Juli 24, 2024

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Pedoman Kremlin untuk liputan media tentang serangan balik Ukraina telah bocor

Pedoman Kremlin untuk liputan media tentang serangan balik Ukraina telah bocor

Kremlin telah merilis daftar pedoman untuk media pemerintah Rusia tentang cara meliput serangan balik Ukraina yang akan segera terjadi, kantor berita independen Meduza mengungkapkan pada hari Selasa.

Pedoman tersebut, yang merekomendasikan untuk menekankan fakta bahwa Ukraina dipersenjatai oleh NATO sambil mengecilkan saran bahwa Kiev tidak cukup siap, tampaknya dimaksudkan untuk memberi Moskow kesempatan untuk mengubah hasil serangan balik yang diharapkan secara positif.

“Jika Ukraina berhasil, dengan bantuan senjata dari Amerika Serikat dan Eropa, dan menduduki beberapa wilayah, maka … [Russian] Kerugiannya dapat dimengerti: seluruh Barat telah memusatkan upaya besar di garis depan, tetapi keberhasilannya – dibandingkan dengan upaya ini – sangat sederhana, ”kata seorang sumber yang dekat dengan Kremlin kepada Meduza.

Namun, jika serangan balik Ukraina gagal, Kremlin akan dapat membanggakan bahwa tentara Rusia berhasil menangkis serangan pasukan musuh yang lebih unggul, Meduza mengutip sumbernya.

Rupanya, Kremlin juga telah meminta media pemerintah untuk tidak menyebutkan besarnya anggaran nasional yang dialokasikan untuk memulihkan infrastruktur di wilayah Ukraina yang diduduki Rusia, karena khawatir ukurannya dapat memicu ketidakpuasan rakyat.

Sebaliknya, Kremlin merekomendasikan agar media pemerintah fokus pada proyek rekonstruksi yang lebih terkait, seperti bagaimana “menyelesaikan masalah” dan bagaimana membangun kembali sekolah, taman kanak-kanak, dan rumah sakit di Ukraina yang diduduki Rusia.

Selain itu, Kremlin telah meminta “kurang ribut” atas persiapan tahun ini untuk 9 Mei, hari libur tahunan negara itu untuk merayakan kemenangan Uni Soviet atas Nazi Jerman dalam Perang Dunia II.

Beberapa wilayah Rusia sudah memilikinya dibatalkan Parade Hari Kemenangan tahun ini, dengan dalih keamanan, sementara pihak berwenang di Moskow mengambil keputusan yang belum pernah terjadi sebelumnya untuk memblokir akses Ke Lapangan Merah, tempat Presiden Vladimir Putin akan menghadiri parade 9 Mei, dua minggu sebelum perayaan Hari Kemenangan.

READ  Amerika Serikat dan sekutunya sedang mempertimbangkan untuk menyediakan pesawat tempur ke Ukraina untuk melawan Rusia