Februari 25, 2024

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Pertahanan unik Sam Bankman akhirnya terbangun

Pertahanan unik Sam Bankman akhirnya terbangun

Dari para tersangka rekan konspirator Sam Bankman-Fried, Nishad Singh memberikan kesaksian yang paling menarik secara emosional. Dalam interogasi, dia juga terbukti tidak bisa dipercaya.

Kemarin, Singh mengutuk Bankman-Fried karena terus melakukan investasi yang sah meskipun mengetahui uang tersebut berasal dari dana klien, bahkan menyebut tindakan yang diambil di FTX “jahat.” Pembela mencatat hari ini bahwa Singh memperoleh pinjaman dari FTX untuk membeli rumah senilai $3.7 juta di Pulau Orcas di Washington. setelah Singh mengatakan dia menemukan penyalahgunaan dana nasabah.

Pengacara pembela Mark Cohen memulai tradisi hukum besar dalam memanggang saksi

Saya telah dua kali menulis tentang rasa frustrasi saya terhadap pembelaan Bankman-Fried, yang seringkali tampak berliku-liku dan membingungkan. Hari ini, mereka akhirnya dapat memberikan beberapa poin di papan tulis.

Sejauh ini, saksi-saksi dari pihak penuntut cukup kredibel, terutama Carolyn Ellison, mantan CEO Alameda. Pembela telah melakukan yang terbaik, berusaha membuat seolah-olah para konspirator Bankman-Fried hanya mencoba menyelamatkan diri mereka sendiri dengan mengorbankan Bankman-Fried. (Ketiganya telah mengaku bersalah atas berbagai kejahatan, menandatangani perjanjian kerja sama, dan sedang menunggu hukuman.) Tentu saja, pada tingkat tertentu, anggapan bahwa Singh mungkin melakukan penggelapan bahkan lebih buruk lagi bagi Bankman-Fried – Singh bukanlah orang yang suka uang; Seseorang Dia harus menyetujuinya. Namun sejauh ini tindakan ini adalah tindakan terbaik yang dilakukan pembela untuk melemahkan kredibilitas saksi.

Pengacara pembela Mark Cohen memulai tradisi hukum besar dalam memanggang saksi. Beberapa kritik tersebut dapat ditebak: Mengapa Singh mengomentari apakah pengeluaran sebesar $1 miliar untuk sponsorship adalah hal yang berlebihan, padahal ketika Singh menjabat sebagai kepala teknik, departemen tersebut jelas tidak melakukan pemasaran?

Cohen kemudian melakukan penggalian yang sangat bagus di gudang di Bahama. Miliarder dan jutawan (setidaknya di atas kertas) yang tinggal bersama sebagai teman sekamar secara objektif lucu; Salah satu teman sekamar yang disebutkan di atas secara resmi ditanyai apakah menurutnya tinggal di apartemen senilai $30 juta itu “sangat mahal” atau tidak itu lebih lucu.

Singh mengatakan dia tidak tahu apa yang normal bagi para miliarder, dan dia “merasa bingung mengenai hal itu.”

“Tapi saya tidak cukup bingung untuk mengungkapkannya,” kata Cohen.

Pembelaannya tidak jelas pada gagasan narasi kronologis

Setelah itu, Cohen kehilangan sebagian kekuatannya. Penuntut mempunyai cerita yang kuat, bahkan berhasil membawa kesaksian saksi ke puncak emosi. Sebaliknya, pembelaan tidak jelas mengenai konsep penceritaan kronologis. Hari ini kita telah melewatkan antara September 2022, Juni 2022, November atau Desember 2021, Oktober 2022, dan Agustus 2020. Dan karena saya berasumsi Anda juga hidup dalam timeline satu arah, saya akan menyajikan ringkasan saya sesuai urutannya. disajikan. . Saya juga akan mengabaikan tempat-tempat di mana Cohen mengayun dan meleset karena sejujurnya saya bosan menulis tentang aspek pertahanan yang sulit.

