Juli 23, 2024

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Pabrik Tesla mendapat lampu hijau di Meksiko utara

Pabrik Tesla mendapat lampu hijau di Meksiko utara

Presiden negara itu mengatakan pada hari Selasa bahwa Tesla akan membangun pabrik baru di Meksiko utara, dalam langkah pembuat mobil listrik untuk memperluas operasi di luar Amerika Serikat dalam sebuah kesepakatan. Menurut sumber itu, nilainya setidaknya harus satu miliar dolar.

Tanpa memberikan perincian, Presiden Andrés Manuel López Obrador mengatakan bahwa “seluruh perusahaan Tesla” akan datang ke Meksiko, menggambarkannya sebagai “pabrik mobil” yang akan “sangat besar”, dan mencatat bahwa potensi investasi dalam baterai masih tertunda.

Dua pejabat Meksiko mengatakan pabrik baru itu akan memproduksi mobil. Ada yang bilang diharapkan bisa memproduksi semacam SUV. Model Y adalah SUV terlaris Tesla.

Pengumuman López Obrador tentang pabrik di wilayah metropolitan Monterrey menghilangkan kekhawatiran baru-baru ini bahwa dia mungkin mengganggu investasi dengan memberlakukan persyaratan pada perusahaan atas masalah kekurangan air di wilayah perbatasan yang gersang.

Pembaruan terbaru

Lihat 2 cerita lainnya

“Ini akan mewakili investasi besar dan banyak, banyak pekerjaan,” kata López Obrador kepada wartawan, menambahkan bahwa CEO Elon Musk menerima keprihatinan Meksiko dan menerima proposalnya.

Menurut sumber Meksiko yang mengetahui masalah ini, investasi awal akan bernilai sekitar $1 miliar, dan tahap selanjutnya dapat membuat total pengeluaran menjadi $10 miliar.

Tesla tidak menanggapi permintaan komentar.

Perusahaan memiliki pabrik mobil di California dan Texas di Amerika Serikat, Berlin di Jerman dan Shanghai di Cina.

Musk telah mengatakan selama berbulan-bulan bahwa pembuat mobil listrik akan mengumumkan pabrik baru, dan akan membahas rencana ekspansi, platform kendaraan generasi mendatang, dan topik lainnya pada acara “Hari Investor” pada hari Rabu.

Berita tersebut merupakan dorongan bagi Meksiko, yang memposisikan dirinya sebagai pusat untuk apa yang disebut sebagai investasi kedekatan — mengambil keuntungan dari ketegangan geopolitik dan gangguan rantai pasokan yang disebabkan oleh pandemi COVID-19 dengan memikat kapasitas manufaktur ke Amerika Utara, dan menjauh dari Asia .

READ  Saldo 401(k) naik, meskipun ada tantangan ekonomi

Meksiko dan Tesla mencapai kesepakatan setelah melakukan panggilan dengan Musk pada hari Senin, kata López Obrador, setelah percakapan terpisah yang dia katakan keduanya lakukan akhir pekan lalu.

Walikota kotamadya, Jesus Nava, mengatakan pabrik itu akan dibangun di Santa Catarina di wilayah Monterrey yang lebih besar, menggemakan laporan yang telah beredar selama berminggu-minggu.

“Santa Catarina akan menarik perhatian dunia,” katanya di Instagram. Dalam video lain dengan judul “$10 miliar” dengan warna merah cerah, Nava mengatakan investasi Tesla akan menjadi lima kali lipat dari jumlah investasi swasta di kotamadya selama dekade terakhir.

Menteri Luar Negeri Meksiko Marcelo Ebrard memuji berita itu di Twitter, menggambarkannya sebagai hasil dari “pekerjaan yang sabar” selama 14 bulan.

Kendaraan listrik buatan Meksiko yang dikirim ke Amerika Serikat memenuhi syarat untuk subsidi yang ditawarkan oleh pemerintahan Biden untuk meningkatkan adopsi kendaraan listrik, menurut pejabat industri.

Masalah air

Panggilan telepon antara Musk dan presiden Meksiko terjadi setelah Lopez Obrador pada hari Jumat menimbulkan kekhawatiran bahwa dia dapat menghambat investasi di Monterrey jika air langka di sana.

Presiden mengatakan Musk memahami tantangan yang ditimbulkan oleh kelangkaan air, dan perusahaan akan membuat serangkaian komitmen sebagai bagian dari kesepakatan.

Diskusi Tesla telah menjadi ujian besar tentang bagaimana investor akan menanggapi nasionalisasi sumber daya Lopez Obrador, yang telah menimbulkan kecurigaan di antara kelompok bisnis.

Meskipun masalah Tesla tampaknya diselesaikan, Ana Moreno, seorang analis di think tank Mexico-Ivaloa, mengatakan episode tersebut mengirim pesan kepada investor bahwa mereka mungkin tidak dapat melanjutkan proyek tanpa persetujuan pribadi López Obrador.

“Itu bisa terjadi dengan jenis investasi lain yang entah bagaimana menyentuh atau bertentangan dengan agenda presiden,” katanya.

READ  Pembuat mobil menghentikan produksi setelah invasi Rusia, dan perusahaan lain juga berdesak-desakan

Spekulasi tentang Tesla pergi ke Meksiko telah beredar selama berbulan-bulan, dan pabrik tersebut menjanjikan untuk menjadi salah satu investasi utama pemerintahan Lopez Obrador.

Meksiko mencatat investasi asing langsung tertinggi dalam beberapa tahun pada tahun 2022, karena perusahaan mendapat manfaat dari tenaga kerja terampil berbiaya rendah serta perjanjian perdagangan bebas dengan Amerika Serikat yang menjadikan negara itu pusat otomotif global.

Namun, investasi agregat terhambat oleh perusahaan yang belum distabilkan oleh upaya López Obrador untuk mengkonsolidasikan kontrol negara atas pasar energi dengan mengorbankan modal swasta.

Pelaporan oleh Dave Graham dan Dayna Beth Solomon di Mexico City Pelaporan tambahan oleh Diego Orr di Mexico City dan David Shepardson di Washington dan Hyunju Jin di San Francisco Diedit oleh Ben Kleiman, Sharon Singleton dan Matthew Lewis

Standar kami: Prinsip Kepercayaan Thomson Reuters.