November 27, 2022

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

PHK Twitter: Twitter Elon Musk memangkas pekerjaan di seluruh perusahaan

PHK Twitter: Twitter Elon Musk memangkas pekerjaan di seluruh perusahaan



Bisnis CNN

Twitter pada hari Jumat memberhentikan karyawan di departemen di seluruh perusahaan, dalam putaran pemotongan biaya yang tajam yang dapat mengubah cara salah satu platform paling berpengaruh di dunia beroperasi satu minggu setelah diakuisisi oleh miliarder Elon Musk.

Beberapa karyawan Twitter mulai memposting di platform Kamis malam dan Jumat pagi bahwa mereka telah dilarang dari akun email perusahaan mereka sebelum pemberitahuan PHK yang direncanakan. Beberapa juga membagikan hati biru dan emoji salam yang menunjukkan bahwa mereka tidak ada perusahaan.

Pada Jumat pagi, karyawan Twitter dari departemen termasuk AI etis, pemasaran, komunikasi, penelitian, kebijakan publik, kesehatan, dan tim lain telah men-tweet tentang ditinggalkan. Anggota tim penyelenggara, yang membantu meningkatkan tingkat informasi yang dapat diandalkan di platform, termasuk tentang pemilihan, juga telah diberhentikan, menurut pos staf.

“Anda baru saja keluar dari laptop kerja jarak jauh saya dan dihapus dari Slack,” kata seorang karyawan Twitter di platform tersebut. “Sangat menyedihkan bahwa itu berakhir seperti ini.”

Karyawan lain mengatakan dia dan anggota tim hak asasi manusia Twitter lainnya telah diberhentikan. Karyawan tersebut menambahkan bahwa dia bangga dengan kerja tim “untuk melindungi mereka yang berisiko dalam konflik dan krisis global termasuk Ethiopia, Afghanistan dan Ukraina, dan untuk mengadvokasi kebutuhan mereka yang secara khusus berisiko mengalami pelanggaran hak asasi manusia berdasarkan tindakan mereka. hubungan sosial dan kehadiran media, seperti jurnalis dan pembela hak asasi manusia.”

Simon Balmain, mantan manajer komunitas Twitter yang diberhentikan pada hari Jumat, mengatakan dalam sebuah wawancara dengan CNN bahwa dia kehilangan akses ke Slack, email, dan sistem internal lainnya sekitar 8 jam sebelum menerima email pada Jumat pagi yang secara resmi memberi tahu dia bahwa itu benar. Dipecat. Dia menambahkan bahwa email yang dikeluarkan “tidak memberikan perincian aktual” tentang mengapa dia pergi.

“Gelombang gangguan dan frustrasi dan semua hal ini sepenuhnya diredakan oleh solidaritas ekstrem yang kami lihat dari orang-orang yang berada di perusahaan, orang-orang yang berada dalam situasi yang sama, dan orang-orang yang telah meninggalkan perusahaan dalam beberapa tahun terakhir. ,” kata Balmain. “Ini seperti jaringan pendukung raksasa, yang benar-benar menakjubkan.”

Seorang karyawan Twitter yang diberhentikan mengatakan kepada CNN Jumat bahwa beberapa pekerja merasa nyaman diberhentikan. “Bagi saya, merasa aman adalah hukuman,” kata karyawan itu.

Sementara karyawan Twitter memposting tentang PHK mereka, Musk muncul Jumat untuk wawancara ramah di konferensi investor dan berbicara tentang membuat mobil listrik yang lebih murah dan ambisinya untuk pergi ke Mars. Selama wawancara, Musk berkata tentang Twitter, “Saya mencoba keluar dari kesepakatan,” tetapi kemudian menambahkan, “Saya pikir ada sejumlah besar potensi … dan saya pikir itu bisa menjadi salah satu perusahaan paling berharga di dunia. dunia.”

Pewawancara mengatakan Musk telah memberhentikan “setengah dari Twitter” dan Musk mengangguk, meskipun dia tidak mengomentari komentar tersebut. Dia tampaknya membingkai PHK yang diperlukan untuk perusahaan yang, seperti perusahaan media sosial lainnya, menghadapi “tantangan pendapatan” sebelum akuisisi karena pengiklan memikirkan kembali pengeluaran di tengah kekhawatiran resesi.

Musk juga mengatakan bahwa “sejumlah pengiklan besar berhenti belanja di Twitter” pada hari-hari setelah akuisisi selesai.

