Februari 9, 2023

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Pelosi berjanji solidaritas dengan Taiwan saat China melakukan latihan militer dan menghembuskan kemarahan

Pelosi berjanji solidaritas dengan Taiwan saat China melakukan latihan militer dan menghembuskan kemarahan

TAIPEI (Reuters) – China mengecam keras kunjungan profil tinggi AS ke Taiwan 25 tahun lalu, dengan Ketua DPR Nancy Pelosi memuji pulau otonom itu sebagai “salah satu masyarakat paling bebas di dunia” dan menjanjikan solidaritas Amerika. .

Beijing telah menunjukkan kemarahannya atas kehadiran Pelosi di sebuah pulau yang dikatakannya adalah bagian dari China dengan kesibukan aktivitas militer di perairan sekitarnya, memanggil duta besar AS di Beijing dan menghentikan beberapa impor pertanian dari Taiwan.

Beberapa latihan militer yang direncanakan China akan berlangsung dalam jarak 12 mil laut dari wilayah laut dan udara Taiwan, menurut Kementerian Pertahanan Taiwan, sebuah langkah yang belum pernah terjadi sebelumnya yang digambarkan oleh seorang pejabat senior pertahanan kepada wartawan sebagai “sejumlah blokade laut dan udara Taiwan. .”

Daftar sekarang untuk mendapatkan akses gratis tanpa batas ke Reuters.com

Pelosi tiba dengan delegasi kongres pada kunjungan mendadak Selasa malam yang bertentangan dengan peringatan berulang dari China dalam apa yang dia katakan menunjukkan komitmen tak tergoyahkan Amerika Serikat untuk demokrasi di Taiwan.

“Delegasi kami datang ke Taiwan untuk memperjelas bahwa kami tidak akan meninggalkan Taiwan,” kata Pelosi kepada Presiden Taiwan Tsai Ing-wen. Baca selengkapnya

“Sekarang, lebih dari sebelumnya, solidaritas Amerika dengan Taiwan sangat penting, dan itulah pesan yang kami bawa di sini, hari ini.”

Dalam pidatonya di Parlemen, Pelosi mengatakan bahwa undang-undang baru AS yang bertujuan memperkuat industri chip AS untuk bersaing dengan China “memberikan peluang lebih besar untuk kerja sama ekonomi antara Amerika Serikat dan Taiwan.”

“Terima kasih atas kepemimpinan Anda. Kami ingin dunia menyadari itu,” kata Pelosi kepada Tsai, yang dicurigai Beijing mendorong kemerdekaan formal – garis merah untuk China.

READ  Topan Chapa: Hong Kong mengatakan "keajaiban" diperlukan untuk menemukan lebih banyak korban selamat dari pulau Fujiing 001 yang tenggelam. Cina baru saja menemukan satu

Pelosi telah lama menjadi kritikus China, terutama pada hak asasi manusia, dan dijadwalkan bertemu Rabu nanti dengan mantan aktivis Lapangan Tiananmen, seorang penjual buku Hong Kong yang ditahan oleh China dan seorang aktivis Taiwan yang baru-baru ini dibebaskan oleh China, yang merupakan orang-orang yang akrab dengannya. masalah. Dia berkata.

Newt Gingrich adalah pembicara terakhir Dewan Perwakilan Rakyat AS yang pergi ke Taiwan pada tahun 1997. Namun kunjungan Pelosi terjadi di tengah memburuknya hubungan China-AS, dan China telah muncul sebagai kekuatan ekonomi, militer, dan geopolitik yang jauh lebih kuat di seluruh dunia. seperempat abad terakhir.

China menganggap Taiwan bagian dari wilayahnya dan tidak pernah menyerah menggunakan kekuatan untuk membawanya di bawah kendalinya. Amerika Serikat telah memperingatkan China untuk tidak menggunakan kunjungan itu sebagai dalih untuk melakukan aksi militer terhadap Taiwan.

Sebagai tanggapan, Administrasi Bea Cukai China mengumumkan penangguhan impor buah jeruk, whitetail dingin dan makarel beku dari Taiwan, sementara Kementerian Perdagangan China melarang ekspor pasir alam ke Taiwan.

