Januari 27, 2023

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Pertempuran menjulang di Ukraina timur, sebuah kuburan ditemukan di sebuah kota dekat Kyiv

Pertempuran menjulang di Ukraina timur, sebuah kuburan ditemukan di sebuah kota dekat Kyiv

  • Makam seorang warga sipil ditemukan di dekat Kyiv, kata seorang pejabat
  • Zelensky mendesak embargo minyak, mencari senjata
  • Johnson menjanjikan kendaraan dan rudal anti-kapal
  • Gubernur mengatakan sembilan kereta siap dievakuasi di timur

BUZOVA, Ukraina (Reuters) – Sebuah kuburan dengan setidaknya dua mayat warga sipil telah ditemukan di desa Buzova dekat Kyiv, dalam kuburan terbaru yang dilaporkan setelah pasukan Rusia mundur dari daerah utara ibukota untuk fokus pada mereka, kata seorang pejabat Ukraina. . menyerang ke timur.

Taras Dedic, kepala komunitas Dmitrievka yang mencakup Buzova, sebelumnya mengatakan kepada televisi Ukraina bahwa sebuah kuburan dengan puluhan mayat telah ditemukan di sebuah lubang dekat sebuah pompa bensin.

“Saat ini, saat kami berbicara, kami sedang menggali mayat dua penduduk desa yang terbunuh. Rincian lainnya saya tidak bisa mengungkapkannya,” kata Dedic kepada Reuters melalui telepon.

Daftar sekarang untuk mendapatkan akses gratis tanpa batas ke Reuters.com

“Ada orang lain yang tidak bisa kita temukan. Mereka bisa berada di tempat yang berbeda, tapi itu tidak mengurangi rasa sakit kehilangan orang yang dicintai.”

Reuters tidak segera dapat mengkonfirmasi berita tersebut.

Korban sipil yang meningkat menyebabkan kecaman internasional yang meluas dan sanksi baru, terutama untuk ratusan kematian di kota Bucha, barat laut Kyiv yang sampai lebih dari seminggu telah diduduki oleh pasukan Rusia.

Moskow telah menolak tuduhan oleh Ukraina dan negara-negara Barat tentang kejahatan perang. Ia membantah menargetkan warga sipil dalam apa yang digambarkan sebagai “operasi khusus” untuk melucuti senjata dan “melucuti” tetangga selatannya. Ukraina dan negara-negara Barat menganggap ini sebagai alasan perang yang tidak berdasar.

Rusia telah gagal merebut kota-kota besar sejak invasi 24 Februari, tetapi Ukraina mengatakan Rusia mengerahkan pasukan di timur untuk melakukan serangan besar-besaran dan telah mendesak orang-orang untuk melarikan diri.

READ  Harris mengatakan komitmen AS untuk NATO adalah "tegas" karena bertujuan untuk meyakinkan sekutu Rumania

Kementerian Pertahanan Inggris mengatakan Rusia sedang berusaha untuk membuat koridor darat dari Krimea, yang dicaploknya pada tahun 2014, dan wilayah Donbass timur, yang sebagian dikendalikan oleh separatis yang didukung Moskow.

Dalam pembaruan intelijen reguler pada hari Minggu, dikatakan angkatan bersenjata Rusia juga mencari untuk meningkatkan jumlah pasukan dengan personel yang telah diberhentikan dari dinas militer sejak 2012.

Citra satelit yang dirilis oleh perusahaan swasta AS Maxar pada 8 April menunjukkan kendaraan lapis baja dan truk dalam konvoi militer bergerak ke selatan menuju Donbass melalui sebuah kota 100 kilometer (62 mil) timur Kharkiv.

Beberapa kota di timur berada di bawah pengeboman berat dan puluhan ribu tidak dapat mengungsi.

Presiden Volodymyr Zelensky mengatakan dalam pidatonya pada Sabtu malam bahwa penggunaan kekuatan Rusia adalah “bencana yang pasti akan menyerang semua orang”.

Dia mengatakan Ukraina siap untuk memperjuangkan kemenangan karena mencari akhir diplomatik untuk perang, dan memperbaharui seruannya kepada sekutu Barat untuk embargo lengkap pada produk energi Rusia dan lebih banyak senjata untuk Ukraina.

Perdana Menteri Inggris Boris Johnson bertemu Zelensky di Kyiv pada hari Sabtu dan menjanjikan kendaraan lapis baja dan sistem rudal anti-kapal bersama dengan dukungan dari pinjaman Bank Dunia dan komitmen Inggris untuk menjauh dari penggunaan bahan bakar fosil Rusia. Baca lebih banyak

READ  Prancis, Jerman, dan Spanyol setuju untuk memajukan pengembangan pesawat perang FCAS-Berlin

Uni Eropa, yang pada Jumat melarang impor batu bara Rusia di antara produk lainnya, tidak menyentuh impor minyak dan gas dari Rusia. Baca lebih banyak

Dan Ukraina sendiri pada Sabtu malam mengumumkan larangan penuh atas impor dari Rusia, mitra dagang utamanya sebelum perang, dengan impor tahunan sekitar enam miliar dolar.

“Anggaran musuh tidak akan menerima dana ini, yang akan mengurangi kemampuannya untuk membiayai perang,” tulis Menteri Ekonomi Yulia Svirenko di Facebook.

Johnson adalah pemimpin asing terakhir yang mengunjungi Kyiv setelah pasukan Rusia menarik diri dari wilayah itu, menandai kembalinya keadaan normal di ibu kota. Italia mengatakan pihaknya berencana untuk membuka kembali kedutaannya bulan ini.

Sembilan kereta

Tetapi di timur, seruan pejabat Ukraina agar warga sipil melarikan diri menjadi lebih mendesak setelah sebuah rudal menghantam stasiun kereta api di kota Kramatorsk di wilayah Donetsk, yang dipenuhi wanita, anak-anak dan orang tua yang berusaha keluar.

Pejabat Ukraina mengatakan lebih dari 50 orang tewas dalam serangan hari Jumat.

Rusia membantah bertanggung jawab, dengan mengatakan rudal yang digunakan dalam serangan itu hanya digunakan oleh militer Ukraina. Amerika Serikat mengatakan pihaknya yakin pasukan Rusia bertanggung jawab.

Reuters tidak dapat memverifikasi rincian serangan itu.

Gubernur wilayah itu, Serhiy Gaidai, menulis di layanan pesan Telegram bahwa penduduk wilayah Luhansk akan memiliki sembilan kereta pada hari Minggu untuk berangkat.

Invasi Rusia memaksa sekitar seperempat dari 44 juta orang Ukraina meninggalkan rumah mereka, dengan lebih dari 4 juta orang melarikan diri ke luar negeri, mengubah kota menjadi puing-puing dan membunuh atau melukai ribuan orang.

(Laporan oleh kantor Reuters) Penulisan oleh Michael Berry dan Tomasz Janowski Penyuntingan oleh Robert Persell dan Frances Kerry

Kriteria kami: Prinsip Kepercayaan Thomson Reuters.