Mei 28, 2024

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Pembaruan kecil tapi penting

Pembaruan kecil tapi penting

Samsung HW-Q990C adalah soundbar serba guna terbaik yang saya uji tahun lalu, sebagian besar karena suaranya yang luar biasa dan fakta bahwa ia dilengkapi dengan subwoofer dan speaker belakang. Perusahaan tidak banyak berubah untuk rilis tahun 2024, HW-Q990D, tetapi ada satu perubahan yang menawarkan fitur yang seharusnya dimiliki model tahun lalu: HDMI 2.1. Ada juga beberapa mode suara baru, tetapi Anda dapat menemukannya di perangkat audio Samsung lainnya. Q990D masih sekuat sebelumnya, tetapi harganya tetap mahal 2000 dolar. Jika Anda sudah membeli Q990C, perusahaan belum memberi Anda alasan untuk melakukan upgrade.

Samsung

Penambahan terbesar pada Q990D adalah fitur yang seharusnya sudah dimiliki oleh soundbar andalan Samsung.

Positif

  • HDMI 2.1
  • Pengaturan surround lengkap
  • Suara yang luar biasa dan mendalam
  • Fitur yang berguna
kontra

  • Mahal
  • Bukan pembaruan besar dibandingkan model tahun lalu

$1.748 di Walmart

Penambahan terbesar pada Q990D adalah HDMI 2.1. Oleh karena itu, Samsung melontarkan kritik utama saya terhadap Q990C, yang memulai debutnya tahun lalu pada saat sebagian besar pesaing telah mengadopsi standar tersebut. HDMI 2.1 menawarkan passthrough 4K pada 120fps, yang akan meningkatkan visual jika Anda menghubungkan PlayStation 5 atau Xbox Series

Q990D juga hadir dengan mode audio baru. Mendengarkan Pribadi mematikan semua driver depan dan hanya menggunakan speaker belakang satelit. Ini pada dasarnya adalah versi Mode Malam yang diperluas yang ditawarkan banyak perusahaan di soundbar mereka, dengan tujuan mengurangi bass saat keluarga atau teman sekamar sedang tidur. Rumah saya memiliki denah terbuka dan TV saya menghadap ke lorong menuju kamar tidur, yang berarti speaker mana pun akan mengeluarkan suara ke arah itu. Mendengarkan Pribadi mengirimkan suara ke arah yang berlawanan, dan meskipun Anda harus mengorbankan kualitas keseluruhan, itu cukup baik untuk saat Anda perlu sedikit lebih tenang.

READ  Penemu ponsel melakukan panggilan pertama 50 tahun yang lalu

Ada juga mode Party Play baru yang menghadirkan suara lebih seimbang antara tweeter dan speaker belakang untuk pengalaman yang lebih baik saat Anda mengadakan rave. Saat ini aktif, Anda akan mendapatkan jangkauan audio penuh, bukan hanya saluran yang diprogram khusus untuk speaker di belakang Anda. Saya sebenarnya memutar speaker dan menghadapkannya ke luar ruang tamu untuk memproyeksikan suara remaster ke ruang bersama lainnya. Hal ini membuat perbedaan yang lebih besar untuk film dan TV karena musik sebenarnya diputar dari speaker belakang pada tingkat yang lebih seimbang.

Kedua mode ini tidak hanya terjadi pada Q990D; Jajaran Q-series 2024 lainnya juga dapat menggunakannya. Ini adalah pertama kalinya saya mengujinya, dan perlu dicatat bahwa ini berfungsi dengan baik pada speaker termahal Samsung.

Speaker Samsung Q990D dari sisi kiri menunjukkan pengemudi memotret dari samping. Speaker Samsung Q990D dari sisi kiri menunjukkan pengemudi memotret dari samping.

Billy Steele untuk Engadget

Kombinasi speaker yang dilengkapi pengemudi, subwoofer besar, dan speaker belakang yang lebih bertenaga menghasilkan suara yang imersif memenuhi ruang tamu saya. Apakah Anda sedang mendengarkan musik atau klip audio Bukit pasir, Q990D mempertahankan kehebatan sonik pendahulunya. Konten Dolby Atmos dari Disney+ lebih imersif dari sebelumnya. Saya bisa mendengar seluk-beluk Knowhere di adegan pembuka film Penjaga Galaxy Vol. 3, termasuk gema realistis dari “Creep” Radiohead yang diputar melalui speaker. Suara arah kota, termasuk hiruk pikuk orang yang bergerak, membuat Anda serasa berdiri di sana.

