November 29, 2022

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Perusahaan Indonesia dan Jepang menandatangani MoU untuk pasokan biomassa

JAKARTA (ANTARA) – KBRI Jepang memfasilitasi penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) antara PPT Energy Trading (PPT ET) Jepang dengan PT. Menteri Perindustrian Agro, dan PT Inti Persada Indonesia untuk pasokan biomassa.

Selain itu, KBRI Fukuoka, Jumat, juga telah menandatangani nota kesepahaman antara PT Riu Mamba Karya Sentosa dengan PT Alam Bumi Cemerlang di Fukuoka, Jepang untuk melakukan studi pendirian pabrik wood pellet.

“KBRI Tokyo selalu siap menjadi jembatan untuk berbagai peluang kerjasama,” kata Duta Besar RI untuk Jepang Heri Ahmadi dalam keterangannya, Sabtu.

Indonesia diberkahi dengan keanekaragaman hayati yang melimpah. Dia mencatat bahwa negara ini adalah salah satu pengekspor produk kayu terbesar di dunia, dengan sektor kehutanan yang besar.

Ekspor cangkang sawit Indonesia ke negara lain seperti Jepang untuk bahan baku biomassa juga menunjukkan tren yang meningkat, lanjutnya.

Tren peningkatan ini memberikan peluang besar bagi kerja sama antara Indonesia dan Jepang, khususnya di sektor energi terbarukan. Melalui upaya bersama, kedua negara dapat mencapai tujuan netralitas karbon mereka.

Ahmadi meyakini dengan komitmen pemerintah untuk mengkonversi pembangkit listrik tenaga diesel (PLTD) menjadi pembangkit listrik tenaga biomassa (PLTBm) dan tingginya permintaan biomassa di Jepang, peluang kerjasama di bidang energi terbuka lebar.

Presiden Kyutenko Corporation Matsuji Nishimura juga menggarisbawahi pentingnya rencana pengembangan energi terbarukan untuk dekarbonisasi sejalan dengan komitmen Jepang.

Untuk itu, dia merasa kerjasama dengan Indonesia yang memiliki kawasan hutan tanaman energi yang sangat luas sangat penting.

Sementara itu, Agus Witjaksono, Presiden Direktur Pertamina East Asia, mengatakan kerja sama akan fokus pada bioenergi karena Indonesia memiliki sumber daya biomassa yang besar untuk pasar Jepang.

READ  Sampah Anda untuk Buku Kami: Perpustakaan Indonesia Ciptakan Literasi Dari Sampah

“Dengan ditandatanganinya Nota Kesepahaman antara PPT Energy Trading dengan mitra Indonesia, kami berharap dapat memberikan kontribusi lebih untuk pasokan biomassa dari Indonesia ke Jepang,” ujarnya.

Berita Terkait: Pemerintah mengatakan program konversi biomassa akan meningkatkan bauran EBT
Berita Terkait: Indonesia, Korea Selatan sedang mengembangkan bioenergi