Mei 28, 2022

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Pertempuran membayangi dengan gaun 'Wizard of Oz' senilai lebih dari $ 1,5 juta yang ditemukan di loker penyimpanan

Pertempuran membayangi dengan gaun ‘Wizard of Oz’ senilai lebih dari $ 1,5 juta yang ditemukan di loker penyimpanan

Lelang memorabilia Hollywood ini belum berakhir.

Seorang wanita Wisconsin telah dibawa ke pengadilan untuk menghentikan penjualan sepotong sejarah film yang telah lama hilang: gaun t-shirt putih dan biru yang dikenakan Judy Garland di “The Wizard of Oz” – yang bisa bernilai hingga $ 1,5 juta.

Pakaian ikonik, salah satu dari lima versi gaun yang dikenakan oleh Dorothy dari Garland pada tahun 1939 klasik, akan dilelang 24 Mei oleh Bonhams Di Los Angeles atas permintaan Catholic University of Washington, DC, di mana ia ditemukan Di kotak sepatu di dalam lemari penyimpanan tahun lalu.

“Saya hanya terkejut setelah sekian lama, itu ditemukan di sini, dan di sini dengan cepat dibawa ke rumah lelang,” kata Barbara Hartke, 81, kepada The Post.

Dia menambahkan, “Saya hanya ingin tahu siapa yang memiliki ini… Saya ingin melihat dokumennya.”

Dilengkapi dengan blus lengan pendek berwarna krem ​​burgundy dengan nama Garland tertulis pada label di bagian dalam, pakaian itu adalah hadiah dari aktris Mercedes McCambridge kepada paman Hartke, Pendeta Gilbert Hartke, yang terkenal dengan haknya sendiri. Pendeta dan profesor yang mendirikan Departemen Drama universitas, keluarga ini bersaing dalam gugatan $ 3 juta di pengadilan federal Manhattan. Tidak jelas bagaimana McCambridge memperoleh gaun itu.

Barbara Ann Hartke mengklaim dalam gugatan bahwa gaun itu milik pamannya, Pendeta Gilbert dari Hartke, yang meninggal pada 1986.
Eli Branson / @elifromchi

“Saya telah bertemu Mercedes McCambridge beberapa kali dan ingatan saya sebagian besar adalah kesukaannya pada Paman Jeb,” kenang Hartke. “Dia membantunya melawan alkoholisme. …itulah idenya, bahwa ini adalah hadiah yang sangat dia hargai.”

Pemenang Academy Award McCambridge, seorang kontemporer Garland mungkin paling dikenal di zaman modern Untuk menyuarakan iblis yang memiliki karakter Linda Blair di The Exorcist, Dia adalah seniman residen universitas dari tahun 1972 hingga 1973.

READ  'Uncharted' Tom Holland Puncaki Akhir Pekan Dengan $45 Juta - Batas Waktu

Gaun Wizard of Oz, salah satu dari hanya dua salinan lengkap dari kostum yang diketahui masih ada, mendapatkan perkiraan pra-lelang sebesar $800.000 hingga $1,2 juta. Saya pergi untuk sisa gaun Dorothy Lebih dari $1,5 juta pada tahun 2015.

Gaun itu, lengkap dengan blus lengan pendek berwarna krem ​​burgundy dan nama Garland tertulis di label di bagian dalamnya, adalah hadiah dari aktris Mercedes McCambridge kepada paman Hartke, Pendeta Gilbert Hartke.
Gaun itu, lengkap dengan blus lengan pendek berwarna krem ​​burgundy dan nama Garland tertulis di label di bagian dalamnya, adalah hadiah dari aktris Mercedes McCambridge kepada paman Hartke, Pendeta Gilbert Hartke.
Melalui Reuters, milik Bonhams

“Tidak ada upaya untuk menghubungi kami atau berkomunikasi dengan salah satu keluarga. Seperti ada, ditemukan di dalam kotak itu dan kemudian kami segera mulai balapan dan hanya itu. Apakah ada hal lain yang ditemukan?” tanya Hartke, seorang pensiunan. Guru Sekolah Umum Chicago.

Pastor Hartke, anak bungsu dari tujuh bersaudara yang dibesarkan di North Side of Chicago, meninggal pada tahun 1986 pada usia 79 tahun karena penyakit jantung. Dulu Seorang tokoh terkenal di Washington, D.C.menasihati presiden dari Harry Truman hingga Jimmy Carter, dan mengarahkan kritikus teater masa depan Walter Kerr dan aktor seperti Jon Voight dan Henry Gibson.

Sudah beberapa hari angin puyuh bagi keluarga Hartke yang tersisa, yang mengetahui lelang gaun itu melalui laporan berita, kata keponakannya Tony Lyman.

“Kami sekarang hanya fokus pada, ‘Apa itu kepemilikan?'” kata Lyman, 60 tahun. “

Pengacara Anthony Scordo mengatakan Universitas Katolik “hanya mengabaikan keluarga di sini”.

Pihak kampus bersikeras kepada The Post bahwa itu adalah “pemilik sah gaun itu… Aktris Mercedes McCambridge menyumbangkan gaun itu kepada Ayah. Hartke sebagai Profesor Drama di Universitas Katolik.”

dia bermaksud [was] Untuk menyumbangkan gaun itu untuk mendukung mahasiswa drama di Universitas Katolik. … Keputusan untuk melelang gaun itu dibuat untuk mendukung para siswa.”

Universitas menambahkan bahwa Pastor Hartke, sebagai seorang imam Ordo Dominikan, “mengambil sumpah kemiskinan. Dia bersumpah untuk tidak menerima atau menerima hadiah apa pun sebagai milik pribadinya, dan pada saat kematiannya dia tidak memiliki barang-barang nyata di dalam miliknya. perkebunan.”

READ  Jason Momoa dan Lisa Bonet Dikabarkan Berdamai - SheKnows

Barbara Hartke mengatakan tidak ada alasan untuk terburu-buru menjual.

“Itu tidak akan menguap,” katanya tentang gaun itu. “Saya pikir masuk akal bagi kami untuk memutuskan, ‘Pesan apa yang kami inginkan di sini? Apa penghargaan untuk Paman Jeb? Untuk kebaikannya serta Mercedes Cambridge dan orang-orang baik yang memengaruhinya. Saya pikir semua hal ini harus dipertimbangkan.”

Baik Universitas Katolik maupun Bonhams tidak menanggapi pesan yang meminta komentar.