Juni 18, 2024

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Pemandangan aneh astronot terhadap gerhana matahari muncul dalam video gila

Pemandangan aneh astronot terhadap gerhana matahari muncul dalam video gila

Gaya hidup

Astronot di Stasiun Luar Angkasa Internasional disuguhi pemandangan aneh selama gerhana matahari total hari Senin, saat bayangan bulan melintasi permukaan planet.

Butuh waktu lebih dari satu jam untuk menunggu gerhana total di Bumi setelah gerhana sebagian dimulai, namun pandangan orbit rendah Bumi memberikan konteks seberapa cepat bayangan bulan bergerak. Menurut NASA, bayangan gerhana bergerak dengan kecepatan 1.100 mph di ekuator dan mencapai 5.000 mph di dekat kutub.

Astronot yang tinggal dan bekerja di Stasiun Luar Angkasa Internasional mengorbit Bumi kira-kira setiap 90 menit, menyaksikan 16 matahari terbit dan terbenam dalam 24 jam dan hingga lima gerhana per tahun.

Pada hari Senin, para astronot tidak hanya dapat melihat gerhana saat Bulan mengaburkan wajah Matahari, namun juga bayangan Bulan di Bumi yang menghalangi sinar matahari di jalur totalitas – tampak seperti lubang hitam yang melayang ke Bumi di bawahnya.

Stasiun Luar Angkasa Internasional bukan satu-satunya pemandangan gerhana matahari dari luar angkasa. Pendiri SpaceX Elon Musk membagikan video di bawah ini, yang ditangkap oleh satelit Starlink di orbit rendah Bumi.

Video tersebut menunjukkan bayangan atau bayangan bulan saat bergerak melintasi planet.

Saat Bulan bergerak di depan Matahari, pesawat ruang angkasa yang mengamati Bumi dan Matahari merekam gerhana secara real time.

Bayangan bulan terlihat menutupi sebagian Quebec, New Brunswick dan negara bagian Maine di AS dalam gambar dari Stasiun Luar Angkasa Internasional ini. NASA
Stasiun Luar Angkasa Internasional melonjak menjadi gerhana matahari dari ketinggian 261 mil.
Stasiun Luar Angkasa Internasional melonjak menjadi gerhana matahari dari ketinggian 261 mil. NASA

Satelit GOES-East milik NOAA melacak bayangan pergerakan bulan melintasi Samudera Pasifik dan Amerika Utara, sementara satelit Proba-2 milik Badan Antariksa Eropa mencatat gerhana ke arah matahari.


Muat lebih banyak…



READ  Teleskop Luar Angkasa James Webb mendeteksi galaksi mirip Bima Sakti yang bersembunyi di alam semesta awal


https://nypost.com/2024/04/10/lifestyle/astronauts-eerie-view-of-the-solar-Eclipse-in-insane-video/?utm_source=url_sitebuttons&utm_medium=site%20buttons&utm_campaign=site%20buttons

Salin URL berbagi