Mei 22, 2024

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Pasar rebound setelah keputusan bank sentral mendorong investor

Pasar rebound setelah keputusan bank sentral mendorong investor

Investor masuk ke saham dan obligasi pada hari Kamis karena mereka menangkap tanda-tanda bahwa suku bunga mendekati puncaknya di kedua sisi Atlantik.

Saham di Wall Street melonjak ke level tertinggi sejak Agustus, sementara obligasi pemerintah di Eropa membukukan kenaikan satu hari terbesar dalam beberapa tahun.

Kenaikan terjadi setelah Bank of England bergabung dengan Federal Reserve dalam mengisyaratkan bahwa serangkaian kenaikan suku bunga yang agresif selama setahun terakhir akan segera berakhir.

Meskipun kenaikan suku bunga setengah poin dari Bank of England diharapkan secara luas, hal itu menurunkan pedoman sebelumnya bahwa akan terus bertindak “agresif” untuk mengekang inflasi.

Sebaliknya, Christine Lagarde, presiden Bank Sentral Eropa, berjanji untuk “tetap mengikuti jalur” karena lembaganya menaikkan suku bunga setengah poin dan berjanji untuk melakukan hal yang sama di bulan Maret. Tetapi Lagarde juga menekankan bahwa keputusan suku bunga di masa depan akan bergantung pada data ekonomi yang akan datang.

Kami sekarang berada dalam situasi di mana pasar mengambil kemenangan dalam apa yang tampak seperti sinyal ‘cahaya di ujung terowongan’ yang terkoordinasi dari bank sentral,” kata Charlie McElligott, seorang analis di Bank Nomura.

Dia menambahkan, “Pasar telah memilih dengan kakinya, kereta telah meninggalkan stasiun, hal-hal yang sangat spekulatif meledak lebih tinggi, dan imbal hasil obligasi jatuh.” “[Central banks] Mereka melemparkan bensin ke api.”

Di Amerika Serikat, S&P 500 naik 1,3 persen dan Nasdaq Composite naik 3,1 persen. Indeks Stoxx 600 Eropa naik 1,4 persen dan Dax Jerman naik 2,2 persen.

Obligasi pemerintah juga meningkat tajam. Hasil obligasi 10 tahun Jerman, patokan regional, turun 0,22 poin persentase menjadi 2,07 persen, mencerminkan harga yang lebih tinggi. Imbal hasil surat utang berisiko 10 tahun Italia turun 0,4 poin persentase menjadi 3,90 persen. Departemen Keuangan AS memperpanjang reli yang dimulai pada hari Rabu setelah Jay Powell mengatakan “untuk pertama kalinya proses deflasi telah dimulai” pada barang-barang konsumen, sebuah komentar Pasar telah ditafsirkan sebagai burung merpati sinyal dari ketua Fed, mendorong imbal hasil 10 tahun ke level terendah sejak September.

Di Inggris, para pedagang sekarang mengharapkan kenaikan suku bunga BoE berikutnya menjadi yang terakhir, dengan biaya pinjaman diperkirakan mencapai puncaknya pada 4,25 persen pada bulan Agustus. Di zona euro, pasar memperkirakan suku bunga mencapai puncaknya pada 3,25 persen di musim panas, naik dari level saat ini 2,5 persen.

READ  Dalam misi Partai Buruh untuk mengorganisir wilayah Selatan, domino lainnya mungkin akan segera runtuh

“Pasar menginginkan pemulihan dan sangat bersemangat, melihat melampaui apa pun yang sedikit lebih hawkish,” kata Matthew Rhys, Kepala Strategi Obligasi Global di Legal & General.

Indeks dolar, yang mengukur greenback terhadap sekeranjang enam mata uang, naik 0,4 persen pada hari Kamis, setelah turun lebih dari sepersepuluh dalam tiga bulan terakhir karena laju kenaikan suku bunga melambat.

Di Asia, Hang Seng Hong Kong turun 0,5 persen, CSI 300 China turun 0,3 persen, dan Nikkei Jepang naik 0,2 persen.