Desember 1, 2022

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Pasar Brasil memiliki hari terbaik mereka sejak 2020 saat Bolsonaro mengalahkan jajak pendapat

Pasar Brasil memiliki hari terbaik mereka sejak 2020 saat Bolsonaro mengalahkan jajak pendapat

São Paulo (Reuters) – Pasar Brasil melonjak pada Senin karena kinerja Presiden Jair Bolsonaro yang lebih kuat dari perkiraan dan sekutunya di Kongres pada putaran pertama pemilihan umum meredakan kekhawatiran tentang perubahan tajam dalam kebijakan ekonomi.

Mata uang Brasil menguat lebih dari 4% terhadap dolar, sedangkan indeks saham acuan Bovespa (.BVSP) Ini melonjak 5,5%, kenaikan satu hari terbesar sejak April 2020. Beberapa perusahaan naik lebih dari 10%, sementara saham preferen perusahaan minyak milik negara Petrobras naik. (PETR4.SA) Itu ditutup naik 8% di Sao Paulo.

Saingan kiri Bolsonaro, mantan Presiden Luiz Inacio Lula da Silva, gagal mencetak kemenangan pada putaran pertama pemungutan suara pada hari Minggu. Lula finis lima poin persentase di depan Bolsonaro, jauh di bawah keunggulan 7-17 poin yang diprediksi oleh lembaga survei teratas.

Daftar sekarang untuk mendapatkan akses gratis tanpa batas ke Reuters.com

Sekutu Bolsonaro juga memiliki penampilan yang kuat dalam memberikan suara untuk Kongres, membatasi ruang Lula untuk membuat perubahan kebijakan drastis jika dia kembali ke kursi kepresidenan.

Marcos Casarin, kepala ekonom Amerika Latin di Oxford Economics, mengatakan hasil Partai Buruh Lula dalam pemilihan kongres menunjukkan bahwa Lula “harus membentuk koalisi yang luas dengan mantan oposisinya agar dapat memerintah secara stabil”.

“Kami percaya ini sedekat mungkin dengan skenario terbaik bagi investor,” tulis Casarin.

Beberapa investor bertaruh bahwa Bolsonaro, meski bukan favoritnya, bisa mencetak kemenangan putaran kedua, memungkinkannya untuk terus maju dengan reformasi dan privatisasi pro-pasar.

“Saya pikir orang akan melihat reformasi sebagai kemungkinan yang lebih besar,” kata Ricardo Lacerda, pendiri dan CEO bank investasi BR Advisory Partners. (BRBI11.SA).

READ  Rusia menginvasi Ukraina dan berita tentang Vladimir Putin

Peluang baru untuk pemilihan kembali Bolsonaro mendorong saham di perusahaan yang dikendalikan negara untuk mengantisipasi bahwa mereka dapat diprivatisasi jika dia mendapatkan masa jabatan empat tahun lagi.

Selain keuntungan yang diperoleh Petrobras, ia juga berkontribusi pada pemberi pinjaman negara bagian Banco do Brasil SA (BBAS3.SA) Itu ditutup hampir 8% lebih tinggi pada hari Senin. Keuntungan datang pada hari yang kuat untuk pasar global, dengan Wall Street naik lebih dari 2%.

Hasil di negara bagian tenggara seperti São Paulo dan Minas Gerais juga mempengaruhi saham dengan eksposur politik di sana.

Mantan menteri infrastruktur Bolsonaro, Tarcisio Freitas, keluar dari pemungutan suara hari Minggu, memimpin pemilihan gubernur di Sao Paulo. Saham di perusahaan limbah negara Companhia de Saneamento Basico do Estado de Sao Paulo, lebih dikenal sebagai Sabesp (SBSP3.SA)naik 17% pada hari Senin, keuntungan terbesar di indeks Bovespa, berdasarkan ekspektasi bahwa Freitas akan memprivatisasinya.

Saham di perusahaan listrik publik Cemig (CMIG4.SA) Dan Sanitasi Copas (CSMG3.SA)Di Minas Gerais, keduanya masing-masing naik 11% dan 19%, setelah terpilihnya kembali gubernur pro-pasar Romeo Zima.

Satu-satunya pecundang di Bovespa adalah perusahaan pendidikan, yang dipandang sebagai penerima manfaat dari kemenangan Lula, karena kandidat sayap kiri dikatakan akan meningkatkan pinjaman mahasiswa publik jika terpilih.

YDUQS (YDUQ3.SA) Hampir 2% dan Cogna turun 0,3%.

Analis di Guide Investimentos mengatakan bahwa sementara sektor-sektor seperti pendidikan, barang modal dan ritel pada akhirnya akan mendapat manfaat dari pemerintah Lula, dampaknya akan dibatasi oleh susunan Kongres yang baru dan condong ke kanan.

Gustavo Cruz, ahli strategi di RB Investimentos, mengatakan persaingan yang diperoleh dengan susah payah menunjukkan bahwa tidak ada kandidat yang akan mendapatkan mandat untuk menerapkan kebijakan radikal.

READ  China mengatakan Xi Jinping telah memberikan pukulan terhadap Covid domestik karena berusaha meredakan masalah keamanan vaksin | Virus corona

“Siapa pun yang menang tidak akan mendapatkan cek kosong dari pemilih,” katanya.

Daftar sekarang untuk mendapatkan akses gratis tanpa batas ke Reuters.com

(Laporan) Dikirim oleh Tatiana Bautzer, Gabriel Araujo, André Romani dan Camila Moreira; pelaporan dan penulisan bersama oleh Gram Slattery di Rio de Janeiro; Diedit oleh Brad Hines, Chizu Nomiyama, Rosalba O’Brien dan Mark Porter

Kriteria kami: Prinsip Kepercayaan Thomson Reuters.