Januari 28, 2023

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Google, Meta menghadapi investigasi antimonopoli dari regulator di Eropa dan Inggris

Google, Meta menghadapi investigasi antimonopoli dari regulator di Eropa dan Inggris

Logo aplikasi Facebook dan Google ditampilkan di tablet.

Denise Sharlet | AFP melalui Getty Images

Regulator UE dan Inggris Raya telah membuka penyelidikan antimonopoli terhadap Google dan matisebelumnya Facebook, selama kesepakatan iklan 2018 untuk raksasa teknologi.

Investigasi paralel, yang diumumkan Jumat, akan memeriksa apakah dugaan perjanjian “Jedi Blue” antara kedua perusahaan telah menghambat persaingan pasar untuk layanan iklan bergambar.

Andrea Coseli, kepala eksekutif Otoritas Persaingan dan Pasar Inggris, mengatakan dalam sebuah pernyataan: “Kami khawatir bahwa Google mungkin telah bekerja sama dengan Meta untuk menghalangi pesaing yang menyediakan layanan periklanan online penting bagi penerbit.”

“Jika sebuah perusahaan mengendalikan wilayah tertentu, itu dapat mempersulit startup dan usaha kecil untuk masuk ke pasar – dan pada akhirnya dapat mengurangi pilihan pelanggan,” tambahnya.

Seorang juru bicara Meta mengatakan: “Perjanjian penawaran non-eksklusif Meta dengan Google dan perjanjian serupa yang kami miliki dengan platform penawaran lainnya telah membantu meningkatkan persaingan untuk penempatan iklan. Hubungan bisnis ini memungkinkan Meta untuk memberikan nilai lebih kepada pengiklan dan penerbit, menghasilkan hasil yang lebih baik. Yang terbaik dari semuanya, kami akan bekerja sama dengan kedua penyelidikan.”

Google tidak segera menanggapi permintaan komentar CNBC.

Ini adalah cerita yang mendesak dan akan segera diperbarui.

READ  Fed khawatir kekhawatiran saham, yen naik karena petunjuk intervensi Jepang