Februari 26, 2024

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Penguasaan atas reruntuhan kota di Ukraina timur tidak pasti

Penguasaan atas reruntuhan kota di Ukraina timur tidak pasti

Pemandangan drone menunjukkan sisa-sisa kota Marinka yang dihancurkan oleh Rusia, seiring berlanjutnya serangan Rusia ke Ukraina, di Marinka, wilayah Donetsk, Ukraina pada 12 Mei 2023, dalam tangkapan layar yang diperoleh dari video di media sosial. Andrey Yermak melalui Telegram / melalui REUTERS / File Foto Memperoleh hak lisensi

1 Desember (Reuters) – Penguasaan kota Marinka di Ukraina timur, yang hampir hancur akibat pertempuran selama lebih dari satu tahun, masih belum jelas pada hari Jumat, karena laporan tidak resmi menunjukkan bahwa pasukan Rusia telah memperoleh beberapa kemajuan.

Sebagian besar laporan tentang Marinka, di barat daya pusat regional Donetsk yang dikuasai Rusia, menggambarkannya sebagai kota hantu di tengah laporan harian tentang pasukan Ukraina yang mempertahankan berbagai wilayah. Sebuah kota berpenduduk 10.000 orang, tidak ada lagi warga sipil.

Staf Umum Ukraina mengatakan dalam laporan malamnya bahwa pasukan Rusia tidak berhasil dalam upaya mereka untuk maju ke desa-desa dekat Marinka, namun tidak menyebutkan apa pun tentang pergerakan pasukan di kota tersebut.

Kementerian Pertahanan Rusia tidak menyebutkan kota tersebut dalam suratnya.

Blogger tidak resmi Rusia, Rebar, menunjuk pada foto yang beredar di media sosial yang menunjukkan pasukan Rusia mengibarkan bendera nasional di barat daya kota. Dia menambahkan bahwa pasukan Ukraina masih menguasai wilayah lain.

Dia menambahkan: “Tetapi jika informasi tentang pergerakan pasukan Rusia ke selatan akurat, maka mundurnya musuh akan segera terjadi.”

Akun media sosial Ukraina menunjuk pada kemajuan Rusia, tetapi mengutip tentara yang menolak gagasan pasukan Rusia mengendalikan seluruh kota.

“Rusia telah merebut Marinka sejak Maret 2022,” demikian bunyi salah satu postingan di blog DeepState. “Marinka sudah hancur selama lebih dari setahun.”

READ  Seekor bayi gorila hampir mati sebelum penjaga kebun binatang menangkapnya di dekatnya. Sekarang dia memiliki ibu angkat baru

Pasukan Rusia, yang fokus di Ukraina timur, telah menyerang kota Avdiivka, 40 kilometer utara Marinka, sejak pertengahan Oktober. Ukraina mengatakan pasukannya menguasai Avdiivka, meski tidak ada bangunan yang masih utuh.

Juru bicara militer Ukraina, Volodymyr Vitio, ketika berbicara di televisi nasional, tidak merujuk pada Marinka atau Avdiivka, namun ia mengatakan bahwa pasukan Rusia melancarkan serangan di banyak sektor di garis depan sepanjang 1.000 kilometer.

Dia mengatakan pasukan Ukraina menangkis serangan di dekat Kobyansk, wilayah timur laut yang direbut Rusia setelah invasi pada Februari 2022, tetapi direbut kembali oleh pasukan Ukraina setahun yang lalu.

Pasukan Ukraina merebut kembali sebagian besar wilayahnya tahun lalu melalui invasi ke timur laut negara itu, namun serangan balik yang dimulai di timur dan selatan pada bulan Juni hanya menghasilkan keuntungan tambahan.

Presiden Volodymyr Zelensky mengakui bahwa kemajuan yang dicapai berjalan lambat, namun menolak anggapan bahwa perang akan menemui jalan buntu.

Ron Popeski melaporkan. Diedit oleh Leslie Adler

Standar kami: Prinsip Kepercayaan Thomson Reuters.

Memperoleh hak lisensimembuka tab baru