Desember 1, 2022

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Pekan Kemenangan di Arab Saudi Mengklaim Kembali Pelukan Barat

Pekan Kemenangan di Arab Saudi Mengklaim Kembali Pelukan Barat

New York (AFP) – Tampaknya Arab Saudi meninggalkan semburan liputan negatif tentang pembunuhan Jamal Khashoggi. Itu telah direbut sejak 2018. Kerajaan sekali lagi disambut dengan antusias kembali ke dalam komunitas yang sopan dan kuat, dan pengejaran investasi Saudi tidak lagi disukai. atau menerima bantuan mereka.

Pekan kemenangan Saudi yang sibuk termasuk menengahi pertukaran tahanan antara Ukraina dan Rusia, mengadakan pertemuan tingkat tinggi di sela-sela Majelis Umum PBB, menandai hari nasional negara itu dengan kemegahan dan pesta, menjamu kanselir Jerman dan membahas pasokan energi. dengan kulit putih senior. Pejabat rumah.

Kerajaan dapat memfokuskan kembali sekali lagi pada ambisi ambisius penggantian nama Arab Saudi oleh Putra Mahkota Mohammed bin Salman dan tujuan konstruksi Dana kekayaan negara terbesar di dunia dan penarikan Kerajaan dari Kelompok Dua Puluh ke negara-negara G7 paling eksklusif yang mewakili ekonomi terbesar.

Ini adalah tugas yang sering digambarkan sebagai membangunkan raksasa yang sedang tidur. Namun itu terjadi bahkan ketika reformasi hak asasi manusia tetap di luar agenda.

Saat putra mahkota memulai reformasi sosial dan ekonomi yang sensitifPada saat yang sama, dia mengawasi tindakan keras yang meluas Tentang oposisi, yang menurut para pendukungnya perlu untuk memastikan stabilitas selama periode ini. Di antara mereka yang ditahan atau dilarang meninggalkan negara itu adalah aktivis hak-hak perempuan, pengkhotbah moderat, ulama konservatif, ekonom, dan penulis progresif. Bahkan pangeran dan miliarder senior Saudi tidak luput dari ini. Beberapa telah ditangkap dan ditahan di hotel Ritz-Carlton di ibu kota dalam upaya anti-korupsi yang diduga telah mengumpulkan lebih dari $100 miliar aset.

Tetapi kampanye itu mendapat teguran internasional terkuat setelah Khashoggi dibunuh oleh agen-agen Saudi di dalam konsulat Saudi di Istanbul empat tahun lalu.

Dan baru bulan lalu, dua wanita dijatuhi hukuman penjara yang sangat panjang karena aktivisme mereka di Twitter dan media sosial. Pengadilan Saudi memvonis seorang wanita 45 tahun penjara Pada bulan Agustus, dia dituduh merugikan negara melalui aktivisme media sosialnya. Ini terjadi setelah hukuman penjara 34 tahun Tentang wanita Saudi lainnya yang dihukum karena menyebarkan “rumor” dan me-retweet para pembangkang. Kedua wanita itu menerima hukuman yang sangat panjang di tingkat banding.

READ  Turis Amerika didenda karena merusak tangga Spanyol dengan sepeda motor

Associated Press bertanya kepada Menteri Luar Negeri Saudi Pangeran Farhan bin Faisal tentang hukuman ini. Masalah-masalah ini masih dalam pertimbangan. Dia mengatakan mereka belum mempertimbangkan banding terakhir. Dia berbicara di Yale Club eksklusif selama acara di New York minggu ini. Isu-isu tidak akan dibahas lebih lanjut.

Kekuatan Arab Saudi tidak hanya terletak pada posisi nomor satu sebagai pengekspor minyak terbesar di dunia, tetapi juga menjadi rumah bagi situs-situs paling suci Islam. Dan kampung halamannya.

Upaya pangeran untuk menyingkirkan kuk Selama beberapa dekade, kontrol Wahhabi ekstremis atas setiap aspek kehidupan populer di kalangan pemuda Saudi. dari bioskop Dan konser untuk mendorong wanita Mengurangi kekuatan moral polisiWajah Arab Saudi berubah. Yang terakhir sangat kontras dengan protes Di kota-kota saingan Iran minggu ini atas kematian seorang wanita dalam tahanan polisi moralitas negara itu.

Di ujung lain dari perubahan ini adalah reorientasi identitas Arab Saudi dari fokus agama utama ke budaya dan budaya. Nasional kebanggaan.

Dalam forum mewah sepanjang hari minggu ini di salah satu berita utama New York Upper East Side, dana kekayaan kerajaan senilai $620 miliar telah menarik beberapa pejabat kota untuk berbaur dan berjejaring di sela-sela pertemuan tahunan para pemimpin dunia PBB. Sementara Kerajaan tidak berhenti menarik investor atau menjalin kemitraan Pada tahun-tahun setelah pembunuhan Khashoggi, atau di tengah perang yang sedang berlangsung di Yaman, hubungan itu kurang berkembang di antara para elit Amerika.

