Juli 19, 2024

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

NASA menyebutkan parade planet akan berlangsung pada 29 Juni 2024. Berikut cara menontonnya

NASA menyebutkan parade planet akan berlangsung pada 29 Juni 2024. Berikut cara menontonnya

Ia memainkan

Pertunjukan planet lainnya dijadwalkan pada bulan ini, dan akan berlangsung akhir pekan ini.

Jika Anda melewatkan kesempatan terakhir atau ingin kesempatan kedua untuk memamerkan keahlian teleskop Anda dan mengambil beberapa foto, berikut detailnya.

Penyelarasan planet pada 29 Juni 2024

Keselarasan planet, juga dikenal sebagai keselarasan planet, adalah ketika beberapa planet berkumpul berdekatan di satu sisi matahari pada saat yang bersamaan, menurut starwalk.ruang.

NASA Laporan menunjukkan bahwa penyelarasan planet kedua pada bulan Juni, beberapa minggu setelah penyelarasan planet pertama pada tanggal 3 Juni, akan terjadi pada hari Sabtu, 29 Juni.

Sebelum fajar pada tanggal 29 Juni, Saturnus, Bulan, Mars, dan Jupiter akan berada dalam satu garis di langit. Sumber seperti USA Hari Ini dan SkySafari Pro Ia menceritakan bahwa Uranus dan Neptunus juga akan terlihat selama acara tersebut. Meskipun beberapa planet dapat terlihat dengan mata telanjang, planet lain seperti Neptunus memerlukan bantuan teropong berkekuatan tinggi atau teleskop agar dapat terlihat.

Bagaimana cara kerja penyelarasan planet?

Semua planet mengorbit Matahari pada bidang orbit yang sama, yang dikenal sebagai ekliptika Bumi, dan mereka semua bergerak sepanjang bidang tersebut dan akhirnya bertemu satu sama lain seiring berjalannya waktu. Saat planet-planet bertemu, seolah-olah mereka berbaris saat mengorbit Bumi, namun garisnya tidak akan lurus sempurna, menurut Luar Angkasa.com.

Karena setiap planet bergerak dengan kecepatan berbeda, penyelarasan hanya akan berlangsung dalam waktu singkat, bergantung pada jarak masing-masing planet dari Matahari. Inilah sebabnya mengapa kesejajaran planet tidak selalu menampilkan jumlah planet yang sama.

READ  Gambar menakjubkan Hubble mengungkapkan 'cermin' galaksi yang aneh

  • Konjungsi terjadi ketika dua planet atau lebih saling mendekat di langit.
  • Keselarasan planet minor mencakup tiga planet.
  • Keselarasan planet minor mencakup empat planet.
  • Keselarasan planet besar melibatkan lima atau enam planet.
  • Keselarasan planet yang hebat atau sempurna menampilkan semua planet di tata surya, dan terkadang Pluto.

Penampakan paus Delaware: Seekor paus menerobos Pantai Bethany dan membuat para pelaut di dekatnya senang karena terekam dalam video

Tempat melihat planet-planet sejajar pada 29 Juni

Menurut NASA, keselarasan planet-planet akan terlihat hampir di mana-mana di Amerika Serikat pada tanggal 29 Juni, namun waktu ideal untuk menyelaraskan dapat bervariasi tergantung pada lokasi spesifik Anda. Menurut Starwalk.space, pegunungan tinggi dan gedung-gedung tinggi di daerah Anda juga dapat menyembunyikan planet dari pandangan.

Tempat terbaik untuk melihat adalah bagian langit yang gelap tanpa polusi cahaya dan pemandangan cakrawala yang jelas.

Kapan keselarasan planet berikutnya akan terlihat?

Jika Anda benar-benar ketinggalan, kesejajaran planet tidaklah jarang seperti yang terlihat, dan akan ada peluang untuk menonton pertunjukannya lagi.

dari Luar Angkasa.comDari sudut pandang kita di Bumi, sangat umum untuk melihat planet-planet sejajar di jalur matahari, dan ini terjadi beberapa kali dalam setahun.

Jika peristiwa langit tersebut tidak terjadi pada tanggal 29 Juni, perjalanan planet berikutnya yang perlu diperhatikan akan terjadi pada tanggal 28 Agustus dan 18 Januari 2025, yang keduanya akan mencakup Merkurius, Mars, Jupiter, Saturnus, Uranus, dan Neptunus, menurut Starwalk. ruang angkasa.

Apakah Anda punya tip atau ide untuk sebuah cerita? Hubungi Krys’tal Griffin di [email protected].