuran untuk setiap ukuran. Panjang chainstay berkisar dari 431mm pada Petite hingga 444mm pada XXL.

Sudut tabung kursi Tallboy juga memiliki ukuran tertentu, semakin tajam dengan setiap ukuran yang lebih besar. Ini membantu memastikan bahwa pengendara yang jauh lebih tinggi tidak berakhir di bagian belakang sepeda saat mendaki.

The Tallboy baru tidak lebih lemah dari sebelumnya, tapi itu mendapat sedikit lebih tinggi, dengan nomor tiba yang cocok dengan sisa lineup Santa Cruz. Ukuran jangkauan besar sekarang 473mm dalam pengaturan rendah, meningkat 5mm. Sudut tabung kursi yang sedikit miring menyeimbangkan peningkatan ini, menciptakan panjang tabung atas yang relatif tidak berubah, yang berarti tanjakan dengan dudukan akan terlihat sama seperti sebelumnya.

Santa Cruz menurunkan leverage Tallboy untuk memberikan kurva kejutan yang sedikit kurang maju, perubahan yang juga disertai dengan resistensi jongkok yang lebih sedikit di awal perjalanan, dan penurunan yang kurang agresif di kemudian hari. Perubahan ini dilakukan untuk meningkatkan kepatuhan terhadap gundukan kecil sepeda, dan untuk memberikan nuansa suspensi yang lebih dapat diprediksi di semua titik perjalanan.

perlengkapan bangunan

Ada 6 model dalam jajaran, dengan harga mulai dari $5.299 untuk Tallboy CR, yang memiliki mesin SRAM NX, rem Guide T, garpu RockShox Pike Base, dan shock DPS Fox Performance.

READ  Microsoft merayakan 15 tahun OneDrive dengan desain ulang dan fitur baru

Di bagian atas baris adalah $10.399 Tallboy CC X01 AXS RSV. Itu adalah set inisial besar untuk menunjukkan bahwa ia memiliki konstruksi rangka karbon terbaik Santa Cruz, drivetrain elektronik nirkabel AXS SRAM, dan roda karbon Reserve 30 SL. Biaya suspensi pada model mahal ini ditangani oleh shock DPS Fox Float Factory dan garpu RockShox Pike Ultimate.


Kesan Berkendara

The Tallboy bukan sepeda pedesaan, juga tidak berusaha untuk menjadi. Sebaliknya, ini adalah mesin yang melakukan segalanya dan memiliki udara yang “tepat” untuk ditangani. Tidak ada misteri atau ketidakpastian yang dapat ditemukan – pembalaplah yang akan membawa sifat-sifat ini ke meja, bukan motornya.

Sejujurnya, mungkin saya bisa memberikan tautan ke Mike Levy Tallboy 4. ulasan Di sini dan menyebutnya baik. Ada lebih banyak persamaan daripada perbedaan antara kedua versi, dan karakteristik pengendaraan secara keseluruhan hampir identik. Sudah sedikit sejak terakhir kali saya mengendarai Talboy, tetapi ketika saya keluar dari ingatan saya yang agak kabur, saya akan mengatakan bahwa suspensi terasa lebih baik dari sebelumnya—secara keseluruhan sedikit lebih lembut, yang membuat motor lebih nyaman di bagian berombak. jejak. Namun, masih ada banyak dukungan, dan bahkan ketika saya menggunakan semua perjalanan, tidak ada kekerasan di akhir pukulan.

Kekuatan Tallboy terletak pada keserbagunaannya – terasa kokoh, dan bebas dari jitter yang tidak diinginkan, bahkan di jalan bergelombang dan berkecepatan tinggi. Kombinasi ban Maxxis Dissector/Rekon telah bekerja dengan baik dengan kondisi kering dan berdebu yang terjadi akhir-akhir ini, meskipun saya mungkin akan menempatkan sesuatu yang lebih gemuk untuk kondisi basah atau benar-benar mencoba untuk menghilangkan performa menurun semaksimal mungkin. Saya juga kemungkinan akan mengganti rem G2 dengan beberapa kode jika saya menempuh rute ini, karena ada penalti bobot yang lebih ringan dan perbedaan kinerja yang nyata. Namun, untuk tugas umum rem G2 bekerja dengan baik, dan mengupgrade rotor ke versi HS2 baru akan menjadi cara yang lebih mudah untuk sedikit meningkatkan daya henti.

READ  Ponsel seharga $280 ini adalah pelajaran tentang keterjangkauan - saya harap Apple dan Samsung berhati-hati

Penanganan Tallboy sangat tenang dan dapat diprediksi, dan hal yang sama berlaku untuk performa mengayuh—ini menghasilkan keseimbangan yang baik antara efisiensi dan traksi. Namun, bobot yang dipasangkan dengan suspensi yang lebih lembut membuatnya terasa lebih seperti Hightower pendek daripada perjalanan panjang yang kabur.

Itu tidak berarti terasa berat atau lesu—jauh dari itu—hanya saja ada perbedaan mencolok antara rasanya dibandingkan dengan sesuatu seperti Trek Top Fuel terbaru, atau bahkan Transition Spur dalam hal ini. Semua sepeda ini memiliki travel belakang 120mm, tetapi Trek dan Transition lebih banyak duduk di sisi spektrum XC yang agresif, dan memiliki selera yang lebih besar untuk berlari menanjak daripada Tallboy.

Opsi yang lebih ringan dan lebih hidup ini sangat bagus untuk pengendara yang mencoba menggaruk gatal di pedesaan, tetapi ketika gravitasi mengambil alih, Tallboy-lah yang melaju ke depan, dengan nuansa yang lebih tertanam yang memberikan kepercayaan diri yang dibutuhkan untuk mencapai kecepatan yang lebih tinggi dan lebih menantang. fitur jejak.

Seperti kata pepatah, “Jika tidak rusak, jangan perbaiki,” dan itulah yang dilakukan Santa Cruz dengan Tallboy. Ini adalah sepeda trail kelas atas, dengan penanganan yang mudah dan semua fitur bingkai (dan label harga yang sesuai) yang dikenal Santa Cruz.