Maret 2, 2024

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Partai sayap kanan Jerman membuat kemajuan dalam pemilu

Partai sayap kanan Jerman membuat kemajuan dalam pemilu

Tetap terinformasi dengan pembaruan gratis

Partai sayap kanan Alternatif untuk Jerman (AfD) telah memenangkan pemilihan walikota untuk pertama kalinya di sebuah kota berukuran sedang di Jerman, sebuah tonggak sejarah lain dalam semakin populernya partai tersebut yang didorong oleh kekecewaan para pemilih terhadap koalisi yang berkuasa di negara tersebut.

Tim Lochner meraih 38,5 persen suara pada putaran kedua pemungutan suara hari Minggu di Pirna, sebuah kota di negara bagian timur Saxony dekat perbatasan Ceko, mengalahkan kandidat dari partai sayap kanan-tengah Uni Demokratik Kristen dan partai liberal Pemilih Bebas.

Lochner, seorang tukang kayu berusia 53 tahun, bukan anggota AfD namun mencalonkan diri sebagai kandidat dari partai tersebut.

Jörg Orban, ketua partai Alternatif untuk Jerman di Saxony, mengatakan bahwa hasil pemilihan walikota hari Minggu memberikan “model” untuk pemilihan daerah tahun depan, ketika partai tersebut bertujuan untuk memenangkan 40 persen suara. “Itu bisa dilakukan,” katanya.

Kandidat CDU yang kalah, Kathrin Dollinger Knuth, mengaitkan hasil ini dengan kegagalan partai-partai yang lebih moderat untuk bersatu melawan AfD, dengan mengatakan: “Sayangnya, para pemilih yang bebas memutuskan untuk melakukannya sendiri, sehingga membuka jalan bagi keberhasilan AfD. .”

Tidak populernya koalisi yang berkuasa di Jerman dikonfirmasi oleh jajak pendapat yang diterbitkan oleh surat kabar Bild Zeitung pada akhir pekan, yang menunjukkan bahwa 59 persen masyarakat ingin mengadakan pemilu tahun depan untuk mengubah pemerintahan federal, meskipun pemilu tersebut tidak dijadwalkan. dilaksanakan sebelum tahun 2025.

Kemenangan AfD di Pirna, sebuah kota berpenduduk 40.000 jiwa di tenggara Dresden, mengikuti kinerja yang kuat dalam pemilu daerah pada bulan Oktober.

READ  Kami baru saja menembak jatuh dua pesawat komando Rusia

Dia mengejutkan partai-partai besar dengan memperoleh 18,6 persen di Hesse dan 14,6 persen di Bavaria – perolehan suara yang luar biasa tinggi bagi AfD di negara-negara barat yang lebih kaya.

Beberapa kelompok AfD telah dicap ekstremis oleh badan intelijen dalam negeri Jerman: salah satu pemimpinnya akan diadili atas tuduhan menggunakan slogan-slogan Nazi yang dilarang; Seorang mantan anggota parlemen AfD ditangkap tahun lalu atas perannya dalam dugaan rencana kelompok ekstremis untuk menggulingkan pemerintah nasional; Seorang anggota partai AfD ditangkap di parlemen negara bagian Bavaria pada bulan Oktober atas tuduhan penghasutan dan kepemilikan materi Nazi.

Namun, semua upaya tersebut tidak berhasil menghalangi para pemilih, yang berbondong-bondong meninggalkan partai tradisional dan memilih mendukung AfD.

Para pemilih tampaknya berbalik menentang koalisi Kanselir Olaf Scholz yang berkuasa karena berbagai isu mulai dari kenaikan inflasi, stagnasi perekonomian, kenaikan biaya energi, dan meningkatnya imigrasi ilegal.

Posisi pemerintah federal mendapat pukulan baru bulan lalu setelah keputusan pengadilan tertinggi meninggalkan kesenjangan 60 miliar euro dalam rencana anggarannya dan memaksa koalisi untuk menerima pemotongan belanja.

Partai Alternatif untuk Jerman memperoleh sekitar 22 persen suara dalam jajak pendapat nasional, mengungguli tiga partai dalam koalisi Schulz: Sosial Demokrat, Partai Hijau, dan Demokrat Bebas.

Pada bulan Agustus, AfD memenangkan pemilihan walikota pertama di kota pedesaan Raguhn-Gesnitz, di Jerman timur. Pada bulan Juni, ia memenangkan pemilihan presiden dewan distrik pertamanya di Sonneberg, juga di wilayah timur.

Meskipun AfD menang dalam pemilu, mereka tetap merupakan gerakan pinggiran. Partai-partai tradisional telah membangun “firewall” di sekitar partainya, dan bersikeras bahwa mereka tidak akan bekerja sama atau membentuk aliansi dengan partai tersebut, baik di tingkat federal maupun regional.

READ  Pembangkit nuklir Ukraina di Zaporizhia kehilangan daya eksternal: 'sangat mengkhawatirkan'

Namun, kekhawatiran semakin meningkat bahwa firewall tersebut tidak akan bertahan lama – terutama di negara bagian Jerman bagian timur, dimana AfD melebihi 30 persen. Partai-partai lain mungkin akan kesulitan membentuk koalisi tanpa mereka.