Mei 28, 2024

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Nvidia akan mendirikan pusat AI senilai $200 juta dengan Indosat di Indonesia

Nvidia akan mendirikan pusat AI senilai $200 juta dengan Indosat di Indonesia

Produsen chip Amerika Nvidia (Nasdaq: NVDA) telah mengkonfirmasi rencana untuk mendirikan pusat kecerdasan buatan (AI) di Indonesia seiring dengan perluasan jangkauannya di Asia Tenggara.

didalamnya Melihat, sebuah pusat senilai $200 juta yang akan mendorong Indonesia menuju AI, menyediakan infrastruktur dan sumber daya manusia untuk mendorong digitalisasi. Fasilitas yang berbasis di Surakarta di provinsi Jawa Tengah, Indonesia, diharapkan mulai beroperasi pada tahun-tahun mendatang.

Nvidia juga telah menandatangani kesepakatan dengan penyedia telekomunikasi lokal Indosat untuk berkolaborasi dalam hub AI, berdasarkan kemitraan yang sudah ada antara kedua perusahaan. Pada bulan Maret, Indosat mengisyaratkan niatnya untuk menggunakan chip terbaru Nvidia dalam penawarannya, menyebut Indonesia “”Kedaulatan adalah era baru AI dan kemajuan teknologi.”

Kemitraan baru-baru ini dengan Nvidia mendapat persetujuan dari Kementerian Komunikasi dan Informasi setelah otoritas pengatur melakukan uji tuntas terhadap pengaturan tersebut.

Pada akhirnya, para pihak sepakat untuk menunjuk pusat AI di Solo Technopark, yang memiliki jaringan 5G yang kuat di wilayah tersebut dan sumber daya manusia yang sehat untuk mendukung pusat tersebut.

“Kami yakin kerjasama ini akan sangat strategis dan juga akan ada transfer teknologi sehingga kita tidak hanya menjadi pengguna saja, tapi kemudian kita bisa menjadi bagian dari pemain AI yang diperhitungkan secara regional dan global,” kata Deputi. kata menteri. Komunikasi dan Informasi Nesar Patria.

Langkah terbaru Nvidia menggarisbawahi ambisi perusahaan untuk memperluas jangkauannya di luar AS dan Tiongkok dalam menghadapi campur tangan peraturan. Pencarian Nvidia terhadap pasar baru telah memberikan dorongan bagi Asia Tenggara sejak embargo perdagangan diberlakukan terhadap Tiongkok dan beberapa negara Timur Tengah.

Pembuat chip tersebut telah menandatangani kesepakatan dengan perusahaan telekomunikasi yang berbasis di Singapura, Singtel, untuk memperkenalkan fungsi AI di pusat datanya di sub-wilayah tersebut.

READ  Masalah dengan rencana Indonesia untuk menarik 'pengembara digital' - Duta Besar

Menurut pengajuan ke Komisi Sekuritas dan Bursa AS (SEC), pertaruhan Nvidia di Asia Tenggara telah membuahkan hasil. Wilayah ini menyumbang persentase kontribusi dua digit terhadap pendapatan Nvidia pada tahun 2023, diikuti oleh Hong Kong, Taiwan, dan Singapura.

AI terus mendorong adopsi

Pada tahun 2022, ketika Nvidia pertama kali terjun ke Indonesia, perusahaan tersebut berkomitmen untuk membekali masyarakat dengan keterampilan digital, khususnya melalui AI dan blockchain.

“Kalau tidak salah, pada tahun 2022 – 2023, Nvidia berkomitmen untuk mendidik hampir 20 ribu pelajar Indonesia untuk meningkatkan keterampilan di bidang AI dari Digital Talent Development Unit di Indonesia,” kata Patria.

Kembali ke AS, perusahaan perangkat keras tersebut telah menjanjikan $30 juta untuk memenuhi tujuan melanjutkan proyek percontohan dengan US National Science Foundation untuk menetapkan standar industri untuk infrastruktur penelitian bagi para pelaku industri.

Agar kecerdasan buatan (AI) dapat berfungsi dengan baik sesuai hukum dan memenuhi tantangan yang semakin besar, kecerdasan buatan (AI) harus mengintegrasikan sistem blockchain perusahaan yang menjamin kualitas dan kepemilikan input data – sehingga data tetap aman. data. Lihat liputan CoinGeek Pelajari lebih lanjut tentang teknologi baru ini Mengapa Enterprise Blockchain Akan Menjadi Tulang Punggung AI.

Lihat: Masterclass AI Forge—Mengapa AI & blockchain adalah pusat teknologi

Video Youtube

lebar = “562” tinggi = “315” frameborder = “0” izinkan layar penuh = “layar penuh”>

Baru mengenal Blockchain? Lihat bagian Blockchain untuk Pemula CoinGeek, panduan sumber daya utama untuk mempelajari lebih lanjut tentang teknologi blockchain.