November 30, 2022

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Penduduk desa Mekong menangkap ikan air tawar terberat yang pernah ada

Penduduk desa Mekong menangkap ikan air tawar terberat yang pernah ada

20 Juni (Reuters) – Penduduk desa Kamboja di Mekong telah menangkap apa yang peneliti gambarkan sebagai ikan air tawar terbesar di dunia yang pernah tercatat, ikan pari seberat 300kg (661lb) yang membawa sekitar 12 orang untuk dibawa ke darat.

Kristind Borami – yang berarti “bulan purnama” dalam bahasa Khmer – karena bentuknya yang menonjol, betina setinggi empat meter (13 kaki) dilepaskan kembali ke sungai setelah diberi tanda elektronik untuk memungkinkan para ilmuwan memantau gerakan dan perilakunya.

“Ini adalah berita yang sangat menarik karena itu adalah ikan terbesar di dunia,” kata ahli biologi Zeb Hogan, mantan pembawa acara “Ikan Monster” National Geographic dan sekarang menjadi bagian dari Proyek Konservasi Sungai.

Daftar sekarang untuk mendapatkan akses gratis tanpa batas ke Reuters.com

“Ini juga berita yang menggembirakan karena berarti bentangan Sungai Mekong ini masih sehat…. Ini pertanda harapan bahwa ikan besar ini masih hidup (di sini).”

Pulau Burami, yang ditangkap pekan lalu di lepas pulau Koh Preah di sepanjang bentangan sungai utara Kamboja, memecahkan rekor dari ikan lele raksasa seberat 293 kg yang ditangkap di hulu di Thailand utara pada 2005.

Sungai Mekong berisi spesies ikan paling beragam ketiga di dunia, menurut Otoritas Sungai, meskipun penangkapan ikan yang berlebihan, polusi, intrusi air asin dan penipisan sedimen telah menyebabkan stok menurun.

(Laporan oleh Kwang Jiraporn Kohkan) Penyuntingan oleh Kanupriya Kapoor dan John Stonestreet

Kriteria kami: Prinsip Kepercayaan Thomson Reuters.