Dana Investasi Publik memiliki saham signifikan di Uber, Lucid Motors, operator pelayaran Karnaval, Live Nation, Nintendo, Microsoft, dan sejumlah perusahaan lain. Investasi ini bertujuan untuk mengembangkan kekayaan minyak Kerajaan Arab Saudi dan menggunakannya untuk membangun industri pariwisata, rekreasi dan mewah kelas dunia di negara tersebut. Dengan melakukan itu, Kerajaan menciptakan ekonomi yang tangguh karena dunia melihat ke masa depan yang didukung oleh energi hijau alih-alih bahan bakar fosil.

READ  Pembaruan Langsung: Perang Rusia di Ukraina

Proyek terbesar PIF adalah NEOM, sebuah proyek futuristik besar di sepanjang pantai barat laut Laut Merah Kerajaan yang membayangkan mobil terbang dan kota netral karbon sepanjang 105 mil (170 kilometer) yang seluruhnya dikelilingi dan didukung oleh kecerdasan buatan.

Putra mahkota mengawasi Dana Investasi Publik, tetapi orang yang mengelola investasi sehari-harinya adalah Yasir Al-Rumayyan. Dia berbicara pada apa yang disebut “prioritas utama” kepada elit keuangan yang mencakup Jared KushnerMantan penasihat Gedung Putih dan menantu Donald Trump. Kushner baru-baru ini Mengamankan investasi $2 miliar dari Dana Investasi Publik untuk memulai perusahaan ekuitas swasta barunya.

Dana tersebut adalah kunci bagi pangeran berusia 37 tahun itu berpacu dengan waktu untuk menciptakan setidaknya 1,8 juta pekerjaan bagi pemuda Saudi yang sudah cukup umur dan memasuki pasar kerja.

“Bukan hanya jumlah yang kami lihat, tetapi kualitas pekerjaan ini, kualitas apa yang kami berikan kepada komunitas kami – dan pada saat yang sama, menghasilkan uang saat kami melakukannya,” kata Al-Rumayyan.

Kekayaan PIF didorong oleh pendapatan minyak kerajaan. Al-Rumayyan juga merupakan ketua Saudi Aramco. Perusahaan minyak dan gas milik negara itu mencatat rekor pada kuartal kedua tahun ini dengan keuntungan lebih dari $48 miliar – lebih banyak dari gabungan Apple, Alphabet, Microsoft, Meta dan Amazon pada kuartal yang sama.

KTT tersebut, yang diselenggarakan oleh Institut Inisiatif Investasi Asing Dana Investasi Publik, dan diadakan di “Davos in the Desert” tahunan di Riyadh, menarik lebih dari sekadar orang yang mencari peluang dan penawaran utama Arab Saudi. Itu juga menarik para intelektual dan seniman – jenis kekuatan lunak yang tidak selalu bisa dibeli dengan uang.

READ  Jake Sullivan bertemu Yang Jiechi di Luksemburg, membuka jalan bagi kemungkinan pertemuan antara Biden dan Xi

Terlepas dari perubahan nada di Barat, momok pembunuhan Khashoggi masih tampak besar.

Pewaris itu terutama absen dari pemakaman Ratu Elizabeth II, yang menarik anggota keluarga kerajaan dari seluruh dunia ke London bulan ini. Sumber yang dekat dengan Pangeran Mohammed mengatakan dia tidak akan menghadiri pemakaman, yang visualnya bisa menjadi pengalih perhatian. Tetapi mereka mengatakan dia akan melakukan perjalanan ke London untuk memberikan penghormatan kepada Raja Charles III yang baru. Itu tidak pernah terjadi.

Setelah membantu putra mahkota menegosiasikan pertukaran tahanan Antara Rusia dan Ukraina, sebuah langkah yang mendapat pengakuan internasional, headline New York Post berbunyi: “Gedung Putih Terima Kasih Putra Mahkota yang Membunuh.”

Fernando Javier Solichin, seorang produser film Argentina yang berkolaborasi dalam proyek dengan Oliver Stone, mengatakan bahwa dia tertarik pada acara PIF karena dia ingin mendengar ide-ide baru dan bertukar pikiran.

Dia berkata, “Alih-alih menjadi sarkastik dan hanya membaca koran, itu seperti, Apa yang sedang terjadi?” , menambahkan bahwa tidak ada sesi dan diskusi yang “diedit oleh dewan editorial mana pun”. Dia menyamakannya dengan mengambil air dari sungai, bukan dari keran.

Kerajaan tidak lagi digerakkan oleh arus, ia sedang mengendarai gelombangnya sendiri.

___

Aya Elbatrawy, seorang jurnalis Associated Press yang berbasis di Dubai, sedang bertugas meliput pekerjaan Majelis Umum PBB. Ikuti dia di Twitter di http://twitter.com/ayaelb Untuk liputan AP lebih lanjut tentang Majelis Umum PBB, kunjungi https://apnews.com/hub/united-nations-general-assembly