Mei 28, 2024

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Natalie Elphick: Starmer menghadapi kemarahan setelah anggota parlemen Konservatif membelot

Natalie Elphick: Starmer menghadapi kemarahan setelah anggota parlemen Konservatif membelot

  • Ditulis oleh Paul Seddon dan Chris Mason
  • berita BBC

Sumber gambar, Gambar Getty

Keputusan Sir Keir Starmer untuk menerima anggota parlemen Tory Natalie Elphicke ke dalam Partai Buruh menimbulkan kebingungan di beberapa anggota parlemennya.

Pembelotan mengejutkan anggota parlemen Dover dari Partai Konservatif telah memicu reaksi mulai dari kegembiraan hingga kemarahan dari rekan-rekan barunya.

Anggota parlemen Canterbury Rosie Duffield mengatakan anggota parlemen dari Partai Buruh “bingung” dengan tindakannya yang “sangat aneh” untuk berpindah pihak.

Namun seorang tokoh senior partai memuji perubahan haluannya dan menyebutnya sebagai “kudeta yang hebat.”

Sir Keir mengatakan dia “senang” dengan pembelotannya, dan mengatakan kepada wartawan bahwa hal itu menunjukkan bahwa partainya adalah “partai untuk kepentingan nasional”.

Beberapa sumber mengindikasikan bahwa cambuk Partai Buruh, yang bertanggung jawab atas disiplin partai, prihatin dengan penerimaannya, namun Partai Buruh membantahnya.

Ini merupakan pembelotan kedua Rishi Sunak dari Partai Buruh dalam waktu kurang dari dua minggu, setelah Dr Dan Poulter mengundurkan diri dari Partai Konservatif bulan lalu.

Biasanya, ketika seorang anggota parlemen berpindah partai, hampir semua rekan barunya senang.

Namun, pembelotan terbaru ini, yang diumumkan beberapa menit sebelum Pertanyaan Perdana Menteri pada hari Rabu, telah membuat beberapa anggota parlemen dari Partai Buruh kesal, frustrasi dan terkejut.

Dalam pernyataan pedasnya, Elphick mengatakan Partai Konservatif telah menjadi “lambang ketidakmampuan dan perpecahan”.

Apa yang Nyonya Duffield ingin katakan secara terbuka sebagai tanggapan atas pembelotan tersebut, banyak orang lain yang mengatakannya secara pribadi.

Dia mengkritik partai tersebut karena “mendapatkan lebih banyak pajak” dan tidak “serius” dalam menghentikan penyeberangan perahu kecil, sebuah masalah besar di wilayah kekuasaannya di Dover.

Selain sikap politiknya, banyak anggota parlemen dari Partai Buruh yang merasa sangat tidak nyaman dengan komentar yang dia buat tentang suaminya saat itu, Charlie Elphicke, yang dia gantikan sebagai anggota parlemen untuk Dover pada tahun 2019.

Penjelasan video, Saksikan: Natalie Elphick duduk di bangku Partai Buruh

Dia belum mengomentari pernyataan sebelumnya sejak pembelotannya pada hari Rabu.

“Semua masalah ini telah ditangani sebelumnya, baik di Parlemen atau di depan umum,” kata Partai Buruh.

Berbicara kepada Radio BBC Sheffield pada hari Rabu, anggota parlemen Partai Buruh Sarah Champion mengatakan bahwa “beberapa hal yang dikatakan Elphick untuk membela mantan suaminya dari tuduhan pelecehan seksual” sama sekali tidak “menurut saya”.

Dia juga mengatakan akan sulit untuk memiliki mantan anggota parlemen dari Partai Tory di partainya “ketika pemilu sudah sangat dekat”.

“Saya pikir sistem politik dan kepercayaan mereka jauh berbeda dengan saya, namun kita memang demikian,” tambahnya.

Dia menambahkan bahwa fakta bahwa Elphicke, seperti Dan Poulter, berencana meninggalkan Parlemen pada pemilu menciptakan “sedikit kekacauan” karena Partai Buruh sudah memiliki kandidat di dua kursi mereka.

Anggota parlemen konservatif juga menyatakan keterkejutannya atas pembelotan Elphicke, dan Menteri Transportasi Hugh Merriman mencapnya sebagai “kasar” dan “oportunistik”.

Dia menambahkan: “Saya kecewa dengan kebijakan tersebut karena melakukan hal yang sama.”

“cabul”

Berbicara kepada BBC South East, anggota parlemen Kent, Duffield mengatakan anggota Partai Buruh “benar-benar bingung” dengan pembelotan tersebut.

Dia menambahkan: “Saya pikir ini adalah keputusan yang sangat aneh, dan saya pikir sebagian besar anggota Partai Buruh dan mungkin banyak Partai Konservatif sebenarnya sangat bingung dengan keputusan tersebut.”

Dia menambahkan bahwa dia “tidak percaya sedikit pun bahwa dia tiba-tiba menjadi anggota parlemen Partai Buruh.”

Rekannya dari Partai Buruh, Mick Whiteley, menggambarkan langkahnya sebagai “keterlaluan”, menambahkan bahwa Elphick tidak menganut “nilai-nilai gerakan Buruh”.

Mish Rahman, anggota komite eksekutif nasional Partai Buruh yang berkuasa, mengatakan dia tidak menyambut pembelotan Elphick, dan mengatakan bahwa partai tersebut telah menjadi “lebih kasar”.

Berbicara di program The World Tonight di BBC Radio 4, Abdel Rahman mengatakan Elphick “tidak pernah memegang posisi sentral selama menjadi anggota parlemen”.

Dia menggambarkan Tories sebagai “kapal yang tenggelam” dan mengatakan Elphick sedang “berenang di lautan” dan mencoba untuk “melarikan diri” darinya.

Dia mengatakan Partai Buruh harus berupaya untuk mengubah negaranya, “bukan menyelamatkan karier para politisi Partai Konservatif yang ditolak oleh masyarakat Inggris karena kerusakan yang telah mereka lakukan terhadap negara.”

Dia menambahkan: “Dia tidak layak menjadi anggota Partai Buruh, apalagi anggota Parlemen.”

John McDonnell, yang merupakan kanselir bayangan di bawah mantan pemimpin Partai Buruh Jeremy Corbyn, mengatakan dia “terkejut dan terkejut” dengan tindakannya.

Dia mengatakan kepada LBC: “Saya sangat percaya pada kekuatan transformatif, tapi saya pikir bahkan orang itu akan meredupkan kemurahan hati semangat Yohanes Pembaptis, sejujurnya.”

Namun, Sir Keir berharap untuk tetap fokus pada gambaran besarnya – dan mengatakan pembelotan Tory dapat mewujudkan proyeknya yang lebih luas untuk menarik mantan pemilih Konservatif untuk beralih ke Partai Buruh.

“Inilah yang penting,” kata salah satu tokoh senior Partai Buruh.

“Pada akhirnya kami menunjuk anggota parlemen Konservatif untuk Dover untuk selamanya. Di tengah perselisihan mengenai penyeberangan perahu kecil. Ini adalah kudeta yang luar biasa.”