Mei 25, 2024

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

CryptoQuant Mengatakan Persetujuan ETF Bitcoin (BTC) Dapat Menambah $1 Triliun ke Kapitalisasi Pasar Cryptocurrency

CryptoQuant Mengatakan Persetujuan ETF Bitcoin (BTC) Dapat Menambah $1 Triliun ke Kapitalisasi Pasar Cryptocurrency

Bitcoin akan menjadi aset senilai $900 miliar, dan total pasar mata uang kripto akan tumbuh sebesar $1 triliun, jika dana yang diperdagangkan di bursa (ETF) bitcoin disetujui, tulis perusahaan analisis data CryptoQuant dalam laporan baru-baru ini.

Gelombang pertama adopsi institusional pada tahun 2020-2021 datang dari institusi yang menambahkan Bitcoin ke neraca mereka, sedangkan gelombang berikutnya adalah lembaga keuangan yang menyediakan akses ke Bitcoin kepada klien mereka melalui ETF spot, kata CryptoQuant dalam laporan tersebut.

Potensi arus masuk dari ETF spot akan jauh lebih besar daripada uang yang masuk ke Grayscale Bitcoin Trust (GBTC) pada siklus pasar bullish terakhir. GBTC adalah dana cryptocurrency terbesar di dunia, dengan aset yang dikelola saat ini mencapai $16,7 miliar. Cryptocurrency Group adalah perusahaan induk dari Grayscale dan CoinDesk.

CryptoQuant mengatakan bahwa jika penerbit yang mendaftar untuk mendaftarkan ETF Bitcoin memasukkan 1% dari aset yang dikelola (AUM) mereka ke dalam ETF ini, sekitar $155 miliar dapat memasuki pasar Bitcoin. Jumlah ini mewakili sekitar sepertiga nilai pasar Bitcoin saat ini. Jika skenario ini terjadi, hal ini akan mendorong harga Bitcoin menjadi antara $50.000 dan $73.000.

Secara historis, selama pasar bullish sebelumnya, kapitalisasi pasar Bitcoin telah meningkat 3-5 kali lebih besar dari kapitalisasi pasar yang direalisasikan. Hal ini menunjukkan bahwa untuk setiap $1 uang baru yang memasuki pasar Bitcoin, kapitalisasi pasar dapat meningkat sebesar $3 hingga $5, tambah CryptoQuant.

Bitcoin baru-baru ini melonjak sementara menjadi $30,000 setelah Cointelegraph menerbitkan laporan palsu tentang persetujuan dana yang diperdagangkan di bursa Bitcoin. Menurut beberapa pengamat, aksi kenaikan harga yang hingar-bingar akan menahan penurunan untuk beberapa waktu.

READ  FOMO mulai memasuki pasar karena saham-saham mencatatkan bulan terbaiknya tahun ini

Markus Thelen, kepala penelitian dan strategi di Matrixport, mengatakan dalam siaran Telegram, “Tidak ada yang berani menjual pendek Bitcoin sekarang di masa mendatang. Bahkan jika berita Cointelegraph ini salah, Bitcoin masih bisa naik untuk mengantisipasi persetujuan. ”

Sentimen bullish juga terlihat dari terus menyempitnya diskon GBTC ke level terendah dalam hampir dua tahun.

Kapitalisasi pasar mata uang kripto melampaui angka $1 triliun untuk pertama kalinya pada Januari 2021. Pada saat publikasi ini, total kapitalisasi pasar mencapai $1,13 triliun, dengan Bitcoin menyumbang lebih dari 50% dari jumlah tersebut.