Mei 28, 2024

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Pertempuran meningkat di Kharkiv dengan Rusia mengumumkan masuknya pasukannya ke Vovchansk

Pertempuran meningkat di Kharkiv dengan Rusia mengumumkan masuknya pasukannya ke Vovchansk

Komentari foto tersebut, Petugas medis militer merawat seorang tentara Ukraina yang terluka, di tengah serangan Rusia ke Ukraina, dekat kota Vovchansk

  • pengarang, Doug Faulkner
  • Peran, berita BBC

Rusia mengklaim pasukannya memasuki kota perbatasan timur laut Vovchansk, dekat Kharkiv, kota terbesar kedua di Ukraina.

Ukraina mengatakan masih ada pertempuran sengit yang terjadi di sana.

Rusia mengintensifkan serangannya di wilayah tersebut setelah serangan mendadak lintas batas pada hari Jumat, merebut setidaknya sembilan desa dan permukiman dalam salah satu serangan darat paling signifikan sejak invasi besar-besaran ke Ukraina pada Februari 2022.

Ribuan warga sipil telah melarikan diri menuju Kharkiv, dan ada kekhawatiran di antara para pemimpin Ukraina tentang apa yang akan terjadi jika pasukan Rusia berhasil mencapai jangkauan artileri kota tersebut.

Militer Ukraina mengatakan Rusia mengerahkan “kekuatan signifikan” – hingga lima batalyon – dalam serangan terbarunya, dan mengakui bahwa mereka telah mencapai “keberhasilan taktis”.

Namun tentara mengklaim dalam sebuah pernyataan bahwa Rusia kehilangan lebih dari 100 tentara dalam satu hari, dan menambahkan bahwa mereka mengambil langkah-langkah untuk mengusir pasukan yang maju.

Kota Vovchansk, yang terletak 74 kilometer (45 mil) dari Kharkiv, mengalami pemboman besar-besaran dalam beberapa hari terakhir, dan para pejabat di daerah sekitarnya mengatakan Moskow kini menargetkan permukiman dengan bom luncur.

Meskipun merupakan kota penting di wilayah tersebut, Vovchansk tidak memiliki kepentingan militer tertentu, meskipun penaklukannya akan menjadi pukulan bagi moral Ukraina.

Dia mengatakan kepada televisi lokal bahwa pasukan Ukraina menghalangi pasukan Rusia, namun memperingatkan bahwa pertempuran dapat menyebar ke pemukiman baru, menurut Reuters.

Hampir 6.000 orang dievakuasi dari daerah tersebut, tambahnya, seraya menambahkan bahwa 30 pemukiman menjadi sasaran tembakan mortir atau artileri.

Meskipun diyakini bahwa serangan lintas batas Rusia ini masih kecil kemungkinannya untuk dapat menguasai Kharkiv, pendekatan bertahap mereka terhadap garis depan baru di timur laut hanya menambah kecemasan di antara mereka yang tinggal di sana.

Kostyantin Timchenko, yang tinggal di Vovchansk, termasuk di antara mereka yang meninggalkan kota itu untuk mencari tempat yang relatif aman di Kharkiv, dan mengatakan dia terkejut dengan betapa sengitnya pertempuran tersebut.

Setengah kilometer jauhnya sudah ada pertempuran dengan senjata otomatis, katanya.

“Di tangan satunya [of the Vovcha River] Kita [Russians]Di sisi lain – milik kita.

“Tank-tank itu terus mendekat, menembak ke belakang dan kemudian pergi. Saya pikir itu akan baik-baik saja. Saya terkejut. Saya berharap saya mengetahui hal itu sebelumnya.”

Jauh dari Kharkiv, dua orang tewas dalam pemboman di kota Donetsk yang dikuasai Rusia di Ukraina timur, klaim wali kota yang ditunjuk Rusia.

Seorang gubernur setempat yang ditunjuk Moskow mengatakan setidaknya tiga orang tewas dalam serangan di kawasan industri di Krasnodon, yang dikenal sebagai Sorokin di Ukraina, bagian timur Ukraina yang dikuasai Rusia.

Ukraina tidak mengomentari kejadian ini.

Rusia juga mengatakan pihaknya menembak jatuh 31 drone Ukraina di beberapa wilayah semenanjung Krimea yang dicaploknya.

Sumber keamanan Ukraina mengatakan bahwa pasukan Ukraina mengebom sebuah stasiun minyak dan gardu listrik di Rusia barat.