Maret 3, 2024

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Penuaan mungkin memainkan peran penting dalam evolusi kita: ScienceAlert

Penuaan mungkin memainkan peran penting dalam evolusi kita: ScienceAlert

Bertambahnya usia mungkin akan menimbulkan lebih banyak rasa sakit dan nyeri, namun penelitian baru menunjukkan bahwa ada gambaran yang lebih besar untuk dilihat: Dengan mencapai usia tua, kita mungkin sebenarnya membantu spesies kita berevolusi.

Penuaan, yang dahulu dianggap sebagai konsekuensi hidup di dunia yang keras dan tidak dapat diprediksi, kini dianggap sebagai suatu misteri. Beberapa spesies hampir tidak menua sama sekali, misalnya. Satu pertanyaan besarnya adalah apakah penuaan hanyalah produk sampingan dari biologi, atau sesuatu yang merupakan keuntungan evolusioner.

Penelitian baru ini didasarkan pada A model komputer Dikembangkan oleh tim dari Pusat Penelitian Lingkungan HUN-REN di Hongaria, penelitian ini menunjukkan bahwa penuaan dapat diseleksi secara positif dengan cara yang sama seperti sifat-sifat lainnya.

Dalam beberapa tahun terakhir, para ilmuwan telah menyelidiki keniscayaan penuaan dan kemunduran tubuh yang terkait (secara teknis… Dikenal sebagai penuaan). Apa yang disarankan oleh model ini adalah bahwa dalam situasi tertentu, hal ini dapat bermanfaat bagi spesies.

“Penuaan bisa mempunyai fungsi evolusioner jika ada seleksi terhadap penuaan.” Dia berkata Ahli biologi evolusi Iwerz Szathmary, dari Pusat Penelitian Lingkungan HUN-REN. “Kami bertujuan untuk mengungkap pilihan itu.”

Situasi seperti ini membutuhkan kekuatan Pilih arahDimana tekanan evolusi (seperti predator atau perubahan lingkungan) mengarahkan sifat-sifat ke arah yang tetap; Seleksi relatif penting karena gen memiliki peluang lebih besar untuk diturunkan melalui bantuan kerabat.

“Misalnya, ada kemungkinan bahwa dalam lingkungan yang berubah, penuaan dan kematian akan lebih menguntungkan individu, karena dengan cara ini persaingan dapat dikurangi, sehingga menghambat kelangsungan hidup dan reproduksi strain yang lebih mudah beradaptasi dengan kombinasi genetik yang lebih baik.” Dia berkata Szathmary.

READ  Tonton Rocket Lab mencoba peluncuran pertamanya dari tanah AS pada 19 Desember

Dengan kata lain, penuaan dan kematian yang normal memberikan ruang bagi generasi baru yang mungkin memiliki rangkaian gen yang lebih baik.

Para peneliti juga berpendapat bahwa pada organisme yang sangat altruistik, memiliki lebih banyak generasi yang tahan terhadap penuaan yang lama akan lebih disukai oleh seleksi kerabat. Dengan kata lain, mereka yang membantu kerabatnya menciptakan generasi baru sering kali memiliki gen yang berumur panjang yang diwariskan kepada mereka.

Meskipun manusia sebagai suatu spesies mungkin terobsesi untuk menghentikan penuaan, penuaan tampaknya memainkan peran penting dalam hal keuntungan evolusioner – sebuah peran yang masih coba dieksplorasi dan dipahami oleh para ahli.

“Komunitas biologi evolusioner telah menerima bahwa teori penuaan klasik non-adaptif tidak dapat menjelaskan semua pola penuaan di alam, yang berarti bahwa penjelasan tentang penuaan sekali lagi masih menjadi pertanyaan terbuka.” Dia berkata Szathmary.

Penelitian ini dipublikasikan di Biologi BMC.