Juli 24, 2024

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Negara-negara seperti Australia, India, Sri Lanka dan Indonesia membantu pencarian 39 ABK ​​kapal penangkap ikan China yang tenggelam: China

Negara-negara seperti Australia, India, Sri Lanka dan Indonesia membantu pencarian 39 ABK ​​kapal penangkap ikan China yang tenggelam: China

Beijing, 18 Mei (PTI) Australia, India, Sri Lanka, Indonesia, Maladewa, dan Filipina telah memberikan bantuan darurat dalam pencarian dan penyelamatan kapal penangkap ikan Tiongkok dengan 39 awak yang tenggelam di laut, kata Tiongkok pada hari Kamis. Samudera Hindia.

Seorang juru bicara Otoritas Keselamatan Maritim Australia (AMSA) mengatakan kepada kantor berita Xinhua yang dikelola pemerintah China pada hari Kamis bahwa zona terpencil seluas 12.000 km persegi telah diidentifikasi untuk mencari kapal berdasarkan pemodelan drift.

Kapal penangkap ikan laut dalam China Lupeng Yuanyu 028 terbalik di Samudera Hindia tengah pada hari Selasa, menyebabkan 39 orang masih hilang, termasuk 17 pelaut China, 17 pelaut Indonesia dan lima pelaut Filipina. Belum ada anggota kru yang ditemukan.

“Saat kami berbicara, operasi pencarian dan penyelamatan masih berlangsung,” kata juru bicara Kementerian Luar Negeri China Wang Wenbin kepada media di sini, Kamis. Dia mengatakan upaya penyelamatan telah menarik perhatian di seluruh wilayah.

“Negara-negara seperti Australia, India, Sri Lanka, Indonesia, Maladewa, dan Filipina telah memberikan bantuan darurat dan mengirimkan belasungkawa kepada kapal dan awak China,” katanya, memberikan informasi terbaru tentang operasi pencarian.

“Langkah ini telah dipuji dari berbagai kalangan di China dan luar negeri.

“Pemerintah China dengan tulus menghargai bantuan negara-negara tersebut,” katanya.

Di New Delhi, Angkatan Laut India mengatakan telah mengirim pesawat patroli maritim P-8I untuk membantu pencarian dan penyelamatan kapal penangkap ikan China.

Pesawat P8I melakukan pencarian berkali-kali dan ekstensif meskipun kondisi cuaca buruk pada hari Rabu dan menemukan beberapa barang milik kapal yang tenggelam, kata Angkatan Laut.

“Menunjukkan komitmen India sebagai mitra yang dapat diandalkan dan bertanggung jawab untuk memastikan keamanan di laut, unit angkatan laut India juga mengoordinasikan upaya pencarian dan penyelamatan dengan unit lain di wilayah tersebut dan memimpin kapal perang Angkatan Laut PLA ke lokasi kejadian.” kata Angkatan Laut India.

READ  Biaya makanan sehat tertinggi di ASEAN di Brunei dan Indonesia

Sementara itu, setelah AMSA menerima sinyal marabahaya dari kapal penangkap ikan sekitar pukul 5.30 pagi (AEST) pada 16 Mei, juru bicara AMSA mengatakan mereka terus mengoordinasikan upaya pencarian internasional.

AMSA meminta bantuan dari Australian Defence Force (ADF). Sebuah pesawat ADF P-8A Poseidon membantu pencarian jarak jauh.

Sebuah pesawat sewaan pribadi dari Perth, bersama dengan pengamat Layanan Darurat Negara (SES), membantu pencarian pada hari Rabu dan akan bergabung kembali dalam pencarian pada hari Kamis.

“Banyak kapal dagang dan kapal lain yang membantu pencarian dan akan terus melakukannya hari ini. AMSA ingin berterima kasih kepada kapal-kapal ini dan awaknya atas bantuan mereka yang tak ternilai,” kata juru bicara itu, Kamis.

“Australia berhubungan dengan Pusat Koordinasi Penyelamatan Maritim China (MRCC) dan tiga kapal angkatan laut China melanjutkan pencarian mereka di daerah itu hari ini,” kata juru bicara itu.

Para pejabat mengatakan cuaca telah tenang secara signifikan sejak Selasa. Empat kapal, termasuk dua kapal asing, terlibat dalam operasi pencarian di lokasi tersebut.

AMSA mengatakan sedang bekerja dengan Administrasi Meteorologi China untuk memprediksi pergerakan awak yang hilang dan meningkatkan koordinasinya dengan badan pencarian dan penyelamatan di Australia, Maladewa, dan Sri Lanka.

Media resmi melaporkan bahwa Kementerian Perhubungan sedang berkoordinasi dengan badan pencarian dan penyelamatan maritim Australia, Maladewa dan Sri Lanka untuk mengirim pasukan tambahan untuk melakukan operasi pencarian dan penyelamatan, menambahkan bahwa tidak ada indikasi apakah bantuan telah diminta dari India karena Angkatan Laut India memiliki kehadiran yang cukup besar. Berada di Samudera Hindia. PTI KJV RUP FZH AKJ FZH

Laporan ini dihasilkan secara otomatis dari layanan berita PTI. ThePrint tidak bertanggung jawab atas isinya.

READ  Pengusaha Indonesia menghasilkan uang di platform penjualan langsung TikTok