April 24, 2024

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Program pemberian makanan di sekolah yang diusung oleh Prabowo akan menelan biaya $7,7 miliar pada tahun pertamanya

Program pemberian makanan di sekolah yang diusung oleh Prabowo akan menelan biaya $7,7 miliar pada tahun pertamanya

Komisi Pemilihan Umum diperkirakan akan mengumumkan keputusan resmi pada tanggal 20 Maret dan pemerintahan baru akan mulai menjabat pada bulan Oktober.

Beberapa analis telah memperingatkan bahwa biaya yang harus dikeluarkan untuk memenuhi janji kampanye Prabowo, yaitu pemberian makanan gratis untuk 82,9 juta anak, sangatlah mahal dan dapat merusak rekor disiplin fiskal Indonesia.

Timnya mengatakan proyek tersebut akan menelan biaya 450 triliun rupee ($28,79 miliar) ketika mencapai tahap akhir pada tahun 2029.

Namun, pada tahun pertama pemerintahan Prabowo, program ini akan menelan biaya antara 100 triliun hingga 120 triliun rupiah untuk menyediakan pola makan yang seimbang dan sehat, kata Budiman Sutjadmiko, anggota senior dewan pakar Prabowo, tanpa memberikan rincian lebih lanjut.

Tim Prabowo memperkirakan pada tahap akhir, kebutuhan tahunannya adalah 6,7 juta ton beras, 1,2 juta ton ayam, 500.000 ton daging sapi, 1 juta ton ikan, 4 juta kiloliter susu, serta sayur-sayuran dan buah-buahan. , kata Budiman.

Budiman mengatakan, desain proyek saat ini mencakup kerja sama dengan koperasi petani dan usaha kecil, yang selanjutnya dapat menekan total biaya proyek. Investor mengamati dengan cermat detail proyek tersebut.

Gubernur Bank Indonesia Perry Warjio ditanya tentang risiko yang ditimbulkan oleh rencana fiskal ekspansif oleh pemerintahan baru dalam konferensi investor reguler pada hari Rabu, yang ia selenggarakan setelah bank sentral memutuskan untuk mempertahankan suku bunga tidak berubah pada pertemuan kebijakannya.

Undang-undang yang melarang defisit fiskal tahunan Indonesia melebihi 3% PDB akan memastikan pengelolaan kebijakan fiskal yang bijaksana, kata Vargeo. ($1 = 15.630.0000 rupee)

(Laporan Ananda Theresia dan Stefano Sulaiman; Ditulis oleh Gayatri Suryo)

Penafian: Laporan ini dibuat secara otomatis dari layanan berita Reuters. ThePrint tidak bertanggung jawab atas kontennya.