Tidak jelas berapa banyak karyawan Twitter yang telah atau akan diberhentikan. Twitter memiliki sekitar 7.500 pekerja sebelum pengambilalihan Musk. Dalam beberapa hari terakhir, ada laporan bahwa Twitter dapat memangkas 25% hingga 50% stafnya karena Musk memikirkan kembali cara kerja platform dan mencoba meningkatkan laba perusahaan setelah mengamankan pembiayaan utang yang signifikan untuk mendanai akuisisi $44 miliar.

Email yang dikirim Kamis malam memberi tahu karyawan bahwa mereka akan menerima pemberitahuan pada pukul 12 malam ET pada hari Jumat yang memberi tahu mereka tentang status pekerjaan mereka.

“Jika bisnis Anda tidak terpengaruh, Anda akan menerima pemberitahuan melalui email Twitter Anda,” kata salinan email yang diperoleh CNN. “Jika pekerjaan Anda terpengaruh, Anda akan menerima pemberitahuan tentang langkah selanjutnya melalui email pribadi Anda.”

Email tersebut menambahkan bahwa untuk “membantu memastikan keamanan” karyawan dan sistem Twitter, kantor perusahaan akan ditutup sementara dan akses ke semua lencana akan ditangguhkan. ”

Email diakhiri dengan mengakui bahwa itu akan menjadi “pengalaman yang sangat menantang” bagi tenaga kerja.

Beberapa karyawan Twitter mengajukan gugatan class action Kamis malam menuduh bahwa Twitter melanggar Federal Notice Act dan California Workers’ Amendment and Retraining Act (WARN Act) setelah beberapa karyawan diberhentikan.

WARN mengharuskan pemberi kerja dengan lebih dari 100 karyawan untuk memberikan pemberitahuan tertulis 60 hari sebelumnya sebelum PHK massal “mempengaruhi 50 atau lebih karyawan di satu tempat kerja.”

“Elon Musk, orang terkaya di dunia, telah menjelaskan bahwa dia percaya kepatuhan terhadap undang-undang perburuhan federal adalah ‘sembrono,'” pengacara Shannon Lees Riordan, yang mengajukan gugatan, mengatakan dalam sebuah pernyataan kepada CNN. pengabaian hak-hak mereka.”

Departemen Pengembangan Ketenagakerjaan California mengkonfirmasi kepada CNN bahwa tidak ada pemberitahuan WARN yang ditayangkan oleh Twitter pada Jumat tengah hari.

Secara terpisah, pengacara lain mengatakan kepada CNN pada hari Jumat bahwa mereka telah mulai menerima pertanyaan dari karyawan Twitter yang mempertanyakan apakah pemutusan hubungan kerja mereka diskriminatif atau pembalasan yang melanggar hukum.

“Mantan karyawan Twitter telah menghubungi kami tentang PHK mereka dan keadaan mereka, jadi kami mencari semua masalah – setelah pemberitahuan yang tepat – untuk memastikan bahwa karyawan tersebut tidak diberhentikan karena keanggotaan mereka di kelas yang dilindungi,” kata Chunykwa Young , mitra di firma hukum Outten & Golden.

Selain potensi tuntutan hukum atas pemutusan hubungan kerja, pakar hukum lainnya mengatakan bahwa penanganan Musk terhadap pemotongan tersebut dapat menimbulkan masalah lain baginya di masa depan – baik dalam hal menarik bakat masa depan maupun dalam menjaga kepuasan pekerja yang tersisa.

“Begitu Anda memperlakukan orang dengan cara ini, mereka akan mengingatnya,” kata Terry Gerstein, seorang rekan di Work, Work Life and Economic Policy Institute di Harvard Law School. “Dari orang-orang yang tersisa, pasti tidak ada dari mereka yang merasa aman dalam pekerjaan mereka, dan saya akan terkejut jika orang-orang yang tersisa tidak memperbarui resume mereka sekarang atau berbicara satu sama lain tentang memulai serikat pekerja.”

Musk memulai masa jabatannya di Twitter dengan memecatnya CEO Parag Agrawal dan dua CEO lainnyamenurut dua orang yang mengetahui keputusan tersebut.

Dan itu dalam waktu kurang dari seminggu sejak penangkapan mengakuisisi perusahaanC. sayap Tampaknya hampir sepenuhnya terhapus, melalui kombinasi pemberhentian dan pengunduran diri. musk juga meleleh Mantan Dewan Direksi Twitter.

Beberapa karyawan pada hari Jumat menyimpulkan perasaan mereka dengan tagar #LoveWhereYouWorked, permainan tegang yang sering digunakan oleh karyawan Twitter.

– Brian Fong dan Sean Nottingham berkontribusi pada laporan ini

READ  Kontraksi ekonomi sebesar 0,1% pada kuartal kedua