Maret 3, 2024

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Para pejabat mengatakan serangan udara Israel dalam serangan yang diperluas tersebut menewaskan sedikitnya 90 orang dan menghancurkan dua rumah

Para pejabat mengatakan serangan udara Israel dalam serangan yang diperluas tersebut menewaskan sedikitnya 90 orang dan menghancurkan dua rumah

Lebih dari 90 warga Palestina tewas, termasuk puluhan anggota keluarga besar Serangan udara Israel Tim penyelamat dan pejabat rumah sakit mengatakan pada hari Sabtu, sehari setelah kecelakaan itu, bahwa dua rumah telah hancur Sekretaris Jenderal PBB kembali memperingatkan Bahwa tidak ada tempat yang aman di Gaza dan serangan Israel yang terus berlanjut menciptakan “hambatan besar” terhadap distribusi bantuan Bantuan kemanusiaan.

Militer Israel juga mengatakan pada hari Sabtu bahwa pasukannya menangkap ratusan tersangka aktivis di Gaza selama seminggu terakhir dan memindahkan lebih dari 200 dari mereka ke Israel untuk diinterogasi lebih lanjut, memberikan rincian langka tentang… Kebijakan penahanan massal yang kontroversial Tentang pria Palestina. Tentara mengatakan bahwa lebih dari 700 orang yang diduga memiliki hubungan dengan Hamas dan Jihad Islam sejauh ini telah dikirim ke penjara Israel.

Israel menyatakan perang setelah militan Hamas menyerbu perbatasan 7 Oktober, Akibatnya, sekitar 1.200 orang tewas dan sekitar 240 orang disandera. lebih dari 20 ribu warga Palestina terbunuh Dalam perang yang dilancarkan Israel untuk menghancurkan Hamas, lebih dari 53.000 orang terluka, menurut pejabat kesehatan di Gaza, wilayah yang dikepung dan dikuasai kelompok Islam bersenjata tersebut selama 16 tahun.

Presiden Biden berbicara dengan Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu pada hari Sabtu, menyebutnya sebagai percakapan yang panjang dan istimewa sehari setelah pemerintahan Biden sekali lagi melindungi Israel di arena diplomatik. Pada hari Jumat di Dewan Keamanan PBB Keputusan yang lunak diambil Mereka menyerukan percepatan segera pengiriman bantuan kepada warga sipil yang putus asa di Gaza, namun bukan gencatan senjata.

“Saya tidak meminta gencatan senjata,” kata Biden tentang seruan tersebut. Kantor Netanyahu mengatakan bahwa perdana menteri “menjelaskan bahwa Israel akan melanjutkan perang sampai semua tujuannya tercapai.”

Meskipun meningkat Internasional menyerukan gencatan senjataIsrael telah berjanji untuk terus berperang sampai Hamas dihancurkan dan disingkirkan dari kekuasaan di Gaza dan semua sandera dibebaskan.

Pada hari Jumat, serangan udara menghancurkan dua rumah, satu di Kota Gaza dan lainnya di kamp pengungsi Nuseirat di Jalur tengah.

Hancurnya lahan pertanian dan bangunan di Jalur Gaza terlihat dari Israel selatan, Jumat 22 Desember 2023.

Leo Correa/AFP


Kementerian Kesehatan di Gaza mengatakan, pada Sabtu malam, bahwa 201 orang menjadi syahid dalam 24 jam terakhir.

Mahmoud Basal, juru bicara Pertahanan Sipil Palestina, mengatakan serangan di Kota Gaza pada hari Jumat menewaskan 76 orang dari keluarga Mughrabi, menjadikannya salah satu serangan paling berdarah dalam perang tersebut. Dia memberikan nama 16 kepala keluarga, dan mengatakan bahwa korban tewas termasuk perempuan dan anak-anak.

Di antara korban tewas adalah Issam al-Mughrabi, seorang karyawan veteran UNDP, istri dan lima anak mereka.

“Hilangnya Issam dan keluarganya sangat mempengaruhi kami semua. PBB dan warga sipil di Gaza bukanlah target,” kata Achim Steiner, kepala badan tersebut. “Perang ini harus diakhiri.”

Pada hari Jumat, serangan menghancurkan rumah Muhammad Khalifa, seorang jurnalis TV lokal, di Nuseirat, menewaskan dia dan sedikitnya 14 orang lainnya, menurut para pejabat di Rumah Sakit Martir Al-Aqsa di mana jenazah tersebut diambil. Para pelayat melakukan salat jenazah pada hari Sabtu di halaman rumah sakit sementara tim penyelamat terus mencari korban yang selamat. Kaki dari setidaknya dua mayat terlihat di bawah atap yang tampaknya runtuh.

Israel menyalahkan Hamas atas tingginya angka kematian warga sipil, dan mengutip penggunaan tempat-tempat ramai oleh militan Daerah pemukiman dan terowongan. Israel telah melancarkan ribuan serangan udara sejak 7 Oktober, dan sebagian besar menahan diri untuk tidak mengomentari serangan tertentu, termasuk membahas sasaran yang dituju.


