Desember 2, 2022

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Norwegia meningkatkan siaga militer sebagai tanggapan atas perang Ukraina

Norwegia meningkatkan siaga militer sebagai tanggapan atas perang Ukraina

  • Siaga tinggi yang berlangsung selama satu tahun, mungkin lebih lama
  • Norwegia sekarang menjadi pemasok gas terbesar di Eropa
  • Ini berbagi perbatasan dengan Rusia di Arktik

OSLO (Reuters) – Norwegia akan meningkatkan tingkat siaga tentaranya mulai Selasa, kata pemerintah Norwegia, saat memindahkan lebih banyak personel ke misi operasional dan memperkuat peran pasukan mobilisasi cepat dalam menanggapi perang di Ukraina. Senin.

Kepala pertahanan, Jenderal Erik Kristofferson, mengatakan Norwegia juga akan berusaha untuk mengoperasikan armada baru pesawat patroli maritim P-8 Poseidon buatan AS untuk memburu kapal selam dengan kecepatan lebih cepat dari yang direncanakan semula.

Namun, skala kesiapsiagaan di mana militer beroperasi diklasifikasikan, dan pemerintah menolak untuk memberikan rincian tingkatnya.

Kristoffersen mengatakan kepada Reuters bahwa tidak ada ancaman nyata terhadap Norwegia yang sekarang mengarah pada keputusan tersebut, tetapi totalitas “keraguan” mendorong pihak berwenang untuk meningkatkan kesiapan militer negara itu.

“Kami telah melihat eskalasi (dalam perang) di Ukraina, kami (Norwegia) melatih pasukan Ukraina, dan perang Ukraina telah berubah dengan mobilisasi Rusia,” katanya dalam sebuah wawancara.

“Sementara itu, ada ledakan gas di Laut Baltik dan aktivitas drone di platform Laut Utara.”

Christophersen menambahkan bahwa tingkat tinggi diperkirakan akan berlanjut selama satu tahun, “mungkin lebih.”

platform lepas pantai

Norwegia mengerahkan pasukannya untuk pertama kalinya untuk melindungi anjungan lepas pantai dan instalasi darat setelah pipa Nord Stream bocor pada 26 September di perairan Swedia dan Denmark dan mendapat dukungan dari angkatan bersenjata Inggris, Belanda, Prancis, dan Jerman.

Polisi keamanan negara itu pekan lalu menangkap seorang mata-mata Rusia yang dicurigai dan juga terlibat dalam melindungi ekspor gas, yang sangat penting untuk pasokan energi Eropa pada musim dingin mendatang.

READ  Solomon mengkonfirmasi pembicaraan keamanan dengan China; Australia dan Selandia Baru yang bersangkutan

Anggota NATO Norwegia berbagi perbatasan darat sekitar 200 kilometer (125 mil) dengan Rusia di Kutub Utara, serta perbatasan laut yang luas.

Negara Skandinavia berpenduduk 5,4 juta orang itu sekarang menjadi pengekspor gas alam terbesar ke Uni Eropa, menyumbang sekitar seperempat dari semua impor UE setelah aliran Rusia menurun.

“Perang yang terus berlanjut di Ukraina, dan upaya Rusia untuk melemahkan dukungan (internasional) untuk Ukraina berarti bahwa semua negara di Eropa harus dianggap terkena berbagai ancaman, termasuk Norwegia.” Perdana Menteri Jonas Gare Stoer mengatakan kepada Reuters.

Angkatan bersenjata akan menghabiskan lebih sedikit waktu untuk pelatihan dan lebih banyak waktu untuk misi operasional. Home Guard, kekuatan mobilisasi cepat, akan memainkan peran yang lebih aktif.

Kristofferson mengatakan Angkatan Udara telah membatalkan pelatihan di Amerika Serikat dengan jet tempur F-35, lebih memilih untuk menyimpannya di Norwegia.

Pelaporan oleh Gwladys Fouche; Ditulis oleh Terje Solsvik; Diedit oleh John Stonestreet, Alison Williams dan Alex Richardson

Kriteria kami: Prinsip Kepercayaan Thomson Reuters.