Maret 3, 2024

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Polandia mengatakan rudal Rusia memasuki wilayah udaranya lalu meninggalkannya – DW – 29/12/2023

Polandia mengatakan rudal Rusia memasuki wilayah udaranya lalu meninggalkannya – DW – 29/12/2023

Sebuah rudal jelajah Rusia sempat memasuki wilayah udara Polandia dan terbang sekitar 40 kilometer (sekitar 25 mil) di atas wilayah Warsawa pada Jumat pagi, menurut pejabat tinggi militer negara itu.

Ini terjadi pada a Serangan udara skala besar Rusia ke Ukraina Serangan ini juga menargetkan daerah-daerah di bagian barat negara dekat perbatasan dengan Polandia, termasuk kota Lviv.

Tentara Polandia awalnya hanya melaporkan adanya benda tak dikenal yang memasuki wilayah udaranya, tanpa menyebutkan benda apa itu atau apa yang terjadi padanya.

“Semuanya menunjukkan bahwa rudal Rusia memasuki wilayah udara Polandia… dan juga meninggalkan wilayah udara kami,” Jenderal Wieslaw Kokula, Kepala Staf Umum Angkatan Bersenjata Polandia, mengatakan kepada wartawan pada Jumat malam.

Warsawa memanggil Kuasa Usaha Rusia

Pada Jumat malam, Polandia memanggil Kuasa Usaha Rusia dan meminta klarifikasi mengenai pelanggaran tersebut.

Kementerian Luar Negeri Polandia mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa mereka juga menyerukan penghentian segera kegiatan-kegiatan tersebut.

Setelah pembicaraan, kuasa usaha Rusia di Warsawa dikutip mengatakan bahwa Polandia tidak memberikan bukti pelanggaran perbatasan oleh rudal Rusia.

“Saya menyerahkan sebuah memorandum berisi klaim tidak berdasar bahwa pada pagi hari tanggal 29 Desember, sebuah benda di udara melanggar wilayah udara Polandia, yang oleh para ahli Polandia diidentifikasi sebagai peluru kendali Rusia,” diplomat Andrzej Ordash seperti dikutip oleh kantor berita RIA Novosti.

“Tidak ada bukti yang diberikan. Permintaan saya untuk memberikan bukti dokumenter tentang isi memo itu ditolak.”

Apa lagi yang dikatakan tentara?

Jenderal Maciej Klisch, kepala operasi Angkatan Bersenjata Polandia, mengatakan rudal tersebut tetap berada di wilayah udara negara tersebut selama sekitar tiga menit, dan militer yakin rudal tersebut menyeberang kembali ke Ukraina ketika menghilang dari radar.

READ  Menteri Luar Negeri Tiongkok mengatakan upaya menjauhkan negaranya dari perdagangan adalah kesalahan bersejarah

“Seluruh jalur penerbangan dipantau di wilayah Polandia,” kata Klich. “Saat ini, skenario yang saya rekomendasikan adalah rudal tersebut meninggalkan wilayah udara Polandia,” tambahnya.

Dia menambahkan bahwa tidak ada tindakan yang diambil terhadap proyektil tersebut.

“Kami mengirimkan pasukan dan pesawat tempur kami untuk mencegatnya dan menembak jatuhnya jika perlu, namun durasi dan arah penerbangan… membuat hal itu tidak mungkin dan membiarkan rudal tersebut meninggalkan wilayah Polandia,” kata Klich.

Tentara juga melakukan pencarian darat di sekitar titik di mana kontak radar dengan proyektil hilang, dalam upaya untuk memperkuat keyakinannya bahwa proyektil tersebut tidak mengenai wilayah Polandia.

Dewan Keamanan Nasional bertemu di Warsawa

Menteri Pertahanan Wladyslaw Kosiniak-Kamysh mengatakan sebelumnya pada hari Jumat bahwa dia telah menghubungi presiden, perdana menteri dan tentara untuk mengkonfirmasi rinciannya.

Kantor Presiden Andrzej Duda juga membagikan foto pertemuan darurat antara politisi dan militer.

Pada November 2022, dua orang tewas di perbatasan Polandia dengan Ukraina dalam sebuah ledakan. Dalam kasus ini, ternyata memang demikian Rudal pertahanan udara Ukraina tersesat.

ms/mm (AFP, dpa, Reuters)