Pembicaraan gencatan senjata dalam perang antara Israel dan Hamas menemui jalan buntu

Serangan Israel adalah salah satu kampanye militer paling dahsyat dalam sejarah modern, menyebabkan hampir 85% penduduk Gaza yang berjumlah 2,3 juta orang mengungsi dan meratakan sebagian besar wilayah kantong kecil di pesisir pantai tersebut. Lebih dari setengah juta orang di Gaza – seperempat dari jumlah penduduk – kelaparan, Menurut laporan minggu ini Dari PBB dan lembaga lainnya.

Juru bicara militer Laksamana Daniel Hagari mengatakan pada Jumat malam bahwa pasukan sedang berupaya memperluas serangan darat mereka “untuk mencakup wilayah tambahan di Jalur Gaza, dengan fokus di selatan.” Ia menambahkan, operasi juga terus berlanjut di bagian utara Gaza, yang merupakan pusat awal serangan darat Israel. Tentara mengatakan pihaknya melakukan serangan udara terhadap pejuang Hamas di beberapa lokasi di Kota Gaza.

Pernyataan tentara mengenai penangkapan tersebut menyusul laporan Palestina sebelumnya mengenai penangkapan luas terhadap remaja dan laki-laki dari rumah, tempat penampungan dan rumah sakit di Gaza utara dimana pasukan darat telah memberlakukan kontrol yang lebih ketat. Beberapa tahanan yang dibebaskan mengatakan bahwa mereka ditelanjangi kecuali pakaian dalam, dipukuli, dan ditahan selama beberapa hari dengan sedikit air.

Tentara membantah tuduhan pelecehan dan mengatakan mereka yang tidak memiliki hubungan dengan militan segera dibebaskan.

Israel mengatakan pihaknya telah membunuh ribuan aktivis Hamas, termasuk sekitar 2.000 orang dalam tiga minggu terakhir, namun belum memberikan bukti. Dikatakan bahwa 139 tentaranya tewas dalam serangan darat tersebut.

Keluarga dan teman-teman tentara Israel Letnan Yaakov Elian berduka atas makamnya saat pemakamannya pada hari Jumat.

Oded Balilti/A.B


Setelah keputusan PBB tersebut, masih belum jelas bagaimana dan kapan proses pengiriman bantuan akan dipercepat. Saat ini, truk masuk melalui dua penyeberangan — Rafah di perbatasan dengan Mesir Karam Abu Salem berada di perbatasan dengan Israel. Para pejabat Israel mengatakan bahwa kedua penyeberangan itu ditutup pada hari Sabtu atas kesepakatan bersama antara Israel, Mesir dan PBB.

Sebelum pemungutan suara di Dewan Keamanan, Amerika Serikat merundingkan penghapusan bahasa yang akan memberikan wewenang kepada PBB untuk memeriksa bantuan yang masuk ke Gaza, sesuatu yang menurut Israel harus terus dilakukan untuk memastikan materi tersebut tidak sampai ke Hamas.

Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa-Bangsa Antonio Guterres mengatakan pada hari Jumat bahwa mengukur efektivitas operasi kemanusiaan berdasarkan jumlah truk adalah tindakan yang salah.

Dia menambahkan, “Masalah sebenarnya adalah cara Israel melakukan serangan ini menciptakan hambatan besar terhadap distribusi bantuan kemanusiaan di Gaza.” Dia mengatakan persyaratan dasar untuk operasi bantuan yang efektif masih kurang, yaitu keamanan, staf yang dapat bekerja dengan aman, kapasitas logistik terutama truk, dan dimulainya kembali kegiatan komersial.

Guterres menegaskan kembali seruannya untuk gencatan senjata kemanusiaan. Dia menyatakan harapan bahwa resolusi tersebut akan membantu mencapai hal ini, namun mengatakan “dibutuhkan lebih banyak tindakan segera” untuk mengakhiri “mimpi buruk” yang sedang berlangsung bagi masyarakat di Gaza.

Amerika Serikat memenangkan pembatalan seruan yang lebih keras untuk “penghentian segera permusuhan” antara Israel dan Hamas. Rusia abstain, begitu pula Rusia yang ingin menggunakan bahasa yang lebih tegas.

Duta Besar Israel untuk PBB, Gilad Erdan, mengkritik keras PBB karena gagal mengutuk serangan Hamas 7 Oktober. Amerika Serikat memveto resolusi pada bulan Oktober yang akan mencakup kecaman karena resolusi tersebut juga tidak menegaskan hak Israel untuk membela diri.

Hamas mengatakan resolusi PBB seharusnya menyerukan penghentian segera serangan Israel, dan menyalahkan Amerika Serikat karena mendorong “mengosongkan esensi resolusi” sebelum pemungutan suara di Dewan Keamanan pada hari Jumat.

READ  Pemirsa yang berkembang di Korea Selatan: Berita dan pembaruan terbaru