April 21, 2024

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Pihak berwenang Ekuador dan Peru memperkirakan kerusakan setelah gempa yang menewaskan sedikitnya 15 orang itu

Pihak berwenang Ekuador dan Peru memperkirakan kerusakan setelah gempa yang menewaskan sedikitnya 15 orang itu

(Reuters) – Pihak berwenang Ekuador dan Peru bekerja pada Minggu untuk mengatasi kerusakan akibat gempa kuat yang mengguncang wilayah itu sehari sebelumnya, menyebabkan sedikitnya 15 orang tewas dan ratusan lainnya luka-luka.

Gempa berkekuatan 6,8 skala Richter melanda provinsi pantai Guayas di Ekuador pada Sabtu siang, dengan penduduk melaporkan gemetar di sebagian besar negara serta di kota-kota perbatasan utara Peru.

“Tujuan kami adalah mengambil tindakan segera untuk membuat kami kembali normal,” kata Presiden Guillermo Lasso dalam sebuah video pada Minggu malam. “Anda mendapat dukungan penuh saya untuk memperbaiki semua kerusakan secepat mungkin, yang mana Kementerian Keuangan telah mengalokasikan sumber daya yang diperlukan.”

Laso melaporkan 14 kematian, serta lebih dari 460 orang terluka. Dia mengatakan 89 rumah hancur dan 192 lainnya rusak. Ia mencontohkan puluhan puskesmas dan satuan pendidikan juga mencatat jejak.

Dia mengatakan pemerintah telah membuat voucher sewa rumah dan akan mendapatkan rumah di mana keluarga yang kehilangan tempat tinggal dapat tinggal.

Sekretariat Manajemen Risiko mengatakan telah mengirim tim ke pulau Buna Minggu pagi, dekat pusat gempa, untuk menilai kebutuhan dan memberikan bantuan kemanusiaan.

Perusahaan minyak negara, Petroecuador, melaporkan bahwa gangguan listrik mempengaruhi enam ladang minyak, yang mengurangi produksi sekitar 17.400 barel minyak.

Petroecador mengatakan anjungan lepas pantai di dekat pusat gempa juga mengalami kerusakan, menyebabkan kerusakan mesin, sehingga menurunkan produksi untuk sementara. Perusahaan menghitung kerugian produksi lebih dari 20,5 juta kaki kubik per hari.

READ  Wordle 355 Jun 9 Petunjuk - Wordle hari ini terlalu sulit? PETUNJUK bebas spoiler UNTUK MEMBANTU MENEMUKAN JAWABAN | Game | hiburan

Otoritas Peru melaporkan satu kematian, empat rumah roboh dan lima lainnya tidak dapat dihuni, sementara layanan dasar dan infrastruktur transportasi tidak rusak.

Selama pesan hari Minggu, Paus Francis mengirimkan belasungkawa atas kerugian dan “semua orang yang menderita” dari gempa tersebut. Pemerintah lain, termasuk Chili dan Kuba, telah mengirimkan pesan solidaritas.

Ekuador dan Peru adalah bagian dari apa yang disebut Cincin Api Pasifik, wilayah luas yang mengelilingi Samudera Pasifik di mana sering terjadi benturan antar lempeng benua.

Pelaporan tambahan oleh Alexandra Valencia di Ekuador, Fabian Campero di Santiago dan Jackie Potts di Mexico City; Diedit oleh Matthew Lewis dan Jerry Doyle

Standar kami: Prinsip Kepercayaan Thomson Reuters.