Januari 28, 2023

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Para ilmuwan mengklaim telah menemukan mamalia pertama yang dimakan dinosaurus dinosaurus

Ini mungkin merupakan ketakutan yang mendesak bagi karakter fiksi dalam film Jurassic Park tahun 1993, tetapi para ilmuwan percaya bahwa mereka telah menemukan insiden pertama yang diketahui tentang mamalia yang dimakan oleh dinosaurus.

Namun, fosil berusia 120 juta tahun itu bukanlah nenek moyang manusia, melainkan kaki binatang di dalam toraks dinosaurus kecil berbulu, yang dikenal sebagai Mecoraptor.

Ahli paleontologi mengatakan temuan mereka, yang diterbitkan dalam Journal of Vertebrate Paleontology, adalah “catatan pertama dinosaurus memakan mamalia.”

Kesan seorang seniman tentang dinosaurus kecil berbulu yang dikenal sebagai Microraptor, diterbitkan oleh Queen Mary University of London.
Kesan seniman yang dirilis oleh Queen Mary University of London tentang dinosaurus kecil berbulu yang dikenal sebagai Microraptor. Foto: Ralph Atanasya III/PA

Dr David Hone dari Queen Mary University of London, penulis pertama studi tersebut, mengatakan: “Sangat jarang menemukan contoh makanan di dalam dinosaurus, jadi setiap contoh sangat penting karena memberikan bukti langsung tentang apa yang mereka makan.

“Meskipun mamalia ini tidak pernah menjadi nenek moyang manusia, kita dapat melihat kembali beberapa kerabat purba kita yang berfungsi sebagai makanan untuk dinosaurus yang lapar.

“Studi ini melukiskan gambaran momen yang luar biasa dalam waktu – catatan pertama tentang dinosaurus yang memakan mamalia – bahkan jika itu tidak seseram apa pun di Jurassic Park.”

Microraptor hidup di hutan purba yang sekarang disebut China, antara 125 juta dan 113 juta tahun yang lalu.

Saat mereka bergerak dengan kaki mereka, para ahli percaya bahwa beberapa spesies mungkin mampu terbang terarah.

Mereka seukuran burung gagak atau kucing kecil, dan akan berpindah dari pohon ke pohon memangsa hewan kecil.

Spesimen itu pertama kali dideskripsikan lebih dari 20 tahun lalu, pada 2000, tetapi para peneliti mengatakan tim sebelumnya gagal melihat sisa-sisa hewan lain di dalam dinosaurus.

Analisis menunjukkan bahwa mangsanya adalah mamalia seukuran tikus, yang hidup di tanah dan bukan pemanjat yang baik.

Penelitian sebelumnya menunjukkan fosil Microraptor lain memiliki makanan non-mamalia yang diawetkan di dalam perutnya, seperti burung, kadal, atau ikan.

READ  Kerangka dinosaurus setinggi 82 kaki ditemukan di halaman belakang seorang pria di Portugal