Juli 25, 2024

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Perdana Menteri Tiongkok bertemu dengan pemimpin Indonesia dan menegaskan hubungan yang lebih erat

Perdana Menteri Tiongkok bertemu dengan pemimpin Indonesia dan menegaskan hubungan yang lebih erat

Perdana Menteri Tiongkok Li Keqiang mengadakan pembicaraan dengan presiden Indonesia pada hari Jumat, menyetujui untuk meningkatkan kerja sama dan perdagangan, termasuk memperluas impor dari negara dengan ekonomi terbesar di Asia Tenggara, media pemerintah Tiongkok melaporkan.

Setelah pertemuan puncak para pemimpin minggu ini dengan 10 anggota Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara (ASEAN), Bapak Joko Widodo bertemu di ibu kota Indonesia, Jakarta. Li bertemu, yang ditinggalkan oleh Presiden Xi Jinping.

Beijing akan memperdalam kerja sama praktis dan rasa saling percaya strategis dengan Jakarta, kata Perdana Menteri Tiongkok.

Baca Juga: Hadapi Uji Coba Internasional Pertama, Perdana Menteri China Li Keqiang Mendarat di India

Dia mengatakan kepada Widodo bahwa Beijing akan bekerja sama dengan Jakarta dalam beberapa proyek bersama baru di bawah Inisiatif Satu Sabuk Satu Jalan (Belt and Road Initiative), yang akan mendorong hubungan ke tingkat yang baru, lapor Xinhua.

Dia juga mengatakan Tiongkok siap bekerja sama dengan Indonesia dalam pengoperasian kereta api berkecepatan tinggi yang didanai Beijing, yang dijadwalkan akan dibuka akhir tahun ini setelah adanya penundaan, yang membentang dari ibu kota Jakarta ke kota Bandung di Jawa.

Seminggu sebelum pembukaan resmi pada bulan Oktober, Mr. Li memeriksa kereta.

Pada KTT ASEAN Plus Tiga dengan Tiongkok, Jepang dan Korea Selatan pada hari Rabu, Mr. Widodo meminta Beijing untuk lebih bekerja sama dalam mengembangkan industri kendaraan listrik di nusantara, kantor berita Indonesia Antara melaporkan.

Tiongkok adalah salah satu investor terbesar di Indonesia dan data pemerintah dari Jakarta menunjukkan perusahaan-perusahaan Tiongkok membayar $8,2 miliar kepada negara tersebut pada tahun lalu – lebih dari dua kali lipat jumlah $3,1 miliar pada tahun 2021.

READ  China setuju untuk menginvestasikan $3 miliar dalam dana kekayaan negara Indonesia

Pada bulan Juli, Widodo bertemu dengan Xi di kota Chengdu, Tiongkok, di mana kedua negara menandatangani perjanjian di bidang industri, pertanian, perikanan, e-commerce, ilmu pengetahuan dan inovasi teknologi.

Di sela-sela KTT G-20 di pulau resor Bali pada bulan November, ia bertemu dengan Mr. bertemu Xi, namun pemimpin Tiongkok tersebut tidak akan menghadiri pertemuan puncak berikutnya di New Delhi akhir pekan ini.

Ini adalah artikel premium yang hanya tersedia untuk pelanggan kami. 250+ artikel premium untuk dibaca setiap bulan

Anda telah menghabiskan batas artikel gratis Anda. Mendukung jurnalisme yang berkualitas.

Anda telah menghabiskan batas artikel gratis Anda. Mendukung jurnalisme yang berkualitas.

Ini adalah artikel gratis terakhir Anda.