Juni 22, 2024

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Pelaut Filipina tewas dalam serangan mematikan pertama Houthi terhadap kapal komersial

Pelaut Filipina tewas dalam serangan mematikan pertama Houthi terhadap kapal komersial

Dario Bonazza – Reuters – arsip

Foto tahun 2022 ini menunjukkan kapal curah True Confidence di Ravenna, Italia.



CNN

Dua pelaut Filipina termasuk di antara mereka yang tewas setelah rudal balistik Houthi menghantam sebuah kapal komersial di Teluk Aden, dalam serangan mematikan pertama yang dilakukan oleh Houthi. Kelompok bersenjata yang didukung oleh Iran Dalam serangan terus menerus di Laut Merah.

Setidaknya tiga anggota awak tewas dan empat lainnya terluka dalam serangan hari Rabu terhadap M/V True Confidence, sebuah kapal curah milik Liberia dan berbendera Barbados, kata Komando Pusat AS dalam sebuah pernyataan. Dua pejabat AS mengatakan kepada CNN bahwa kapal tersebut telah ditinggalkan, dan kapal perang koalisi kini berada di wilayah tersebut untuk menilai situasi.

Dalam sebuah pernyataan pada hari Kamis, Administrasi Pekerja Migran Filipina mengumumkan pembunuhan warganya dan mengatakan bahwa dua awak kapal Filipina lainnya terluka parah dalam serangan tersebut.

Serangan mematikan tersebut merupakan peningkatan besar serangan Houthi terhadap kapal-kapal di Laut Merah, yang dimulai pada bulan Oktober sebagai tanggapan terhadap perang antara Israel dan Hamas di Gaza.

Houthi mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa serangan itu “akurat” dan menyebabkan kebakaran di kapal.

Pernyataan Houthi mengatakan, “Operasi penargetan terjadi setelah awak kapal menolak pesan peringatan dari angkatan laut Yaman.”

Kelompok Houthi, yang telah menguasai sebagian besar wilayah utara Yaman – termasuk ibu kotanya, Sanaa – menampilkan diri mereka sebagai penguasa sah negara tersebut.

Pernyataan Houthi memperbarui dukungan kelompok tersebut terhadap rakyat Palestina, dan mengatakan bahwa mereka tidak akan menghentikan serangan mereka di Laut Merah sampai “agresi Israel berhenti dan pengepungan terhadap rakyat Palestina di Jalur Gaza dicabut.”

READ  Perekonomian China tersendat tahun lalu karena pertumbuhan terhenti akibat virus corona

Tonton konten interaktif ini di CNN.com

Juru bicara Departemen Luar Negeri AS Matthew Miller mengatakan pada hari Rabu bahwa kematian tersebut “sayangnya tidak dapat dihindari.”

Miller mengatakan dalam konferensi pers: “Houthi terus melancarkan serangan sembrono ini tanpa mempedulikan keselamatan warga sipil tak berdosa yang melintasi Laut Merah, dan kini mereka sayangnya dan secara tragis telah membunuh warga sipil tak berdosa.”

“Amerika Serikat akan terus meminta pertanggungjawaban Houthi atas serangan mereka, yang tidak hanya mengganggu perdagangan internasional, tidak hanya mengganggu kebebasan navigasi dan perairan internasional, dan tidak hanya membahayakan para pelaut, namun kini secara tragis telah membunuh sejumlah dari mereka.” Dia berkata.

Kepala badan pelayaran PBB menyampaikan belasungkawa atas kematian tersebut dan kembali menyerukan agar awak kapal dilindungi setelah tragedi tersebut.

“Pelaut yang tidak bersalah tidak boleh menjadi korban tambahan,” kata Sekretaris Jenderal IMO Arsenio Dominguez dalam sebuah pernyataan.

Houthi telah melancarkan lebih dari 45 serangan rudal dan drone terhadap kapal angkatan laut komersial, pasukan AS dan koalisi yang beroperasi di Laut Merah, menurut para pejabat AS dan Barat, yang sebagian besar dicegat oleh kapal perusak AS atau koalisi atau mendarat di perairan tanpa membahayakan. .

Sejauh ini, tidak ada kapal militer yang terkena dampak drone atau rudal Houthi, menurut juru bicara Departemen Pertahanan AS Mayor Pete Nguyen. Namun lebih dari selusin kapal komersial, termasuk beberapa kapal Amerika, telah diserang sejak Oktober, kata Nguyen.

Amerika Serikat dan Inggris juga telah melakukan empat putaran serangan terhadap sasaran Houthi di Yaman sejak Januari, menyerang fasilitas penyimpanan senjata dan rudal, sistem pertahanan udara dan udara tak berawak, radar, dan helikopter.

READ  Pembaruan pemilu Israel: Netanyahu berharap untuk kembali berkuasa

Pasukan Komando Pusat AS juga secara rutin melancarkan serangan dinamis terhadap rudal Houthi yang bersiap diluncurkan dari Yaman.

Itu adalah pemerintahan Biden Berjuang untuk menghentikan seranganNamun, kelompok pemberontak terus memperkuat persediaan senjatanya di Yaman, CNN sebelumnya melaporkan.

Beberapa pejabat mengatakan kepada CNN bahwa AS masih belum memiliki “denominator” yang memungkinkan mereka menilai berapa persentase peralatan Houthi yang benar-benar dihancurkan oleh AS dan Inggris dalam serangan udara, dan tidak jelas apakah AS akan mengubah pendekatan militernya lebih lanjut. .

“Kami tahu bahwa Houthi memiliki persenjataan yang besar,” kata wakil juru bicara Pentagon Sabrina Singh pekan lalu, beberapa jam setelah Houthi menyerang kapal kargo lain di Teluk Aden dengan rudal balistik. “Mereka sangat berkemampuan, dan memiliki senjata canggih, karena mereka terus mendapatkannya dari Iran.”

“Mereka terus mengejutkan kami,” kata seorang pejabat senior pertahanan, mengacu pada Houthi. “Kami tidak tahu pasti apa yang masih mereka miliki.”

Tonton konten interaktif ini di CNN.com

Meskipun terdapat kehadiran kuat pasukan AS dan koalisi di Laut Merah, termasuk kapal induk USS Dwight D. Eisenhower dan beberapa kapal perusak AS, serangan Houthi telah menyebabkan penurunan signifikan jumlah kapal yang melewati Terusan Suez.

Koridor ini menghubungkan Laut Merah ke Mediterania, memungkinkan kapal-kapal memotong ribuan mil rute pelayaran alih-alih berlayar mengelilingi Afrika. Pada paruh pertama bulan Februari, Terusan Suez mengalami penurunan angkutan bulanan sebesar 42% dan penurunan tonase kontainer sebesar 82% dari puncaknya pada tahun 2023, menurut PBB.

Jennifer Hansler dari CNN, Mustafa Salem, dan Sharon Braithwaite, Kathleen Magramo dan Manveena Suri Berkontribusi pada laporan.