Latihan militer

Kunjungan Pelosi, yang mengkritik media resmi China, telah menjadi topik dominan di media sosial China yang sangat disensor, dengan banyak pengguna mendesak Beijing untuk menyerang pulau itu sebagai tanggapan dan menyatakan ketidakpuasan dengan kurangnya tindakan militer untuk memblokir aksesnya. 22 juta orang menonton siaran langsung pesawatnya di situs web China WeChat.

Platform mirip Twitter China, Weibo, jatuh tepat sebelum pendaratan Pelosi, yang disalahkan Weibo atas kapasitas broadband yang berlebihan, tanpa menyebut Taiwan.

READ  Pejabat AS menegaskan bahwa Rusia telah meluncurkan rudal hipersonik yang kuat di Ukraina. Inilah yang kami ketahui

Tak lama setelah kedatangan Pelosi, militer China mengumumkan latihan udara dan angkatan laut bersama di dekat Taiwan dan peluncuran uji coba rudal konvensional di laut timur pulau itu, dengan kantor berita resmi Xinhua menjelaskan latihan tembakan langsung dan latihan lainnya di sekitar Taiwan dari Kamis hingga Minggu. .

Kementerian Luar Negeri China mengatakan kunjungan Pelosi sangat merusak perdamaian dan stabilitas di Selat Taiwan, “memiliki dampak serius pada landasan politik hubungan China-AS, dan secara serius melanggar kedaulatan dan integritas teritorial China.”

Sebelum kedatangan Pelosi, pesawat tempur China terbang di atas garis yang membelah Selat Taiwan. Militer China mengatakan dalam siaga tinggi dan akan meluncurkan “operasi militer yang ditargetkan” sebagai tanggapan atas kunjungan Pelosi.

Juru bicara keamanan nasional Gedung Putih John Kirby mengatakan Selasa setelah kedatangan Pelosi bahwa Amerika Serikat “tidak akan terintimidasi” oleh ancaman atau retorika agresif China, dan bahwa tidak ada alasan kunjungannya untuk memicu krisis atau konflik.

Kirby mengatakan China dapat melakukan “pemaksaan ekonomi” terhadap Taiwan, menambahkan bahwa dampak pada hubungan AS-China akan tergantung pada tindakan Beijing dalam beberapa hari dan minggu mendatang.

ambisi Cina

Amerika Serikat tidak memiliki hubungan diplomatik formal dengan Taiwan tetapi diwajibkan berdasarkan hukum AS untuk menyediakan sarana untuk membela diri. China memandang kunjungan pejabat AS ke Taiwan sebagai tanda yang menggembirakan bagi kamp pro-kemerdekaan pulau itu. Taiwan menolak klaim kedaulatan China, dengan mengatakan hanya rakyat Taiwan yang dapat memutuskan masa depan pulau itu.

Kabinet Taiwan mengatakan pada hari Rabu bahwa militer telah meningkatkan tingkat kewaspadaannya. Kementerian Pertahanan pulau itu mengatakan 21 pesawat China memasuki zona identifikasi pertahanan udara pada hari Selasa, dan bahwa China berusaha mengancam pelabuhan dan kota-kota besar dengan melakukan latihan di perairan sekitarnya.

READ  Bagaimana orang Amerika dapat menangani pengungsi Ukraina

“Apa yang disebut area latihan adalah salah satu saluran internasional tersibuk di kawasan Indo-Pasifik,” kata seorang pejabat senior Taiwan yang akrab dengan perencanaan keamanan kepada Reuters, Rabu.

“Kita dapat melihat ambisi China: menjadikan perairan Selat Taiwan non-internasional, serta menjadikan seluruh wilayah barat rantai pulau pertama di Pasifik barat sebagai lingkup pengaruhnya,” kata orang itu.

(Cerita ini mengoreksi ejaan Tiananmen di paragraf ke-12; kesalahan ini juga terjadi di awal seri)

Daftar sekarang untuk mendapatkan akses gratis tanpa batas ke Reuters.com

Pelaporan tambahan oleh Yimo Lee dan Sarah Wu. Ditulis oleh Tony Munro. Diedit oleh Simon Cameron Moore dan Stephen Coates

Kriteria kami: Prinsip Kepercayaan Thomson Reuters.