Polisi Bebaskan 32 Mahasiswa yang Sempat Ditahan Karena Ricuh Saat Unjuk Rasa di Kantor DPRD Kalsel

Aliansi Mahasiswa KAlimantan Selatan berkumpul di depan Mapolresta Banjarmasin Polda Kalsel Sumber: Kumparan.com

Banjarmasin, Semarak.News Р Menindaklanjuti adanya 38 mahasiswa yang diamankan pihak kepolisian, kini Ratusan mahasiswa yang tergabung dalam Aliansi Mahasiswa Kalimantan Selatan ganti berkumpul di Mapolresta Banjarmasin Polda Kalsel.

Aliansi Mahasiswa Kalimantan Selatan berkumpul di Mapolresta Banjarmasin untuk menuntut pembebasan 38 Mahasiswa anggota Aliansi Mahasiswa Kalimantan Selatan yang sebelumnya ketika melakukan aksi unjuk rasa di depan gedung DPRD diamankan oleh pihak kepolisian Polresta Banjarmasin.Sebelumnya, anggota Aliansi Mahasiswa Kalimantan Selatan melakukan unjuk rasa ke kantor DPRD Provinsi Kalimantan Selatan, pada Jumat sekitar pukul 11.30 Wita.

Aksi unjuk rasa Aliansi Mahasiswa Kalimantan Selatan di depan kantor DPRD Provinsi Kalimantan Selatan tersebut, menyampaikan delapan tuntutan yang di antaranya meminta turunkan Presiden Jokowi dan harga BBM. Namun karena sambutan pejabat anggota DPRD Provinsi Kalimantan Selatan tidak memuaskan maka massa pun langsung merengsek ke dalam kantor.

Tidak hanya berusaha merengsek masuk kantor DPRD Provinsi Kalimantan Selatan, sejumlah mahasiswa juga melakukan pengrusakan sehingga memicu keributan antara petugas dan mahasiswa. Atas kejadian tersebut, 38 peserta aksi unjuk rasa dari aliansi mahasiswa Kalimantan Selatan terpaksa diamankan apparat keamanan dari Polresta Banjarmasin.

Sekitar pukul 18.00 Wita akhirnya Polresta Banjarmasin Polda Kalimantan Selatan memenuhi tuntutan puluhan pemuda yang mengatasnamakan Aliansi Mahasiswa Kalimantan Selatan, Namun dari tuntutan pembebasan 38 anggota Aliansi Mahasiswa Kalimantan Selatan, pihak Kepolisian Banjarmasin mewujudkan tuntutan mereka hanya dengan membebaskan 32 mahasiswa yang sebelumnya diduga melakukan pengerusakan di kantor DPRD Banjarmasin.

Sedangkan enam orang lainnya dari Aliansi Mahasiswa Kalimantan Selatan masih diamankan kepolisian Banjarmasin, enam orang anggota Aliansi Mahasiswa Kalimantan Selatan yang masih di tahan terdiri dari Muhammad Iwan, Muhammad Jimmy, Abdul Hakim, Habibi Nurkarim, Andri BP, dan Iqbal, mereka masih ditahan oleh pihak Kepolisian Banjarmasin karena masih akan menjalani pemeriksaan selama 1×24 jam.

Setelah 32 orang dari Aliansi Mahasiswa Kalimantan Selatan di bebaskan, massa yang berkumpul di depan Mapolresta Banjarmasin Polda Kalsel membubarkan diri sesuai kesepakatan antara koordinator aksi dan pihak kepolisian Banjarmasin.(RNRP)

TINGGALKAN BALASAN