Sedangkan untuk musik, ada bass yang dalam dan menggelegar saat dibutuhkan, dan detail tajam yang pernah Anda dengar di film juga ada. Keadilan Drama yang berlebihan Ini menampilkan jangkauan Q990D, dengan nada penggerak low-end pada lagu seperti “Neverender” disertai dengan synth bertekstur. Genre yang lebih lembut seperti jazz juga berfungsi sebagai cover akustik, dengan album seperti milik Miles Davis Jenis biru Memberikan detail halus yang membuat Anda merasa seperti berada di studio.

READ  Jim Cramer mengatakan investor harus mengingat Opsi 6 dari Magnificent 7

Yang paling saya sukai dari Q990D adalah semua yang Anda perlukan untuk pengaturan suara surround penuh ada di dalam kotaknya. Subwoofer dan speaker belakang disertakan dengan speaker dan tidak memerlukan pembelian tambahan. Speaker satelit juga memiliki driver samping, yang tidak selalu terjadi pada aksesori serupa dari pesaing. Dan pengaturannya semudah mencolokkan semuanya karena pemasangan dengan sistem lainnya terjadi secara otomatis.

Salah satu speaker belakang Q990D diletakkan di atas meja kayu. Salah satu speaker belakang Q990D diletakkan di atas meja kayu.

Billy Steele untuk Engadget

Pengaturan all-in-one sangat bagus, tetapi itu juga berarti harga Q990D mahal. Dengan harga $2.000, ini adalah investasi besar bahkan jika Anda mendapatkan semua yang Anda butuhkan dalam paket tersebut. Q990D saat ini dijual seharga $1.750, tetapi kami tidak tahu berapa lama diskon ini akan bertahan. Sebagai perbandingan, Bravia Bar 9 Sony yang akan datang berharga $1.400. Subwoofer dan speaker belakang termurah yang bisa Anda dapatkan masing-masing seharga $400 dan $350, sehingga total biayanya $2.150. Tentu saja, dengan Sony Anda memiliki beberapa pilihan untuk sub dan wallpaper, dan Anda tidak perlu membeli semuanya. LG menawarkan sedikit kelegaan jika Anda ingin menempuh rute itu, karena S95TR dibanderol dengan harga $1.500 dan dilengkapi subwoofer dan speaker belakang dengan driver volume tinggi.

Ukuran keseluruhan speaker adalah hal lain yang harus Anda pertimbangkan. Q990D memiliki 11 speaker menghadap ke depan, dua driver, dan subwoofer. Semua komponen ini membutuhkan ruang, dan dengan menampungnya berarti speaker ini akan berukuran cukup besar dengan lebar 48,5 inci. Meskipun hal ini bukan merupakan masalah besar, hal ini memerlukan perencanaan, jadi ketahuilah bahwa Anda memerlukan ruang yang cukup.

Seperti soundbar dari perusahaan lain, Q990D memiliki beberapa fitur berguna yang disediakan untuk TV Samsung. Misalnya, Q-Symphony, yang menggunakan speaker TV selain subwoofer untuk memperluas kemampuan audio, memerlukan TV Samsung 2020-2024 yang kompatibel. Q990D tampak hebat tanpa ini, tetapi ketahuilah bahwa Anda tidak akan mendapatkan serangkaian trik lengkap kecuali Anda juga memiliki TV yang mendukung.

READ  Direktur Overwatch mengakui dev telah mengecewakan komunitas game

Kecuali Anda peduli dengan standar HDMI terbaru,… Q990D Itu tidak menawarkan peningkatan yang signifikan dibandingkan model tahun lalu. Desain dan menu fiturnya hampir sama, kecuali dua mode audio baru dan passthrough 4K/120. Beberapa tambahan ini tersedia pada speaker Samsung yang lebih terjangkau. Jadi, jika Anda sudah mengeluarkan uang untuk membeli Q990C tahun lalu, mungkin tidak ada cukup alasan untuk melakukan investasi besar lainnya. Jika Anda belum memiliki soundbar andalan Samsung, Q990D menghadirkan suara yang menakjubkan dan imersif dalam paket lengkap yang kini memiliki semua kenyamanan modern yang seharusnya Anda miliki.