READ  Pembuat mesin Cummins memperbaiki dan mengganti 600.000 truk Ram dalam skandal kecurangan emisi senilai $2 miliar

Pada Juli 2019, Singh menulis kode untuk “allow_negative”, di bawah bimbingan Gary Wang, salah satu pendiri dan chief technology officer FTX, yang, seperti Singh, telah mengaku bersalah atas sejumlah kejahatan. Pada saat itu, Singh mengatakan dia memahami bahwa kode tersebut dimaksudkan untuk memungkinkan FTX mentransfer FTT, serta memperbarui beberapa fungsi terkait akuntansi.

Wang bersaksi bahwa fungsi kode ini adalah untuk memungkinkan Alameda Research, yang dimiliki oleh Wang dan Bankman Fried, untuk menarik dana, meskipun rekeningnya tidak memiliki uang.

Pada bulan Agustus 2020, FTX mengadakan acara pertamanya di mana tidak ada pembuat pasar, termasuk Alameda Research, yang dapat membantu menghapus akun tersebut. (Alameda tidak dapat melakukan intervensi karena jaminan telah habis.) Jadi yang terjadi selanjutnya adalah Pengurangan otomatis, yaitu sistem manajemen risiko berbeda yang membuat beberapa pedagang mengalami kerugian. Hal seperti ini cenderung membuat pelanggan tidak senang.

Saya bingung mengapa saya menghabiskan begitu banyak waktu dengan kesalahan ini

Sekarang saya akan memberi Anda beberapa latar belakang yang tidak dipahami juri dalam kesaksian ini. Kami telah mendengar sebelumnya – dari Wang dan Ellison – tentang jalur kredit senilai $65 miliar yang diberikan kepada Alameda. Tidak ada orang lain di platform yang memiliki akses ke jumlah uang ini, yang pada dasarnya tidak terbatas. Tapi di sini, untuk pertama kalinya, kita punya penjelasan yang masuk akal dan tidak bersifat kriminal Mengapa Perusahaan Alameda mengambil jalur kredit yang sangat besar: untuk menghindari kerugian bagi pelanggan lain melalui pengurangan utang otomatis. (Alameda akan selalu menerima pukulan tersebut, dan akan selalu memiliki cukup jaminan untuk melakukannya.) Singh tidak ingat apakah batas kredit Alameda telah dinaikkan saat ini, tetapi apakah jangka waktunya Melakukan Berbaris, ini penjelasan paling tidak memberatkan tentang batas kredit yang pernah saya dengar.

Hal ini tidak meniadakan fakta bahwa Bankman-Fried berulang kali meyakinkan publik bahwa Alameda yang melakukannya Tidak ada hak istimewa di FTX — yang kedengarannya seperti sebuah kebohongan besar — ​​namun hal ini membuat batasan kreditnya terlihat tidak terlalu buruk. Ini bukan apa-apa!

READ  Jackpot Powerball tumbuh hampir mencapai level rekor; Tidak ada pemenang pada hari Sabtu

Pada bulan November atau Desember 2021, Singh menyadari adanya kesalahan dalam sistem Alameda yang mengakibatkan perkiraan jumlah utang Alameda yang terlalu tinggi kepada FTX. Pada dasarnya, bug tersebut tidak melacak penarikan akun dengan benar, membuat jumlah hutang Alameda FTX tampak lebih besar dari sebelumnya. Saksi lain, Adam Yedediah, tampak prihatin dengan masalah ini namun Wang merasa lega karena “arah serangga itu aman,” kata Singh. Jika mereka meremehkan jumlah utang Alameda kepada FTX, hal itu akan menjadi perhatian yang lebih besar.

Pada Juni 2022, kesalahan tersebut telah menciptakan perbedaan sebesar $8 miliar antara jumlah sebenarnya utang Alameda kepada FTX, dan jumlah utang Alameda yang menurut akuntansi internal kepada FTX. Yedidia bersaksi sebelumnya ketika dia mengetahui bahwa Alameda berhutang banyak pada FTX, dan dia menjadi khawatir akan hal itu. Namun Singh mengatakan dia tidak khawatir pada saat itu, karena dia berasumsi Alameda memiliki aset untuk membayar kembali FTX.

