Oktober 6, 2022

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Pembaruan Covid-19 langsung: Pengujian, otorisasi topeng, dan berita Omicron

Pembaruan Covid-19 langsung: Pengujian, otorisasi topeng, dan berita Omicron

kredit…Kim Hong Ji/Reuters

Seoul — Penggemar BTS yang gembira berkumpul pada hari Kamis untuk konser K-pop langsung pertama di Korea Selatan dalam lebih dari dua tahun, sebuah acara yang diperkirakan akan menarik hingga 15.000 orang — meskipun ada pembatasan Covid yang mencegah sorak-sorai, teriakan, atau nyanyian.

“Ini masih terasa seperti mimpi,” kata Park Hyunjun, 40, produser video independen dari Incheon, barat Seoul. Di luar Stadion Olimpiade Seoul pada hari Kamis, saya membawa poster dengan slogan partai: “Tentu saja, tidak ada yang berubah di antara kita.”

Itu adalah pertemuan skala besar pertama penggemar BTS di Korea Selatan sejak konser terakhir band di negara asal mereka, pada Oktober 2019. Bisnis multi-miliar dolar Dilakukan secara langsung di Los Angeles pada bulan Novembertetapi untuk sebagian besar pandemi, itu malah mengudara.

Pada tahun 2020, grup tersebut ditunjuk Rekor dunia Guinness Untuk menarik jumlah terbesar pemirsa untuk menghadiri konser langsung. Pandemi tidak hanya menghentikan konser live band untuk sementara waktu: Lima dari tujuh anggota BTS telah tertular virus corona. Mereka telah pulih dari Covid-19.

Konser hari Kamis, yang terbesar yang disetujui oleh pemerintah Korea Selatan sejak pandemi dimulai, diadakan di tengah gelombang Omicron yang telah mendorong jumlah kasus di negara itu ke tingkat yang belum pernah terjadi sebelumnya. Pada hari Kamis, otoritas kesehatan melaporkan 327.549 kasus harian baru. Tetapi pemerintah, yang mengatakan negara itu harus belajar hidup dengan virus, telah melonggarkan beberapa pembatasan.

Di dalam dan di sekitar stadion pada hari Kamis, 750 personel keamanan memberlakukan protokol virus, agak membungkam perayaan.

READ  Reli Dow berjangka: Reli pasar di titik penting; Tesla, Inviz Val

Fans yang mengambil foto grup di depan pintu masuk stadion diberitahu: “Silakan pindah setelah Anda selesai mengambil gambar.” “Tolong jaga jarak untuk mencegah penyebaran Covid.”

Fans diukur suhunya sebelum mereka memasuki stadion. Agen band, Hybe, mengatakan kit antigen cepat tersedia untuk orang-orang dengan suhu tinggi. Para pengunjung upacara harus masuk melalui pintu masuk yang ditentukan, dan selama periode waktu tertentu, agar tidak berbondong-bondong sekaligus.

Fans juga dilarang bernyanyi, berteriak atau bernyanyi selama konser, dan harus memakai masker, kecuali air minum. Kehadiran di stadion yang berkapasitas sekitar 70.000 orang itu dibatasi hanya 15.000 orang.

“Saya ingin tahu tentang suasana seperti apa yang akan ada di mana semua orang akan bertopeng dan tidak ada yang akan berteriak,” kata Yoo Haram, 17, yang telah mengikuti band selama empat tahun dan akan melihat mereka secara langsung untuk pertama kalinya. .

Selama pandemi, kata Yu, dia mengikuti band secara online, terkadang berkumpul dengan teman-teman sekelasnya untuk menonton siaran langsung bersama. “Saya akhirnya melihat mereka,” katanya, “dan saya gugup.”

Konser tersebut adalah yang pertama dalam rangkaian tiga hari, dengan lebih banyak dijadwalkan berlangsung pada hari Sabtu dan Minggu. Itu disiarkan langsung untuk orang-orang yang tidak dapat hadir secara langsung.

Yang Ji Woong, 15, mengatakan dia telah mendengarkan lagu BTS “Mikrokosmos” selama pandemi sendirian di kamarnya dan telah menantikan untuk melihatnya secara langsung.

“Terus terang saya agak khawatir dengan Covid,” ujarnya. “Tapi saya ingin menikmati momen ini sebanyak yang saya bisa.”