April 21, 2024

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Partigate: Anggota parlemen berselisih dengan Boris Johnson karena penolakan

Partigate: Anggota parlemen berselisih dengan Boris Johnson karena penolakan

jelaskan videonya,

Tonton: Momen-momen penting dari pertanyaan Partigit tentang Boris Johnson

Boris Johnson telah berulang kali menegaskan bahwa dia tidak sengaja menyesatkan parlemen tentang gerbang partai dalam pemeriksaan tiga jam oleh panel anggota parlemen.

Mantan perdana menteri memulai sesi dengan sebuah Alkitab di tangannya, di mana dia bersumpah: “Hati-hati, saya tidak berbohong kepada majelis.”

Dia mengakui jarak sosial tidak “ideal” pada pertemuan di Downing Street selama penguncian Covid.

Tetapi dia mengatakan kepada anggota parlemen bahwa pedoman tersebut telah diikuti – sebagaimana dia memahaminya.

Komite Hak Istimewa sedang menyelidiki pernyataan yang dibuat Johnson kepada Parlemen, setelah detail pesta berbahan bakar alkohol dan pertemuan Downing Street lainnya muncul di media sejak akhir tahun 2021 dan seterusnya.

Jika anggota parlemen menemukan dia sengaja atau sembrono menyesatkan Parlemen, dia menghadapi penangguhan dari House of Commons – sebuah langkah yang dapat menyebabkan pemilihan sela di daerah pemilihannya di Uxbridge dan South Ruislip.

Johnson, yang memiliki penasihat hukum di sisinya, dan para pendukungnya, termasuk mantan menteri pemerintah Jacob Rees-Mogg, berada dalam suasana hati yang agresif saat dia menjawab pertanyaan anggota parlemen.

Anggota parlemen sendiri sangat kuat dalam pemeriksaan silang mereka, dengan ketuanya, Harriet Harman dari Partai Buruh, menyebut pernyataannya “lemah”, mengatakan bahwa itu “sama sekali tidak berarti”.

“pagar listrik”

Johnson bersikeras bahwa pertemuan kerja “penting”, yang katanya termasuk staf yang meninggalkan Dos di Downing Street, diizinkan berdasarkan pedoman Covid pemerintahnya.

Kadang-kadang, anggota parlemen di komite — termasuk senior Tory Sir Bernard Jenkin — meragukan cara argumennya.

Menampilkan foto dirinya dikelilingi oleh rekan kerja dan minum saat dia berjalan pergi, Johnson mengatakan karyawan No. 10 tidak dapat memiliki “pagar listrik yang tidak terlihat di sekitar mereka”.

“Mereka kadang-kadang akan melayang ke orbit masing-masing,” katanya, menerima bahwa “jarak sosial yang sempurna tidak diamati” di foto tetapi menyangkal itu adalah pelanggaran pedoman.

“Saya pikir itu benar-benar diperlukan untuk tujuan bisnis,” katanya tentang acara tersebut kepada direktur komunikasi Lee Cain pada November 2020.

“Kami mengikuti pedoman sebaik mungkin – yang diberikan pedoman itu.”

Ini adalah peristiwa yang dia pikirkan pada 1 Desember 2021, ketika dia memberi tahu anggota parlemen bahwa semua pedoman telah diikuti, katanya kepada Sir Bernard.

“Saya berkewajiban untuk mengatakan,” kata Sir Bernard, “bahwa jika Anda mengatakan semuanya pada waktu itu kepada House of Commons, kami mungkin tidak akan duduk di sini. Tapi Anda tidak melakukannya.”

Ditanya kemudian dalam sesi apakah dia seharusnya membuat argumen ini pada saat itu, anggota parlemen dari Partai Buruh Andy Carter berkata: “Mungkin jika saya memperjelas apa yang saya maksud – dan apa yang saya rasakan dan yakini tentang mengikuti pedoman – itu akan membantu.”

Momen penting lainnya termasuk:

  • Mr Johnson mengatakan proses yang digunakan untuk memutuskan apakah dia membenci Parlemen “benar-benar tidak adil” dan mengklaim anggota parlemen “tidak menemukan apa pun untuk menunjukkan bahwa saya telah diperingatkan sebelumnya bahwa acara di Nomor 10 itu melanggar hukum”.
  • Harriet Harman telah menolak tuduhan bias, mengatakan anggota parlemen akan meninggalkan “kepentingan partisan mereka di pintu komite”, di tengah klaim pendukung Johnson bahwa itu adalah “pengadilan kanguru”.
  • Mr Johnson mengatakan bahwa jika “jelas” ada pelanggaran aturan di Nomor 10, seperti yang dikatakan panel, itu juga akan “jelas” bagi orang lain, termasuk Perdana Menteri saat ini Rishi Sunak.

Ditanya apakah dia akan memberi tahu organisasi lain, jika ditanya pada konferensi pers pemerintah tentang pandemi, apakah mereka dapat mengadakan “unjuk rasa perpisahan jarak sosial”, Johnson berkata: “Saya akan mengatakan itu terserah organisasi, seperti yang dinyatakan dalam arahan, untuk memutuskan bagaimana mereka akan melaksanakan mengarahkan mereka satu sama lain.

sumber gambar, Pelaporan oleh Sue Gray/Kantor Kabinet

keterangan foto,

Boris Johnson mengatakan demonstrasi Downing Street adalah acara bisnis

Dia juga menegaskan bahwa pertemuan ulang tahunnya, pada Juni 2020 di puncak pandemi, yang didenda oleh polisi, “diperlukan secara wajar untuk tujuan bisnis”.

Dia membela kehadiran desainer interior mewah Lulu Lytle – yang sedang merenovasi flat Downing Street Johnsons – karena dia adalah “kontraktor” yang bekerja di No 10.

Dia mengatakan konselor Rishi Sunak, yang juga hadir, akan “sama terkejutnya dengan saya” tentang denda yang mereka terima.

“Saya pikir itu adalah kejadian yang sama sekali tidak bersalah,” kata Johnson. “Tidak ada yang lain dari acara biasa, acara biasa, atau acara tempat kerja di taman yang menarik perhatian saya.”

“ Kilatan keraguan ”

Dalam wawancara buruk lainnya dengan Sir Bernard Jenkin, Johnson ditanyai tentang komentarnya bahwa “bukanlah sifat buruk” untuk mengandalkan penasihat politik untuk jaminan sebelum membuat pernyataan ke House of Commons.

Sir Bernard mengungkapkan keheranannya bahwa, jika ada “secercah keraguan” tentang apakah aturan itu diikuti, Johnson tidak akan meminta nasihat dari pegawai negeri atau pengacara pemerintah.

Sir Bernard mengatakan kepadanya, “Jika saya dituduh melakukan pelanggaran hukum dan harus membuat janji kepada Parlemen… Saya ingin berkonsultasi dengan pengacara.”

Johnson yang tampak kesal memberi tahu para senior Tory: “Ini benar-benar omong kosong, maksud saya, benar-benar tidak masuk akal.

“Saya bertanya kepada orang-orang yang terlibat. Mereka orang tua. Mereka bekerja keras.”

Komite akan memberikan putusannya pada Tuan Johnson pada musim panas.

House of Commons penuh akan memberikan suara pada setiap rekomendasi. Sunak setuju untuk memberikan suara hati nurani kepada anggota parlemen Tory atas nasib Johnson.

READ  Ketegangan meningkat setelah Azerbaijan menutup jalur darat dari Armenia | berita konflik