Sayangnya, tidak ada gambar atau detail mengenai ukuran luas atau jumlah kamar tidur, jadi saya harus mencarinya selanjutnya

Saya bingung mengapa saya menghabiskan begitu banyak waktu dengan kesalahan ini. Dalam kasus Jedediah, ini menjelaskan apa yang dia ketahui dan mengapa dia mengetahuinya. Untuk semua orang? Satu-satunya hal yang dapat saya pikirkan adalah saya pikir kesalahannya begitu besar sehingga tidak ada yang tahu berapa banyak uang yang sebenarnya harus dibayarkan Alameda, kecuali jumlahnya lebih kecil sehingga Alameda mengeluarkan uang yang tidak dimilikinya. Namun hal tersebut tampaknya cukup lemah – terutama sejak Singh bersaksi tentang berbohong kepada auditor kemarin, dan minggu lalu, Ellison bersaksi bahwa dia mengada-ada. Tujuh Neraca palsu untuk dikirim ke pemberi pinjaman.

Singh mengaku dia tidak mengetahui bahwa Alameda Research menggunakan dana klien FTX hingga September 2022, namun pembelaan membuat saya meragukannya. Lagi pula, Yedidia telah mengumpulkan cukup banyak uang untuk merasa gugup tentang apa yang dilakukan Alameda dari menangani sendiri pemrograman eksploitasi, dan dia tidak melakukan apa pun yang mencurigakan seperti mentransfer uang dari akun Alameda ke akun “teman Korea”. (Saya masih tidak tahu apa masalahnya dengan nama pengguna “seoyuncharles88” dan saya mulai merasa kesal karena tidak ada yang menjelaskannya.)

READ  Elizabeth Warren menang ketika Amazon membatalkan kesepakatan iRobot dan memberhentikan 350 pekerja

Singh bersaksi bahwa pada bulan September, dia mengetahui bahwa uang tersebut tidak ada di sana. Saat itulah Cohen berbicara tentang rumah di Pulau Orcas, yang dibeli Singh pada Oktober 2022. (Sayangnya, tidak ada foto atau detail luas atau jumlah kamar tidur, jadi saya harus mencarinya selanjutnya: Enam kamar tidur, kolam renang, dan bak mandi air panas.) Dia meminjam $3,7 juta dari bursa FTX, meskipun kemarin dia memberikan kesaksian tentang upaya memperlambat apa yang dia pandang sebagai pengeluaran FTX yang sembrono. Saya pikir dia tidak melihat pengeluarannya sebagai hal yang remeh.

Kesaksiannya tidak begitu mengejutkan seperti kesaksian langsung Singh kemarin – kami tidak mendapatkan penceritaan kembali secara sinematik dari percakapan tersebut – dan kecenderungan Cohen untuk melompat-lompat tepat waktu membuat narasinya menjadi kurang jelas. Namun Rumah Pulau Orcas melemahkan otoritas moral Singh, membuatnya tampak tidak konsisten. Sekalipun para juri tidak mengikuti jadwal atau tidak memahami nuansa lain, hal ini sangat mudah untuk dipahami.

“Itu sebenarnya bukan pinjaman.”

Penuntut, melalui pengalihan, dapat menjelaskan bahwa FTX pada dasarnya adalah sarang tikus penipuan, namun Singh tampaknya masih kurang dapat diandalkan dibandingkan kesaksian awalnya. Namun, ketika membahas pinjaman Singh, sesuatu yang aneh muncul: Singh tampaknya merasa berkewajiban secara moral untuk membayar kembali uang yang dipinjamnya dari FTX, tetapi tidak. Sah Melompat. Pasalnya, banyak dari mereka tidak memiliki dokumen, dia hanya menemukan sejumlah besar uang yang ditransfer ke rekening banknya. Singh mengatakan itu adalah pinjaman “dalam arti yang paling longgar”. “Itu sebenarnya bukan pinjaman.”

Sejujurnya…ini terdengar seperti stealth klasik. Bagi saya, hal itu membuat pernyataan moral Singh tentang tindakan “penjahat keji” di FTX tidak masuk akal. Singh tentu saja merupakan pendongeng terbaik di antara mereka yang diduga sebagai konspirator, namun saat dia mengundurkan diri, saya bertanya-tanya seberapa baik cerita tersebut bermanfaat bagi kepentingan saya.

Saat istirahat, saya melihat Joe Bankman, ayah terdakwa, berbicara dengan pengacara pembela. Dia tampak bahagia dan siapa yang bisa menyalahkannya. Saya kira saya bukan satu-satunya yang mengira pertahanan akhirnya bisa menguasainya.