September 27, 2022

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Pasar Berkembang – Rupiah Indonesia, Ringgit Malaysia Naik di Forex Asia

JAKARTA, 13 Agustus (Reuters): Rupiah Indonesia mencapai level tertinggi dua bulan pada hari Jumat di tengah ekspektasi bahwa bank sentral akan mengadopsi pendekatan agresif untuk memerangi inflasi.

Di antara mata uang regional lainnya, dolar Singapura dan dolar Taiwan setara. Rupiah Indonesia mencapai level tertinggi sejak 13 Juni diperdagangkan pada 14.670 terhadap dolar.

Mata uang telah melihat rebound setelah posisi terendah Juni, menguat lebih dari 1% sejauh bulan ini karena ekonomi terus pulih.

Inflasi dan prospek resesi global telah meningkatkan ekspektasi bahwa Bank Indonesia (BI) dapat menaikkan suku bunganya dengan menarik uang dari aset berisiko, karena merupakan salah satu negara terakhir di kawasan yang melakukannya. Kebijakan yang dilonggarkan era.

“Term perdagangan Indonesia terlihat semakin menarik dalam beberapa bulan terakhir, mengingat posisi transaksi berjalan dan dukungan untuk rupee,” kata analis di TD Securities dalam sebuah catatan penelitian.

Analis di Citi dan OCBC memperkirakan BI akan menaikkan suku bunga reverse repurchase kunci tujuh hari pada pertemuan akhir bulan ini, dengan Citi melihat kenaikan 25 basis poin.

Namun, Maybank dan ANZ tidak melihat adanya pengetatan bank sentral. Ringgit Malaysia mengalami kenaikan moderat meskipun ada data yang kuat, dengan bank sentral memperkirakan perlambatan pertumbuhan global akan menimbulkan risiko bagi prospek negara itu untuk sisa tahun 2022.

Analis dari Barclays memperkirakan bank sentral Malaysia akan melanjutkan jalur pengetatan suku bunga di tengah optimisme pertumbuhan.

“Bank Negara Malaysia (PNM) telah meningkatkan suku bunga kebijakan sebesar 50 bps dalam siklus saat ini, perlambatan dalam pemulihan pertumbuhan akan mendorong BNM untuk melanjutkan pengetatan,” tulis analis Barclays.

Saham di Singapura, Indonesia dan China turun antara 0,1% dan 1%, sementara saham di Filipina dan Malaysia masing-masing naik 0,3%.

READ  Pratinjau Wanita Singapura vs Wanita Indonesia, Prediksi dan masih banyak lagi

Meskipun pembacaan CPI lebih lemah dari perkiraan pada hari Kamis, investor secara global tetap tenang karena mereka mencerna kebutuhan untuk terus menaikkan suku bunga untuk mengurangi tekanan harga ke atas. Pasar Thailand tutup untuk hari libur nasional. – Reuters