November 27, 2022

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

NASA, SpaceX menargetkan 5 Oktober untuk meluncurkan astronot Kru 5 setelah menunda Ian

NASA, SpaceX menargetkan 5 Oktober untuk meluncurkan astronot Kru 5 setelah menunda Ian

Pusat Antariksa Kennedy, Florida – Operasi di Florida Spaceport kembali normal setelah Badai Ian mengamuk di seluruh negara bagian.

Pada hari Rabu, 5 Oktober, NASA dan SpaceX bertujuan untuk meluncurkan awak astronot Amerika, Jepang dan Rusia ke Stasiun Luar Angkasa Internasional.

Jika jadwal saat ini berlanjut, misi Crew-5 akan diluncurkan dengan roket Falcon 9 SpaceX dan pesawat ruang angkasa Crew Dragon dari landasan peluncuran Kennedy Space Center 39A pada siang hari EST. Tanggal rilis cadangan tersedia pada 7 Oktober dan mungkin 6-9 Oktober, menunggu tinjauan.

Astronot NASA Nicole Mann dan Josh Casada, astronot JAXA Koichi Wakata dan astronot Roscosmos Anna Kekina berada di Johnson Space Center di Houston selama beberapa minggu terakhir sebelum mereka melakukan perjalanan ke Florida untuk lepas landas dengan SpaceX.

READ  Munculnya dinosaurus karena adaptasi mereka terhadap dingin

Para astronot tiba di KSC pada hari Sabtu dan menyelesaikan latihan hitung mundur untuk peluncuran pada hari Minggu.

Untuk pertama kalinya sejak SpaceX mulai meluncurkan astronot NASA dari tanah AS pada tahun 2020, Badan Antariksa Rusia dan NASA telah bertukar kursi di pesawat ruang angkasa komersial. Kikina akan menjadi astronot pertama yang terbang dengan SpaceX.

Peluncuran astronot kru-5 berubah beberapa kali sebelum penundaan terakhir Karena Badai Ianyang mendarat di Florida barat daya pada hari Rabu, meninggalkan jalan kematian dan kehancuran yang luas di belakangnya.

“Tim misi terus memantau dampak Ian di Space Coast dan Kennedy Space Center NASA di Florida dan dapat menyesuaikan tanggal peluncuran lagi, jika perlu,” tulis NASA dalam posting blog. “Pada pukul 6 sore pada hari Rabu, 28 September, Kennedy Space Center mengumumkan bahwa HURCON I telah menempatkan tim perjalanan di lokasi terlindung di lokasi yang ditentukan sampai badai berlalu.”

Sebelum badai, pusat ruang angkasa ditutup dan Roket bulan Artemis-1 SLS diangkut ke Gedung Perakitan Kendaraan. NASA bertujuan untuk meluncurkan roket bulan SLS sebelum akhir September tetapi sekarang harus menunggu hingga November.

Tanggal peluncuran asli Crew-5 didorong kembali pada bulan September setelah misi booster Falcon 9 rusak selama transfer ke KSC.

Peluncuran ini akan menandai bagian kelima dari misi operasional Program Kru Komersial NASA di mana badan antariksa mendorong SpaceX, dan mulai tahun depan, Boeing akan mengangkut astronot ke dan dari Stasiun Luar Angkasa Internasional.